Selasa, 16 Agustus 2016

22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

Lampung merupakan sebuah provinsi paling selatan di Pulau Sumatera, yang ibukotanya terletak di Bandar Lampung.Provinsi Lampung di sebelah utaranya berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan, provinsi ini juga memiliki obyek wisata yang beragam dimana menyajikan macam-macam keindahan alam yang menajubkan.

Berikut tempat-tempat wisata di Provinsi Lampung yang bisa anda kunjungi;

1. Taman Nasional Way Kambas

Ingin melihat gajah ? disini tempatnya, Taman Nasional Way Kambas merupakan taman nasional perlindungan gajah yang berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Sayangnya gajah Sumatera atau Elephas Maximus Sumateranus yang hidup di daerah ini kini jumahnya semakin berkujang.

Taman ini berdiri sejak tahun 1985 yakni sekolah gajah perdana di Indonesia, dulunya bernama Pusat Pelatihan Gajah ( PLG ) yang kini berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah ( PKG ). Penggantian tersebut sangat di harapkan bisa menjadi pusat penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan, serta konservasi. Di Taman Nasional Way Kambas juga terdapat international Rhino Foundation yang ditugaskan untuk menjaga badak supaya tak terancam punah.

Selain gajah banyak juga hewan lain di tempat wisata ini seperti Badak Sumatera, Gajah Sumatera, harimau Sumatera, Mentok Rimba, dan Buaya Sepit.

Baca juga; 50Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman nasional yang bertujuan untuk melindungi hutan-hutan tropis di Pulau Sumatera dan mencakup seluruh kekayaan alam hayati yang didalamnya. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan dijadikan UNESCO sebagai warisan dunia yang dinyatakan sebagai Cagar Alam Suakamargasatwa di tahun 1935 kemudian pada tahun 1982 berubah nama menjadi Taman Nasional.

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan tercakup dalam 200 Ecoregions, maksutnya peringkat habitat darat, air tawar dan juga laut di kawasan yang cocok dari sudut pandang biologi yang dibuat oleh WWF. Jika berkenan mengunjungi Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, kalian bisa menuju tempatnya yakni berada di ujung wilayah barat daya Sumatera.

Cobalah berwisata disana, pasti kalian semua akan mendapati keindahan alam dan pengalaman yang tak terlupakan.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali YangWajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Taman Wisata Lembah Hijau

Sebagai pionir wisata alam di Bandar Lampung, tempat wisata ini telah menjadi favoritnya wisata bagi masyarakat Lamung. Karenanya Taman Wisata Lembah Hijau merupakan wisata alam buatan dan waterboom terbesar di provinsi tersebut. Adapun letaknya berada di Jalan Imba Keusuma, Kelurahan Sukadanaham, Tanjung Karang Barat.

Didalamnya menyajikan bebrapa wahana yang mengasikan seperti Pentas Satwa, Boom Boom Car, Carousel, Naik Kuda, Mini Train, Flying Fox, Cinema 4D, dan juga Waterpark Lembah Hijau. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 / orang, Rp 8.000 / pelajar, parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp. 5.000.

Nah, jika masuk bersama rombongan sedikitnya 30 orang disarankan untuk menggunakan harga paket sehingga akan mendapatkan harga murah.  Dan perlu diingat, paket tersebut hanya bisa diambil dengan cara memesan terlebih dahulu 3 hari sebelumnya.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta YangSangat Menyenangkan

4. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Taman tersebut adalah situs arkeologi yang berada di Desa Pugung Raharjo, Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur, provinsi Lampung, Indonesia. Di kawasannya terdapat peninggalan-peninggalan dari masa kebudayaan megalit seperti arca, punden berundak, batu mayat / batu kandang, altar batu, menthir, batu berlubang, dan juga dolmen ( peninggalan dari priode klasik yakni berupa batu prasasti dan keramik dari dinasti Han, Sung, juga Ming ).

Keberadaan Taman Purbakala Pugung Raharjo ini dikelilingi oleh tanggul, dimana tanggul tersebut masih berkaitan dengan bekas benteng di dekat kompleks ini. Dalam sejarahnya, dulunya taman ini adalah hutan belantara yang penuh pepohonan serta di anggap sangat angker. Nah, ketika warga transmigran datang di tahun 1957 yang menempati hutan tersebut terkejut menemukan banyak peninggalan purbakala.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

5. Gunung Krakatau

Krakatau atau Krakato ( bahasa Inggris ) adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif yang terletak di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera yang termasuk didalam kawasan cagar alam. Jika membahas Gunung Krakatau, pastinya banyak yang tahu bahwa gunung ini pernah meletus dan merupakan salah satu letusan gunung berapi terdasyat di dunia.

Jangan salah dulu, daya tarik disini terdapat pada sisa-sisa letusan yang menghasilkan eksotisme bentangan alam  dan diimbangi dengan Anak Gunung Krakatau yang masih aktif dan fluktuatif. Walaupun tandus, masih banyak flora dan fauna yang hidup di kawasan ini terbuktinya pesona laut biru yang bisa digunakan untuk memancing maupun snokerling.

Dengan menyelam kamu akan dibuat kagum oleh keindahan karang dan biota lautnya yang begitu menawan. Kesempunaan keindahannya akan semakin terasa ketika sang  surya tenggelam di ufuk barat, sejauh mata memandang akan dibuat takjub.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten YangMenjadi Incaran Wisatawan

6. Menara Siger

Menara Siger juga menara yang menjadi titik nol Sumatera  di selatan dan sebagai ikon kebanggaan masyarakat Lampung. Di dalam fisiknya, menara ini dibangun dengan memperhatikan ciri khas Lampung yang di sekitarnya dilengkapi dengan ruang-ruang yang menampilkan budaya Lampung beserta sarana dan prasarana pariwisata.

Menara Siger merupakan bangunan berbentuk mahkota  ( topi adat pengantin wanita Lampung ) dari Sembilan rangkaian berlambangkan sembilan macam bahasa di lampung. Warna kuning dan merah mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita, dan juga berhiaskan ukiran corak kain tapis khas lampung.

Lokasinya berada di Bukit Gamping, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Indonesia / Jalan Raya Trans Sumatera, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan

7. Kalianda

Kalianda yakni sebuah kota kecil yang menyajikan sejuta keindahan teluk pantai. Selain itu  juga terdapat bermacam obyek wisata yang patut dikunjungi seperti wisata sejarah Taman Makam Nasional Pahlawan Radin Inten II, Pantai Bom, Pantai Batu Kapal, Pantai Canti, Pantai Gunung Botak dan juga air terjun Curug Way yang memiliki tujuh tingkat air terjunnya.

Untuk Pantai Bom yang berada di jantung kota, merupakan sarana menikmati sunset secara free atau gratis. Banyak sekali pasangan muda-mudi dan masyarakat yang bersama sanak saudara menyaksikan fenomena tenggelamnya matahari. Jika beruntung disaat cuca cerah kalian anda akan mendapatkan bonus berupa keindahan Anak Gunung Krakatau di Selat Sunda yang letaknya di balik gugusan Pulau Sebesi dan Pulau Sebeku.

Jika tak ingin repot naik turun kendaraan umum untuk menuju ke tempat wisata ini, disarankan untuk naik bus Damri yang khusus berangkat dari Jakarta sampai Bandar Lampung. Untuk tempat inapnya bisa mengunakan Hotel Kalianda maupun Hotel Beringin yang bermodel bangunan Belanda.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku YangMemukau

8. Waduk Dam Raman

Waduk ini bisa juga disebut dengan Wisata Alam Dam Raman yang letaknya di wilayah Kelurahan Purwosari, MetroUtara. Kawasan dengan luas sekitar 26 hektar yang terdiri dari 2 hektar hutan sengon dan 24 hektar lahan eks Benkok ini menawarkan pemandangan yang cukup dibilang bisa menyenangan untuk bersantai serta mehilangkan penat.

