Rabu, 03 Agustus 2016

32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

Dalam logikanya jika suatu daerah yang banyak dikunjungi wisatawan, berarti di kawasan daerah tersebut terdapat tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah Provinsi Sumatera Utara, provinsi ini sendiri terkenal akan adat bataknya yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu keindahan alamnya juga tidak dapat dipungkiri dengan julukan surga yang di turunkan ke bumi.

Alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu informasi-informasi tempat yang akan kita kunjungi, sehinga liburan akan terasa lebih menyenangkan ketika segala kebutuhan sudah di persiapkan. Berikut beberapa tempat wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara;

1. Danau Toba

Siapa yang tidak tahu akan tempat wisata Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara.  Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang di tengahnya terdapat pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba adalah danau yang terbentuk akibat kegiatan vulkanik Gunung Toba yang terjadi sekitar 70.000 tahun yang lalu, kekuatan letusan Gunung Toba ribuan kali lebih besar dari letusan gunung berapi biasa dan sangat mempengaruhi iklim dunia secara global.

Dengan keberadaannya di ketinggian hampir 1 km dpl dan dikelilingi deretan gunung berapi membuat Danau Toba begitu sejuk dan mempesona. Banyak sekali di temukan pohon enau dan pinus yang tumbuh subur di sekeliling danau semakin menambah keindahan Danau Toba. Sejauh mata memandang akan terlihat pemandangan gunung eksotik yang indah nan menajubkan.

Terkadang kabut tebal menyelimuti membuat suhu di kawasan danau menjadi sejuk dan dingin. Jika tidak ada kabut, keindahan lekukan Danau Toba begitu sempurna indahnya untuk pengambilan jebretan kamera. Bagi sahabatku semua yang berlibur di Provinsi Sumatera Utara, sangat disayangkan sekali jika Danau Toba tidak terdaftar dalam liburan Anda.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan pulau vulkanik yang berada di tengah Danau Toba dan keberadaannya di ketinggian 1.000 meter dpl. Banyak wisatawan asing berdatangan yang tertarik karena lokasinya yang unik, Turtuk ialah pusat konsentrasi turis di Pulau Samosir. Dari Prapat, Turtuk dapat dihubungkan dengan feri penyebrangan.

Selalui melalui jalur air, Pulau Samosir juga bisa dicapai lewat jalan darat melalui Pangunguran yang menjadi perhubungan antara Pulau Samosir dan Pulau Sumatera. Di pulau ini juga ada dua buah danau kecil sebagai daerah wisata yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni atau sering disebut danau di atas danau.

Baca juga; 42Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Danau Lau Kawar

Lokasi Danau Lau Kawar ada di bawah Gunung Sinabung yang tepatnya berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran ( dulunya adalah Kecamatan Simpang Empat ), Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Keistimewaan Danau Lau kawar ini memiliki kondisi air yang sangat jernih bersih dan tidak banyak sampah disekelilingnya, bisa juga disebut masih alami.

Selama perjalanan menuju Danau Lau Kawar, para Travelers akan di manjakan dengan pemandangan Gunung Sinabung dan perkebunan sayur milik warga di bawah Gunung Sinabung. Kegiatan wisatawan disini antara lain kamping, mandi di danau, dan mancing. Danau Lau Kawar juga jalur para pendaki untuk menuju Gunung Sinabung.

Baca juga;

35 Tempat Wisata Di Jakarta YangSangat Menyenangkan


4. Danau Linting

Sangat unik, letak Danau Linting ini berada di 3 desa sekaligus, yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak, dan Desa Durian IV Mbelang. Ketiga desa itu berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara. Keunikannya tidak sampai disitu, danau ini memiliki air berwarna turquoise ( hijau pirus ) yang disebabkan oleh adanya kandungan belerang yang cukup tinggi.

Asal usul warga sekitar terbentuknya Danau Linting ialah di suatu ketika bukit bergetar hebat, meledak, dan berubah menjadi cekungan berisi air dalam waktu sekejap. Kabar punya kabar danau ini tak berdasar, dan kedalamannya pun masih menjadi misteri. Jika masuk di kawasannya, Anda akan dikenai biaya masuk seadanya. Fasilitas disekitar danau hanya tersedia warung-warung sederhana yang menjual aneka jajanan kebutuhan pengunjung.

Baca juga;

Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi


5. Danau Siombak

Danau Siombak ialah sebuah danau buatan yang memiliki luas 40 ha, berdiameter 1000 meter dan kedalaman sekitar 13 meter. Danau ini sangat cocok untuk wisata keluarga, sebab di sekitar area danau menyediakan fasilitas bermain anak-anak dan Anda dapat memancing sepuasnya, bahkan ikan hasil pancingan dapat di masak disini.

Danau Siombak terletak di antara Sungai Deli dan Sungai Terjun, berada di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara. Air danau disini jernih, bewarna agak kehijauan dan tak berbau yang dikarenakan didasar danau ditumbuhi sejenis lumut dan ganggang.

Baca juga;

39 Tempat Wisata Di Banten YangMenjadi Incaran Wisatawan


6. Air Terjun Telaga Dwi Warna

Air Terjun Telaga Dwi Warna tak lain dan tak beda adalah Air Terjun Dua Warna yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Airnya berasal dari Gunung Sibanyak ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda.  Secara ilmiah, perbedaan warna tersebut disebabkan oleh adanya kandungan fosfor dan belerang.

Dengan demikian, saat pengunjung bermain air sangat disarankan untuk tidak meminum airnya. Selain keunikan dari warna airnya, suhu air terjun ini juga unik. Air berwarna biru bersuhu dingin dan air yang berwarna putih keabu-abuan memiliki suhu hangat.

Baca juga;

26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan


7.  Air Terjun Sigura-Gura

Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 250 meter. Tempat wisata Air Terjun Sigura-gura sangat ramai dikunjungi wisatawan lokal ataupun asing setiap harinya. Karena pemandangan yang dimiliki masih terjaga keasriannya serta banyak kegiatan yang bisa lakukan seperti berkemah dan arung jeram.

Sesungguhnya kawasan wisata Air Terjun Sigura-Gura tidak hanya sebatas air terjun cantik ataupun bendungan PLTA saja. Tetapi kawasan ini memiliki landscape alam yang sangat amat menawan. Air Terjun Sigura-Gura berada di Kabupaten Toba Samosir, yang merupakan dataran tertinggi di tepi Danau Toba atau sekitar 250 km dari Kota Medan, maka tak hayal jika suasana disini sangat sejuk sekali.

Baca juga;

24 Tempat Wisata Di Maluku YangMemukau


8. Air Terjun Aek Sijornih

Satu lagi wisata air terjun yang sangat sayang untuk tidak di explore yaitu Air Terjun Aek sijornih. Air terjun tersebut terdiri dari dua buah air terjun mini yang berundak-undak, berada pada medan slop/miring di tanah dengan kandungan kapur setinggi 10 meter. Makna dari nama “ Aek Sijornih “ adalah air yang selalu jernih, meskipun di musim penghujan ataupun kemarau.

Sumber daripada kedua air terjun ini berasal dari mata air perbukitan yang mengelilingi Kecamatan Batang Angkola. Di kawasannya terdapat dua kolam pemandian, kolam-kolam tersebut terbagi dua yakni kolam kecil dengan kedalaman setengah meter untuk anak-anak dan kolam besar khusus untuk orang dewasa.

Lokasinya di Desa Aek Libung, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Yang jaraknya sekitar 38 km arah timur dari Padang Sidempuan / 2 jam perjalanan.

Baca juga;

22 Tempat Wisata Di Lampung YangMenyenangkan


9. Pantai Lagundir dan Pantai Sarake

Pantai  Lagundir dan Pantai Sorake ialah 2 pantai yang masih dalam satu garis pantai, berjarak 2 km dan keduanya berada di desa Botohilitano, Keamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Oh iya, kedua pantai ini sudah popular di kalangan para peselancar lokal maupun dari luar negeri. Karena ombaknya yang besar dan berpotensi, sangatlaah menantang adrenalin dan nyali Anda tentunya.

Asalkan sobat tahu, pantai keduanya sangat terkenal karena ombaknya dan bisa disebut sebagai tempat berselancar terbaik ke-2 setelah hawai. Tinggi ombaknya mencapai 7-10 meter dengan lima tingkatan dan daya dorong mencapai 200 meter. Keindahan pantainya juga diimbangi dengan pasir putih dan batu-batu karang yang bertebaran di sepanjang pesisir pantainya, menjadikan suasa yang nyaman.

Baca juga;

15 Tempat Wisata Di KepulauanRiau Yang Menarik


10. Menara Air Tirtanadi

Menara Air Tirtanadi dibangun dan didirikan pada tahun 1908 oleh Belanda sebagai penampung air untuk masyarakat Medan. Perlu di ketahui bahwa menara ini merupakan ikon dari Kota Medan yang sebenarnya. Bukan cuma sebagai bentuk ladmark di jamannya saja, Menara Air Tirtanadi juga berfungsi untuk mengalirkan air bersih ke seluruh pelosok Kota Medan.

Menara Air Tirtanadi ialah peninggalan bersejarah peninggalan Kolonial Belanda dengan No. Bangunan 3D-036 dan selesai di tahun 1908. Menurut ceritanya dibangun mulai tahun 1896 mendahului perusahaannya. Nama resmi bangunan ini adalah Menara Air, namun lama-kelamaan banyak mengenalnya sebagai Menara Air Tirtanadi. Lokasinya berada di Jl. Sisingamangaraja No. 1.

Baca juga;

22 Tempat Wisata Di Riau YangMempesona


11. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling adalah tempat wisata yang berada di pinggiran Kota Berastagi, yang jaraknya sekitar 55 km dari Kota Medan. Destinasi wisata alam ini menawarkan pemandangan alam dan juga wisata belanja, tempatnya yang berada di ketinggian 1.575 meter dpl menimbulkan suasana sejuk khas pegunungan. Selain itu banyaknya pohon pinus yang tumbuh subur semakin menambah keindahannya.

Banyak dijumpai bunga-bunga yang indah serta patung-patung manusia yang mengenakan pakaian adat khas suku Batak Karo dan juga tempat bermain anak, dipuncak Bukit Gundaling terdapat sebuah tempat sebagai titik guna memandangi keindahan Kota Berastagi. Wah … sepertinya tempat ini sangat dominan untuk berlibur bersama keluarga tercinta dan pastinya akan menjadi pengalaman seru.

Untuk menuju ke Bukit Gundaling dapat di akses dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa juga dengan kendaraan umum. Namun perlu di ketahui, yang menjadi kendala adalah minimnya jumlah armada angkutan umum yang menuju ke Bukit Gundaling ini. Jadi, lebih aman dan nyamannya ialah pakai kendaraan pribadi saja.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di PapuaYang Sangat Cantik

12. Bukit Lawang

Memang tidak dapat dipungkiri, Bukit Lawang terkenal akan wisata alamnya yang menajubkan karena posisinya berada dikaki Gunung Leuser. Disini terdapat pemandangan hutan beserta penghuninya yang menawan untuk di kunjungi. Sebab di kawasan Bukit Lawang merupakan pusat rehabilitasi orang utan serta flora dan fauna lainnya. Tetapi orang utan bukanlah satu-satunya ikonnya, ada juga bunga Rafflesia Amoldi yang tidak kalah menariknya.

Yang tak kalah serunya adalah wisata Tubing, wisata ini mampu memacu adrenalin Anda. Tubing sendiri ialah wisata air seperti arung jeram, cuman yang dipakai kali ini adalah ban dan hannya bisa dinaiki satu orang saja. Oh masih ada lagi tempat wisata yang dapat memicu adrenalin adalah Gua Kelelawar. Gua ini merupakan rumah ribuan kelelawar, di dalam goa tidak ada penerangan alias gelap total.

Biasanya pengunjung membawa alat penerangan sendiri dan ketika didalam goa Kalian akan merasakan sensasi nyayian ribuan kelelawar juga suara tetesan air dari Sungai Bahorok beserta bau kelelawar yang khas.

Baca juga;

16 Tempat Wisata Di Nusa TenggaraTimur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Lauser ( TNGL ) adalah suatu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia dengan luas 1.094.692 ha, yang terletak di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Taman nasional ini mengadopsi nama dari gunung Lauser yang menjulang tinggi sekitar 3405 meter dpl. Kawasan tersebut meliputi ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi.

Ekositem pegunungan tinggi meliputi hutan tropis yang dikelola dengan system zonasi, kemudian dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi. Aktifitas menjelajahi jalur perjalanan serta melihat Orang Utan tertutup di alam liar merupakan suatu pengalaman yang sangat menajubkan didalam hidup Anda.

Untuk pengalaman perjalanan yang lebih seru dan menantang, cobalah untuk hiking ke puncak Gunung Lauser yang akan membutuhkan waktu sekitar 2 minggu. Sangat disarankan ketika pergi ke hutan dengan beberapan bantuan pemandu lokal. Kalian tidak hannya memiliki petualangan ekspedisi yang aman, juga memiliki kesempatan mengamati satwa liar Orang Utan dan berbagai satwa lainnya yang eksotik.

Baca juga; 24 TempatWisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Gunung Sibayak

Gunung Sibayaak atau Gunung Raja ( orang Suku Karo menyebutnya ) merupakan gunung berapi yang masih aktif dan beruap panas. Letusan yang teradi beberapa waktu lalu cukup mengguncang bebatuan, sehingga bebatuan di puncaknya menjadi tidak beraturan. Namun fenomena alam seperti ini rupanya membuat unik tersendiri dan mampu menarik wisatawan yang ingin menguji adrenalinnya.

Keindahan sunrise di puncak gunung ini sangat memukau, kilau kemunculan sinar matahari akan menerpa alam semesta serta memberi kehangatan. Untuk menikmatinya para pendaki mulai melangkah dari kaki gunung pada pukul 02:00 dini hari. Aliran air dari sela-sela bebatuan gunung cukup menyegarkan, banyak penduduk memanfaatkannya sebagai sumber air minum.

Airnya dingin serta sangat jernih, inilah alasan utama sumber air disini menjadi salah satu sumber air untuk air minum kemasan bermerk “AQUA”. Lokasinya berada di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, ktinggian gunung yang sering menjadi obyek pendakian ini mencapai 2.094 meter dpl.

Baca juga; 32 Tempat Wisata DiSumatera Utara Yang Seru

15. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam sibolangit adalah suatu kawasan cagar alam yang asri dan tenang di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara yang dibangun oleh J.A Lorzg pada tahun 1914. Meskipun berada diketinggian 500 meter dpl, akses jalan menuju ke lokasi sudah bagus. Dikawasannya Kamu bisa menikmati keindahan macam-macam tumbuhan dan tempat ini juga menjadi fasilitas penelitian.

Selain floranya yang bermacam-macam, faunanya juga beraneka ragam seperti kera, lutung, kuskus, babi hutan, trenggiling, kancil, dan masih banyak lainnya yang mempunyai keunikan khas. Tempat wisata ini sangat pas dan cocok bagi Anda yang mau berpetualang menambah ilmu baru tentang flora dan fauna di Indonesia.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan YangWajib Anda Kunjungi

16. Pulau Nias

Pulau Nias atau Tano Niha ( bahasa nias ) terletak di sebelah barat Pulau Sumatera, Indonesia. Pulau dengan luas wilayah 5.625 km² ini dihuni oleh penduduk yang bermayoritas Suku Nias ( Ono Niha ) yang masih memiliki budaya megalitik. Daerah di kawasan ini mempunyai berbagai obyek wisata yang penting seperti halnya lompat batu ( Fahombo ), selancar ( surfing ), rumah trdisional, dan menyelam.

Daerah di kawasan Pulau Nias saat ini telah dimekarkan menjadi empat kabupaten dan 1 kota, yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunung sitoli.

Baca juga; 50 Tempat Wisata DiSumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Tangkahan

Tangkahan dengan luas sekitar 17.000 ha ini memiliki keindahan yang eksotik terkenal sebagai surga tersembunyi di Leuser. Letaknya di Desa Namo Sialang, Batang Serangan Langkat, Sumatera Utara. Tangkahan merupakan kawasan eco-tourism yang dikelola sangat baik, banyak sekali lokasi yang bisa dikunjungi dan dipetakan dengan bagus membuat memudahkan turis untuk menuju lokasi wisata yang diinginkannya.

Di kawasan Tangkahan para pengunjung bisa melihat Orang Utan, menunggangi dan memandikan gajah, menyusuri hutan, hingga melihat bunga bangkai yang langka. Para pemuda lokal banyak yang menjadi pemandu di kawasan wisata Tangkahan, mereka tergabung dalam satu organisasi LPT ( Lembaga Pariwisata Tangkahan ).

Untuk mencapai lokasi Tangkahan bisa ditempuh dari Kota Medan sekitar 3 jam perjalanan melewati Kota Bnjai dan Tanjung Pura dengan kondisi jalannya sudah baik dan beraspal. Atau dapat melalui jalan memotong Kota Stabat-Simpang Sidodadi dengan waktu lebih cepat satu jam. Tetapi jalan alternativenya tidak cukup mulus dan belum semuanya beraspal, terutama di kawasan perkebunan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara YangMempesona

18. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini berada di kaki Gunung Sibayak atau di Desa Tongkoh yang menawarkan suasana tenang dan nyaman. Di kawasannya terdapat keunikan berupa replica pagoda Shwedagon ( Myanmar ) yang merupakan salah satu pagoda terbesaar di Indonesia. Taman yang berluaskan sekitar 3 hektar ini sangatlah menarik untuk Anda kunjungi dan berlibur bersama keluarga saat berada di Medan.

Lokasinya terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Medan. Berjarak kuang lebih 55 km dari Kota Medan atau jika dari daerah Berastagi jaraknya hanya 8 km saja. Untuk memasuki area wisata Taman Alam Lumbini tidak usah mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis atau free.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi TenggaraYang Wajib Di Kunjungi

19. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Perlu diketahui sebenarnya Salju Panas merupakan sebuah kawah yang didominasi dengan warna putih seperti salju atau sering disebut Kawah Putih. Tempat wisata ini mirip seperti danau yang ditengahnya terdapat air panas berwarna biru kehijauan dan mengeluarkan asap. Hamparan putih yang menutupi tanah berupa abu bekas pembakaran.

Sedangkan warna putih yang memagari air panas di tengahnya ialah bebatuan kapur, mirip sekali dengan es. Sehingga banyak orang terkecoh akan mengira dominasi warna putih tersebut adalah hamparan salju jika dilihat memalui gambar. Lokasinya berada di Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi SulawesiTengah Yang Menawan

20. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Bagi Bro travelers yang sedang berlibur di Kota Medan dan ingin mencari wisata fantastic juga murah, nyaman, unik, menarik serta berbeda dari yang lainnya, maka jawabannya pasti Penangkaran Buaya Asam Kumbang milik Lo Than Muk. Obyek wisata ini sangat menarik juga aman, nyaman dan bersih yang telah berdiri sejak tahun 1959 lalu.

Selain memiliki ribuan koleksi buaya dari berbagai umur, juga ada koleksi hewan lainnya seperti kura-kura, ular dan masih banyak hewan lainnya. Tempat wisata ini buka setiap hari dari pukul 09:00 – 17:00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 / orangnya. Berada di Jl. Bunga Raya II No. 59 Sunggal, Kecamatan Medan Selayang Kota Medan, Sumatera Utara.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan YangSangat Menarik

21. Istana Maimun

Istana Maimun memiliki desain ala Italia nan megah ini di bangun oleh Sultan Deli ( Sultan Mahmud Al Rasyid ) pada tanggal 26 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas 2.772 m2 dan terdiri dari 30 ruangan berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun.

Selain indah, Istana maimun telah menjadi tujuan wisata karena desain interior yang unik juga usianya yang sudah tak muda lagi. Desainnya perpaduan antara unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu dengan gaya Islam, Spanyol, India serta Italia.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata diSulawesi Barat yang layak di kunjungi

22. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan ( Masjid Raya Al Mashun ) dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909 oleh Sultan Ma’mun Al Rasyid. Bergaya arsitektur khas Timur Tengah, India dan Spanyol dengan berbentuk segi delapan serta memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara, dan barat. Keseluruhan bangunannya sangat megah, kerena prinsip sang Sultan hal itu lebih utama ditimbang kemegahan istananya sendiri yakni Istana Maimun.

Bangunannya terbagi menjadi ruangan utama, tempat wudhu, gerbang masuk dan menara. Diruang utamanya yakni tempat sholat berbentuk segi delapan tidak sama sisi, pada sisi berhadapan dibuat lebih kecil.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara YangTerbaik

23. Goa Kemang

Goa Kemang merupakan sebuah situs budaya yang berada di Kampung Durintani, Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten deli Serdang. Bentuk dari goa ini berupa bongkahan batu berbentuk segi tiga ( kerucut ) dengan lobang kecil berukuran 50x50 cm dan ruangan didalamnya sekitar 3x2 meter serta tinggi 60 cm.

Usut punya usut banyak masyarakat yang mempercayai bahwa goa ini merupakan tempat tinggal jin setelah berkembangnya sebuah cerita dijaman dahulu. Menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum, dari Kota Medan sekitar 1 jam perjalanan. Adapun petunjuknya berupa gapura bertuliskan ( situs Gua Kemang ) di tepi jalan raya Medan menuju Berastagi. Dari gapura tersebut perjalanan berlanjut sekitar 1 km hingga ke pintu gerbang Gua Kemang, terus menaiki tangga menuju lokasi.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur YangSangat Fantastik

24. Rumah Tjong A Fie

Bangunan atau lebih tepatnya Rumah Tjong a Fie bertempat di Jl. Ahmad Yani, Kesawan, Medan, yang dulu didirikan pada tahun 1900. Oh iya, Tjong A Fie atau Tjong Yiauw Hian adalah seorang pengusaha banker dan kapitan berdarah Tiongkok. Beliau sukses membangun bisnis besar dalam bidang perkebunan di Sumatera, Indonesia.

Sebab kesuksesannya tersebut beliau dekat dengan para kaum terpandang di Medan seperti Sultan Deli, Sultan Makmun Al Rasyid dan para pejabatnya kolonial Belanda. Rumah Tjong A Fie saat ini dijadikan sebagai Tjong A Fie Memorial Institute ( Tjong A Fie Mansion ) yang dibuka untuk umum pada 18 Juni 2009 dalam memperingati ulang tahunnya yang ke-150.

Rumah ini berdesain bergaya arsitektur Tionghooa, Eropa, Melayu serta art-deco dan menjadi tempat wisata yang bersejarah di Kota Medan. Disini para pengunjung bisa mengetahui sejarah kehidupan Tjong A Fie lewat lukisan, foto-foto, dan perabotan rumah yang dulunya dipakai oleh keluarganaya tak terlewatkan mempelajari budaya Melayu-Tionghoa.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah YangCantik

25. Rumah Internasional Wildrife Museum And Gallery

Sebenarnya Rumah Internasional Wildrife Museum And Gallery merupakan tempat yang menarik di Kota Medan yang mana didalamnya menyimpan bermacam koleksi mengagumkan tersendiri, koleksinya berupa berbagai binatang liar yang diawetkan dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia.

Lokasi museum ini cukup unik dan mungkin langka yaitu berada di sebuah gedung di Jl. S. Parman 309, Kota Medan, Sumatera Utara. Tempat wisata ini memiliki sekitar 2000 lebih binatang yang ditata artistic sesui habitat mereka didalam ruangan  berpendingin di dalam gedung. Konon, merupakan galeri satwaliar pertama di asia tenggara.

Pemiliknya ialah Rahmat Syah, seorang pengusaha dan pemburu professional. Beliau adalah orang Indonesia pertama yang mendapat penghargaan serta pengakuan internasional seperti The Big Five Grand Slam Awards dan World Hunting Awards.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan YangMenawan

26. Maha Vihara Adhi Maitreya

Inilah vihara terbesar di Indonesia yaitu Maha Vihara Adhi Maitreya atau orang Medan lebih sering menyebutnya sebagai Vihara Cemara. Memang lokasinya berada dalam kompleks perumahan cemara Asri di Kota Medan dan Kalian tidak usah mengeluarkan biaya untuk masuk ke tempat wisata ini. Tetapi wisatawan harus dan penting sekali untuk menjaga ketenangan tatkala mengunjunginya.

Maha Vihara Adhi Maitreya sendiri ialah sebuah tempat peribadatan agama Budha yang memiliki suasana asri, rapi serta terjaga kebersihannya. Bangunannya berdiri di atas lahan seluas 4,5 ha dengan berkarkter ajaran Budha Maitreya. Didalamnya pengunjung akan mendapati tiga buah patung suci, berkeliling vihara sambil berfoto ria adalah kegiatan yang paling menyenangkan bagi wisatawan.
Alamatnya berada di Jl. Cemara Bouevard Utara No. 8 Kompleks cemara Asri / desa Sampali, Percut Sei Tuan, Medan, Sumatera Utara.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat YangIndah

27. Kampung Madras / Kampung Keling

Kampung Madras / Kampung Keling berada di kawasan seluas kurang lebih 10 hektar di sekitar Kecamatan Medan Polonia dan Medan Petisan, Kota Medan, yang dulunya pernah mempunyai komunitas India yang besar.  Di kawasannya terdapat kuil Hindu tertua di Medan dan Vihara Gunung Timur, selain itu adapula sekolah Khalsa di Kampung Keling ( sekarang Khalsa English Scool ) yang dulunya merupakan satu-satunya sekolah yang mengajarkan Bahasa Inggris di Medan.

Kawasan tersebut pada awal mulanya disebut “Patisah”, dan lama-kelamaan terjadi perubahan nama menjadi “Kampung Madras” guna mencerminkan tanah asal para warga keturunan India. Tetapi nama Kampung Madras rupanya tidak tenar dan malah sebutan “Kampung Keling” yang sering digunakan.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

28. Kota Taruntung

Kota Taruntung terkenal dengan kota wisata rohani, dimana di kota tersebut berdiri bangunan salib megah yang bernama Salib Kasih. Bangunan ini didirikan guna untuk mengenang peristiwa penyebaran agama Kristen di tanah Batak yang dulunya dirilis oleh  Misionalis dari Jerman yang bernama Dr. I.L. Nommennsen.

Detail dari Kota Taruntung ialah kota kecamatan yang merupakan ibu kota Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Kota ini merupakan kecamatan yang memiliki luas terkecil di Kabupaten Tapanuli Utara, namun memiliki kepadatan penduduk terbanyak.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

29.  Jembatan Titi Gantung

Di Kota Medan, Sumatera Utara juga mempunyai jembatan bersejarah yakni Jembatan Titi Gantung dari abad ke-18. Selain sebagai sarana penghubung, jembatan bergaya klasik Victoria ini dulunya merupakan tempat favorit nongkrong colonial Belanda untuk menikmati sore di Kota Medan. Jembatan yang dibuat Belanda tersebut dulunya berfungsi sebagai penghubung kawasan perumahan penduduk dengan lapangan Merdeka.

Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Kereta Medan yang sama tuanya, sebagai sisa situs bersejarah Jembatan Titi Gantung juga memperoleh status cagar budaya. Seiring berjalannya waktu, jembaan ini pernah berfungsi sebagai pusat penjualan buku bekas. Dan pada tahun 2013 lalu sejumlah pedagang sudah direlokasi dari Jembatan Titi Gantung.

Saat ini fungsi dari jembatan tersebut di kembalikan seperti awalnya yakni sebagai nongkrong dan wisata. Di waktu malam hari para wisatawan dapat mengagumi ornament khas colonial Belanda yang masih jelas. Suasananya juga semakin cantik dengan dihiasi oleh lampu jalan beserta Vihara Setiabudi / Kuan Te Kong.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo YangMenajubkan

30. Green Hill Park

Inidia tempat wisata keluarga terlengkap yang berlokasi ditengah perumahan elit ( Green Hill City ) terletak di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Dengan srea seluas 110 hektar tempat wisata Green Hill Park mempunyai wahana permainan yang bisa dibilang sangat lengkap bertaraf internasional.

Denagn demikian Green Hill Park sering disebut Dufan-nya warga Sumatera Utara dan juga menjadi tempat wisata favorit untuk dikunjungi. Untuk bisa masuk di tempat ini Anda di kenai tiket sebesar Rp 10.000 / orang, Rp 45.000 / orang yakni tiket terusan ( sudah termasuk 15 kali permainan ).

Baca juga; 15Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

31. Gedung London Sumatera

Satu lagi bangunan yang bersejarah peninggalan colonial Belanda dan hingga saat ini masih terus aktif digunakan.  Gedung London Sumatera juga menjadi ikonnya Kota Medan berada di Jalan ahmad Yani, sebelah Lapangan Merdeka sekitar 100 meter dari pusat jajanan Merdeka ( McD ). Fungsi dari bangunan ini tak lain ialah sebagai gedung perkantoran.

Sejarahnya di bangun pada tahun 1906 bersamaan dengan lahirnya Ratu Juliana, Royal Dutch family oleh pemilik perusahaan di Inggris ( H & C, Harrisons & Crosfield Company ).  Dahulu kala fungsi Gedung London Sumatera sebagai kantor perdagangan dan perkebunan. Seteah bangunan ini dijual kepada pemerintah Belanda, kemudian namanya diganti menjadii Juliana Building atau nama puteri Belanda.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat YangLuar Biasa

32. Menara Bakaran Batu

Salah satu tempat wisata bersejarah  yang digemari oleh wisatawan yang berkunjung di Kota Medan adalah Menara Bakaran Batu. Kalian tidak perlu takut mencari tempat bersantai, berfoto ria maupun sekedar duduk menikmati pemandangan yang tersedia. Diwaktu senja keelokan dan keindahannya akan menghipnotis dan bisa betah berlama-lama di kawasan ini.


Tidak ada yang tahu kapan sebenarnya bangunan ini didirikan, tetapi menara ini diperkirakan sudah berumur puluhan tahun. Oh hampir saja lupa, dikawasan ini Anda juga bisa melanjutkan penjelajahan dengan berwisata kuliner menikmati aneka jajanan Kota Medan.

Baca juga;

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

2 komentar:

  1. artikel yang bagus

    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus