Minggu, 03 Juli 2016

19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

Sulawesi Tengah juga sebuah provinsi di Indonesia yang di lintasi oleh garis khatulistiwa dengan Kota Palu sebagai ibukotanya. Banyak potensi wisata yang dapat di nikmati di provinsi ini seperti halnya wisata budaya, wisata alam, wisata kuliner, dan masih banyak lagi wisata yang menarik. Tentunya berlibur di kawasan Sulawesi tengah akan memberikan kesan dan pengalaman yang menyenangkan.

Akhir-akhir ini banyak obyek wisata yang di kembangkan dengan sejumlah fasilitas yang membuat nyaman para pengunjung. Kembali lagi ke pembahasan tempat wisata di Sulawesi Tengah, begitu menarik untuk di jelajahi karena belum banyak yang tahu tentang potensi wisata di provinsi ini.

Dari rangkuman kami,  ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda tuju ketika berada di Provinsi Sulawesi tengah yaitu sebagai berikut;

1. Pulau Pasoso

Salah satu potensi wisata terkenal di Pulau Pasoso adalah terdapat populasi penyu hijau, selain itu pulau ini menawarkan pemandangan laut dan pantai yang sangat indah. Wisatawan bisa melihat keindahan dunia bawah laut yang menajubkan dengan melalui kegiatan snokerling. Di kawasan ini juga bisa menikmati beragam budaya masyarakat setempat yang sangat eksotik.

Adapun kegiatan menarik selain menyaksikan penyu bertelur dan snokerling, para pengunjung pun bisa berjemur dan menyaksikan eloknya terbit dan tenggelamnya matahari. Pulau Pasoso terletak di pantai barat Kabupaten Donggala atau secara administrative berada dalam Kecaatan Balaesang.

Untuk menuju Pulau Pasoso kebanyakan di Mulai dari Desa Mapaga atau Desa Labean berjarakkan 109 km sebelah utara Kota Palu.  Dilokasi inilah pengusaha pariwisata Tanjung Karang menyiapkan Paket perjalanan menuju ke Pulau Pasoso dengan menggunakan Kapal Pengamat karang, sehingga penumpang bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2. Pulau Lutungan

Konon sebelum dinamai Pulau Lutungan, pulau ini bernama Tanjung Enau ( Tando Kanau ) oleh masyarakat Tolitoli, yang dikarenakan pulau tersebut dipenuhi pohon enau. Posisi Pulau Lutungan tepat berada di arah barat Kota Tolitoli. Pulau kecil ini memiliki pemandangan yang indah dengan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, terdapat populasi terumbu karang beserta berbagai biota laut didalamnya.

Obyek wisata Pulau Lutungan selain memiliki paronama alamnya yang indah, juga memiliki nilai sejarah. Di kawasan pulau ini terdapat makam Raja Tolitoli yang bernama Syaefudin Bantilan yang merupakan keturunan Raja Mohammad Yusuf Syaiful Muluk Muidjuddin ( Malatuang ). Pulau lutungan bisa diakses menggunakan perahu dari Kota Tolitoli kurang lebih 30 menit perjalanan.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

3. Pulau Togean


Pulau Togean sangat dikenal akan ekosistem terumbu karang dan bermacam-macam biota laut yang langka dan dilindungi. Beberapa kegiatan wisata yang bisa di lakukan disini adalah menyelam, snokerling , menjelajahi alam hutan , dan masih banyak lagi. Secara geografis pulau ini terletak di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, tepatnya berada di Teluk Tomini.

Terumbu karang yang berada di kawasan tersebut masih sehat dan alami, sehingga wisatawan yang datang tidak akan melewatkan kesempatan yang sangat istimewa ini. Pulau Togean memiliki pasir pantai yang putih dan lautan biru jernih serta terdapat pula hutan mangrove berisikan 33 jenis mangrove.

 Akses menuju ke lokasi bisa di awali dari Kota Ampana ( ibukota Kabupaten Tojo Una-Una ) menaiki kapal motor menuju Pelabuhan Wakai.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

4. Pantai Talise

Pantai Talise luasnya membentang di Kota Palu Hingga Kabupaten Donggala, tepatnya terletak 2 km sebelah utara Kota Palu. Pantai yang sangat cocok digunakan untuk kegiatan berenang, wind surfing ( selancar angin ), menyelam, sky air, memancing, ternyata mempunyai paronama alam yang indah berupa hamparan teluk dan deretan pegunungan yang mempesona.

Pantai Talise menjadi salah satu tujuan para wisatawan, karena didukung aksesnya yang mudah, biaya murah, dan memiliki pemandangan yang disajikan cukup indah. Selain itu ketika menjelang sore melihat keelokan terbenam matahari di antara Gunung Gawalise.  Di malam hari pun terdapat pemandangan yang tak kalah indahnya yaitu lampu-lampu hias yang sengaja dipasang di perahu para nelayan yang bergerak ke tengah teluk.

Wisata kuliner di sepanjang Pantai Talise terdapat makanan khas yang ditawarkan yakni pisang goreng, pisang gepe, jagung bakar, dan juga sarabba. Bagi pengunjung yang ingin menginap di kawasan pantai ada tempat inap berupa hotel maupun wisma.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Pantai Tanjung Karang

Letak Pantai Tanjung Karang di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah dan dapat ditempuh dengan mobil atau motor selama -+ 1 jam. Wisata di Pantai Tanjung Karang sangat terkenal akan keindahan alam bawah lautnya, pemandangan menajubkan akan di temuui di dalam laut. Bagi yang tidak menyukai kegiatan snokerling tetap bisa menikmatinya dengan cara menggunakan jasa kapal yang memiliki kaca di bagian bawahnya.

Setelah menikmati keindahan alamnya bisa di lanjut mencicipi makanan dan minuman yang tersedia seperti pisang goreng, bakso, nasi kuning, mi kuah, mi goreng, ikan bakar, dll. Dan untuk minumannya tersedia soft drink berbagai rasa, ataupun pemesanan teh dan kopi ada disisni.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

6. Rumah Adat Banua Oge / Souraja

Rumah tersebut dulunya adalah tempat para raja beserta keluarga dan juga sebagai pusat pemerintahan. Rumah adat ini di bangun sekitar abat 19 masehi yang diprakarsai oleh Raja Yodjokodi, merupakan bangunan panggung yang memakai bahan dari kayu yang dibuat arsistektur bugis dan kaili. Jumlah tiang pada bangunan utama berjumlah 28 buah dan 8 buah di bagian dapur dengan luas keseluruhan 32 x 11,5 meter.

Rumah adat Oge bangunannya terdiri dari 4 bagian yakni Gandaria ( serambi ), Lonta Karavana ( ruang depan ), Lonta Tatangana ( ruang tengah ), serta Lonta Rarana ( ruang belakang ). Atap rumah berbentuk segitiga pyramid yang di bagian depan dan belakang atapnya ditutup dengan papan yang dihiasi ukir-ukiran.

Di pintu dan jendela bangunan terdapat hiasan kaligrafi bertuliskan huruf Arab, yang keseluruhan bangunnya di penuhi oleh hiasan ukiran yang melambangkan kesuburan, kemuliaan, ramah tamah, dan kesejahteraan.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

7. Pusentasi Pusat Laut

Pusentasi Pusat Laut adalah suatu tempat wisata bahari yang berada di Desa Towale, Kecamatan Banwa, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah yang dapat di tempuh sekitar 30 menit dari pusat Kota Donggala ( 12 km ) atau dari Kota Palu selama 2 jam perjalanan. Dikawasan ini juga terdapat pantai yang berpasir halus serta jembatan sepanjang 15 meter menuju laut.

Pusentasi Pusat Laut berbentuk sumur besar berdiameter 10 meter dan kedalamannya mencapai 15 meter. Yang menjadi keunikannya yaitu meskipun air laut surut maupun pasang keadaan airnya tetap sama dan jernih, padahal jaraknya terletak 5 meter diatas permukaan air laut.  Konon didalam lubang Pusat Laut terdapat terowongan yang menghubungkan ke laut.

Bagi pengunjung yang ingin merasakan pesonanya, sudah disediakan tangga guna untuk menuju ke daratan serta berenang di lubang ini. Kondisi jalan menuju ke lokasi cukup sulit dengan kondisi sedikit terjal, lebih amannya gunakan jasa sewa mobil ataupun jasa ojek.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

8. Taman Nasional Lore Lindu

Didalam Taman Nasional Lore Lindu terdapat faouna dan flora endemic khas Sulawesi serta paronama alam yang menarik, sebab taman ini terletak di garis Wallace yang merupakan wilayah peralihan antara zona Asia dan Australia. Dilingkup kawasannya sebagian besar terdiri atas pegunungan ( sub-pegunungan ) dan sebagian kecil hutan dataran rendah.

Tujuan utama ke kawasan ini selain untuk mendaki gunung, memanjat tebing dan menikmati paronama alamnya, juga menjadi obyek penelitian dari dalam dan luar negeri.  Secara administrative kawasan Taman Nasional Lore lindu berada di Kabupaten Donggala dan Kabupatnen Poso, Sulawesi Tengah. Letaknya tidak jauh dari Danau Poso yang jaraknya -+60 km sebelah barat Kota Palu.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

9. Museum Selawesi Tengah

Museum Sulawesi di bangun pada tahun 1977/1978 di atas tanah seluas 1,8 hektar, keberadaannya di Jalan Kemiri No. 23 Palu, Sualwesi Tengah. Guna museum ini untuk menyelamatkan warisan peninggalan sejarah dan budaya nasional serta turut ambil bagian dalam pembinaan kebudayaan bangsa. Berdirinya Museum Sulawesi Tengah diawali hasil penjajakan yang dilakukan oleh Masyuddin Masyuda BA ( tokoh budayawan Sulawesi Tengah ).

Gagasannya di curahkan dalam tulisan berjudul “ Perpektif Pembangunan Museum Negeri Provinsi Sulawesi Tengah” yang kemudian dipresentasikan dalam penataran ilmu permuseuman di Museum Nasional tahun 1975. Pernah dijadikan tuan rumah pameran kain nusantara dan pameran lintasan sejarah perjuangan bangsa yang di sambut baik oleh pihak museum, oleh karena memberi dampak positif terhadap kunjungan wisatawan.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

10. Danau Poso

Danau Poso merupakan salah satu danau terindah di dunia yang memiliki pasir putih mulai dari tepi hingga dasarnya.Danau tersebut berada diketinggian 657 meter yang terletak di Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.Danau Poso memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km yang merupakan danau terbesar ke-3 di Indonesia.

Danau ini adalah tempat berbagai ikan seperti ikan nilam, mujair, lele, ikan emas, dsb. Dari beberapa macam ikan tersebut ada satu ikan yang unik yaitu ikan Sugili yang sekarang populasinya hampir punah.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

11. Air Terjun Saluopa

Nama lain Air Terjun Saluopa adalah Air Luncur Saluopa yang memiliki tinggkat sebanyak 12 buah, setiap tingatannya terdapat tangga guna untuk menuju tingkatan lainnya. Bermacam fauna bisa ditemui di hutan tropis sekitar air terjun. Kondisi air di Air Terjun Saluopa sangat jernih dan bersih hingga bebatuan yang di alirinya trelihat jelas.

Lokasi Air Terjun Saluopa berada di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah. Dari Kota Tentena jaraknya sekitar 13 km ke barat, Sedangkan untuk tempat inapnya sebaiknya menginap di Hotel dekat obyek wisata Air Terju Saluopa yakni Hotel Ue Datu Cottages.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

12. Air Terjun Likunggawali

Di obyek wisata kali ini pengunjung akan ditantang untuk melakukan panjat tebing. Kawasan Air terjun Likunggawali merupakan tempat olahraga panjat tebing yang kecuramannya lebih dari 80 meter, dan juga memiliki paronama alam yang indah. Selain itu di lokasi ini terdapat jalur trekking yang melewati beberapa desa sekitar yakni jalur Likunggawali-Janaedo dan jalur trekking Towera-Janaedo.

Air Terjung Likunggawali berada di Desa Marantale, Kecamatan Ampibabo dan bisa di akses dengan berbagai jenis kendaraan. Jaraknya sekitar 30 km dari Parigi ke lokasi wisata yang kemudian dilanjut berjalan kaki menuju ke Air Terjun Likunggawali.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

13. Air Terjun Wera

Lokasinya di Desa Balumbewa, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Air Terjun Wera merupakan tempat wisata yang berada di Kawasan Wisata Wera di lereng Gunung Watusidae, dengan tingginya 80 meter dan kemiringan 70-80 dc serta keberadaannya di ketinggian 100 meter dpl. Satu-satunya cara untuk mencapai puncak Air Terjun Wera ialah berjalan menyusuri jalan setapak yang menanjak.

Sesampainya di puncak paronama alam yang sangat indah akan terlihat jelas, dan jika ingin berkemah disarankan berada didataran sebelah utara serta di puncak bukit yang berada di dekat Desa Ngatapapu. Keberadaan Desa Balumbewa berjarak -+20 km di sebelah selatan Kota Palu. Sedangkan untuk menuju ke pintu masuk Taman Wisata Wera dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor.

Waktu perjalanan yang dibutuhkan -+1 jam tergantung kecepatan dan skil pengendara dan jarak antara Taman Wisata Wera dengan puncak air terjun tersebut jauhnya 2 km saja.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

14. Tugu Perdamaian

Kota Palu kini memiliki potensi wisata yang terbilang baru yakni Tugu Perdamaian ( Nosarara Nosabatutu ). Bangunan ini berdiri megah di perbukitan wilayah Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, di atas tanah seluas sekitar 800 meter persegi. Tugu ini ditetapkan sebagai ikon perdamaian di wilayah Sulawesi Tengah pada umunya, dan pada khususnya di wilayah Kota Palu.

Tugu Perdamaian berada pada 2 km dari belakang Mako Polda Sulawesi Selatan, oleh sebab keberadaannya di atas bukit bisa dijangkau melalui Jl. Soekarno-Hatta dan melewati jalan mendaki selama -+10 menit. Walaupun terbilang wisata baru, obyek wisata ini sudah ramai di kunjungi untuk menikmati pemandangan alam hijau disekitarnya.

Pada waktu malam hari pemandangan berubah menjadi lebih indah dan romantis, yaitu pemandangan dari lampu berwarna-warni yang terpancar dari rumah warga Kota Palu yang luar biasa cantiknya.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

15. Desa Dombu

Desa Dombu, Kecamatan Marowala, Kabupaten Donggala adalah salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tengah yang masih ada suku Da’a ( suku yang membangun rumah di atas pohon ). Hingga sampai saat ini sekitar 75 persen warga suku Da’a teteap mempertahankan hidup di tempat tinggi, selain aman dari gamgguam binatang buas juga lebih leluasa menyaksikan indahnya paronama alam.

Desa Dombu bisa dijangkau dalam waktu 1 jam dari Kota Palu. Perjalanan cukup mendebarakan, jalannya sangat sempit yang bisa di lalaui satu kendaraan roda empat denagan kondisi jalan yang berliku-liku tajam serta bentangan dinding berkemiringan 80 derajat dan disisi lainya jurang.

Pemandangannya benar-benar mengagumkan berada di puncak Gunung Gawalise di ketinggian 1.500 meter dpl, disini terlihat pemandangan permukaan laut berseliut kabut tebal yang eksotik. Udara pegunungan yang khas dan sejuk membuat bisa betah berlama-lama di lokasi ini. Selain itu pengunjung bisa leluasa menyaksikan paronama pemandangan Kota Palu beserta teluknya yang menawan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

16. Jembatan Palu IV

Jembatan Palu IV memang memiliki daya tarik tersendiri, hadirnya jembatan ini menambah keindahan paronama alam di kawasan Kota Palu. Jembatan Palu IV berwarna khas kuning dengan lekungan berbentuk huruf M, menjadikannya sebagai jembatan lengkung pertama di Indonesia dan Dunia