Dengan nuansa alam yang masih jerjaga alaminya, tempat tersebut biasanya menjadi tempat nongkrong maupun memancing. Di sebelah bendungan Waduk Dam Raman terdapat belahan dua sungai yang dikenal warga sebagai Kanal Way Bunut dan Way Raman. Kedua anak sungai tersebut merupakan salah satu daya tarik para wisatawan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung YangMenyenangkan

9. Danau Ranau

Inilah danau terbesar ke-2 di Pulau Sumatera, tepatnya di perbatasan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumater Utara. Terbentuknya Danau Ranau kononnya dari gempa besar dan letusan vulkanik gunung berapi yang berakhir menjadi cekungan besar.

Di tengah danau ada suatu pulau yang banyak di kenal sebagai Pulau Marisa. Pulau Marisa ini menjadi tempat wisata yang sangat favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati air panas alami, air terjun dan juga penginapannya.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di KepulauanRiau Yang Menarik

10. Pulau Pahawang

Berlokasi di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran dengan luasnya kurang lebih 1.098 hektar. Dunia bawah lautnya mempunyai karang-karang yang masih utuh serta berbagai biota laut penghuni laut nan luar biasa cantiknya. Biasanya para snokers melakukan penyelaman di Tanjung Putus, Pahawang Besar, Pahawang Kecil, dan spot di sekitar Pulau Kelagian yang jaraknya tak jauh dari Pulau Pahawang.

Di spot-spot snokerling tersebut sangat indah jadi tak heran banyak para snokerling yang berfoto di bawah laut. Selain menawarkan pemandangan bawah laut yang begitu menggoda, Pulau Pahawang ini juga di anugerahi hamparan pasir yang putih nan cantik serta air laut yang jernih. Anda bisa menikmatinya dengan santai sambil berjemur, serta siapkan fisik agar kesan liburan selalu menyenangkan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau YangMempesona

11. Pulau Kubur

Pulau Kubur adalah sebuah pulau karang yang berupa pantai dan tebing karang yang menjulang menghadap ke pesisir pantai. Pulau ini memanag sepi karena tak berpenghuni, sehingga memiliki paronama alam yang masih sangat alami. Banyak sekali pepohonan yang berada di atas bukit menambah kesejukan saat berada di Pulau Kubur ini.

Oh iya, Pulau Kubur juga sangat sempurna bagi mereka yang hobi memancing. Kebanyakan dari mereka memancing diatas perahu, sebab mudah untuk menemukan spot yang diinginkan. Jangan lupa pula untuk membawa perbekalan konsumsi serta keperluan lainnya demi kenyamanan selama mengeksplor tempat wisata bah surga ini.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di PapuaYang Sangat Cantik

12. Pulau Condong

Dari segi admistratif, Pulau Condong ternasuk di wilayah Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang bagus di sisi selatan, jika menyusuri pantai ke arah barat akan mendapati jalan setapak di pinggir pantai berkarang tajam sepanjang beberapa puluh meter.

Di ujung jalan setapak inilah ada terowongan alami yang membawa wisatawan tepat menghadap barat, dari celah karang tersebut menyaksikan sunset bisa menjadikan pengalaman terindah selama berkunjung kesana. pulau Condong tidak mempunyai penghuni tetap, di kawasannya hanya ada beberapa kios makanan milik warga sekitar.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa TenggaraTimur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Pulau Tangkil

Lokasinya berada di seberang Pantai Mutun, yaitu di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Bandar lampung. Di kawasan pulau dikelola oleh Tangkil Resor yang dibuka pada awal Bulan Juni 2014 lalu. Karena memiliki kawasan yang mendukung berupa hamparan pasir pantai berwarna putih yang halus, pepohonan yang terbilang rimbun serta air laut yang begitu jernih.

Banyak aktivitas wisatawan yang bisa di lakukan anatara lain snokerling maupun diving, jika sudah bosan bisa di lanjut berjalan-jalan menikmati paronama pantainya ataupun memancing. Sementara itu masih ada wahana air seperti banana boat, kano, perahu donat, perahu karet, parasailing dan masih banyak lainnya.

Tak perlu cemas karena fasilitas di Pulau Tangkil sudah lumayan lengkap mulai dari mushola, WC umum, warung makan sampai baskem-baskem yang di sewakan untuk bersantai sembari menikmati keindahannya. Tiket masuknya di bandrol sebesar Rp 6.000 / orang.

Baca juga; 24 TempatWisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Air Terjun Putri malu

Nama yang sangat unik untuk sebuah air terjun, ya memang begitu adanya nama dari  Air Terjun Putri Malu yang memiliki ketinggian kurang lebih 85 m ini sangat luar biasa sejuknya. Air yang terjun kebawah melengkung lembayung menyerupai punggung manusia yang sedang mandi, hal tersebutlah mula pemberian nama  “ Putri Malu”.

Alamat Air Terjun Putri Malu di Kampung Juku Batu, Kecamatan Banjit, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung. Belum puas berwisata di air terjun, cobalah wisata sumber air panas di Kampung Jukuh Batu Banjit, letaknya di dekat aliran sungai Neki , yang jaraknya sekitar 3 km dari Kampung Cukuh Batu.

Baca juga; 32 Tempat Wisata DiSumatera Utara Yang Seru

15. Air Terjun Curug Tujuh

Air Terjun Curug Tujuh merupakan tempat wisata alam yang berlokasi dikawasan hutan lindung, Desa Margajaya, Kecamatan Selagai Lingga, Lampung Tengah. Sesuai namanya air terjun ini memiliki tujuh tingkatan, dengan total ketinggian dari curug 1 hingga 7 mencapai 75 meter di aliran sungai Way Seputih.

Paronama alam yan disajikan cukup indah, sangat mendukung digunakan untuk lokasi perkemahan dan kegiatan pecinta alam. Dari ibu kota Kabupaten Lampung Tengah berjarak kurang lebih 34 km atau setara 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan YangWajib Anda Kunjungi

16. Laguna Dodo

Didalam penampakannya Laguna Dodo ialah semacam kolam renang alami berair asin di tepi laut yang di batasi oleh batu karang besar sehingga bebas dari terpaan ombak, jadinya sangat aman sekali untuk berenanng. Lokasinya berada di dekat Teluk Kiluan di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kalumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan.

Ini yang menjadi tantangannya, dari tempat parkir harus berjalan kaki sejauh 1,5 km melewati perkebunan warga dengan bidang jalanan yang menanjak dan menurun cukup terjal. Sesudah itu sampai di Pantai Gayao yang luar biasa indahnya dan masih lanjut berjalan kurang lebihnya 1 km melewati tepian laut yang terjal serta berbatu karang nan licin sampailah di tempat wisata yang menjadi idaman yaitu Laguna Dodo.

Baca juga; 50 Tempat Wisata DiSumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Pantai di Pulau Tanjung Putus

Pulau Tanjung Putus masih satu deret dengan Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang yang letaknya di Kabupaten Pasawaran, Teluk Lampung, Provinsi Lampung. Pulau Tanjung Putus merupakan pulau cantik dengan paronama yang menawan.  Lihat saja di pantainya memiliki pantai yang cukup landai dengan agak kecoklatan, air laut  juga jernih berisikan karang yang tumbuh subur dan di selingi pohon kelapa nan rindang menjadikannya suatu tempat yang eksotis tentunya.

Di pantainya, sang pengunjung bisa berenang, bermain perahu, menyelam maupun sekedar diam menikmati keindahan yang dihidangkan di pantai ini. Asalkan kamu tahu, bahwa di Pulau Tanjung Putus memang digunakan untuk tempat budidaya ikan laut serta terumbu karang dan jangan sampai tidak snokerling ya sobat.

Hanya dengan melemparkan roti atau sejenisnya, kerumunan ikan berwarna-warni akan langsung muncul ke permukaan, tetapi jangan harap bisa memancing di daerah ini. Karena itu sudah banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang, bermacam fasilitas penginapan dan cottege sudah disediakan yang didalamnya ada tempat karaoke dan tempat makan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara YangMempesona

18. Pantai Pasir Putih

Ketenangan dan keeksotisan Pantai Pasir Putih siap untuk mengisi hari liburan Anda dengan penuh keseruan. Lokasinya tidak jauh dari Kota Bandar Lampung, tepatnya di Desa Tarahan, Lampung Selatan yang jaraknya kira-kira 22 km atau 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Pasir Putih sudah menjadi tempat wisata kebanggaan warga Lampung, sehingga sangat terjaga kebersihannya dan tak jarang wisatawan dari berbagai penjuru yang berdatangan. Putih dan bersihnya suasana pantai bisa membuat pengunjungnya betah berlama-lama di pantai ini. Beberapa kegiatan mengasikkan juga bisa kamu lakukan seperti berenang, kano dan berpetualang menggunakan perahu nelayan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi TenggaraYang Wajib Di Kunjungi

19. Pantai Tanjung Setia

Pantai Tanjung Setia sudah dikenal oleh peselancar dunia yang merupakan surga tersembunyi untuk berselancar. Karena berada di jalur arus besar Samudera Hindia, menjadikan pantai tersebut mempunyai ombak yang cukup berpotensi untuk berselancar. Ombak yang sempurna bisa di temui atara bulan Juni hingga Bulan Agustus dengan ketinggian 6-7 meter dan panjang 200 meter.

Bukan Cuma ombaknya saja yang digandrungi, suasana pantai juga memiliki paronama alam yang terbilang alami. Bagi warga setempat, kawasan pantai ini dijadikan tempat memancing yang sangat di andalkan. Banyangkan saja, kerap sekali para pemancing mendapatkan ikan blue marlin yang beratnya bisa mencapai 70 kg.

Fasilitas sangat memuaskan, sudah disediakannya beberapa penginapan yang mengarah ke laut di sepanjang pantainya. Jadi, tunggu apalagi untuk mengunjungi dan menikmati sensasi pantai yang menjadi favoritnya para selancar ini.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi SulawesiTengah Yang Menawan

20. Pantai Gigi Hiu

Paronama berbeda yang disajikan Pantai Gigi Hiu ini, keunikannya yang terletak dari banyaknya gugusan batu-batu karang yang menjulang tinggi bak tebing dengan susunan yang sangat eksotis. Gugusan tebing tersebut mempunyai tinggi dan diameter yang bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter untuk tingginya.

Jangan salah dulu, karang-karang tersebut malah menjadi buruan para fotografer di saat matahari terbit ataupun tenggelam akan menciptakan keindahan yang tak terlukiskan. Letak Pantai Gigi Hiu jauh dari pemukiman warga yaitu berada di Kecamatan Klumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan YangSangat Menarik

21. Pantai Guci Batu Kapal

Memang pantai yang berada di Kalianda, lampung Selatan  ini menyuguhkan pemandangan bibir pantai yang menawan ditambah dengan cantiknya paronama sunset yang ajib. Tetapi di balik semua itu ada legenda dari asal-usul nama Pantai Guci Batu Kapal. Jika di amati batu karang yang berada di sisi kanan pantai berbentuk  seperti kapal.

Usut punya usut dulunya pantai ini adalah pelabuhan yang digunakan sebagai tempat bersandar kapal-kapal bangsa asing kemudian dikutuk oleh si Pahit Lidah menjadi batu. Untuk nama “Guci” diceritakan konon ditemukan guci besar peninggalan pedagang asing, guci tersebut dipercaya bisa membuat seseorang menghilang saat memasukkan diri ke dalam guci.

Jadi sudah penasaran ? cobalah lihat dan kunjungi, kamu bisa mencari tahu lebih spectifikasi asal-muasal dan legenda dari masyarakat setempat. Oh iya hampir saja lupa, selain legenda yang masih terjaga hingga saat ini, paronama pantainya juga sayang untuk kamu lewatkan.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata diSulawesi Barat yang layak di kunjungi

22. Pantai Sebalang

Pantai sebalang berlokasi di Desa Sinar laut, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan. Pantai Sebalang memiliki paronama pantai sangat indah bagi siapa saja yang menatapnya ditambah lagi tempat favoritnya para pemancing ikan. Asiknya di pantai ini dapat menyewa perahu untuk memancing bahkan untuk menuju ke pulau-pulau di sekitar tersebut dimana banyak biota laut yang berlompa memakan umpan pancing anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

2 komentar: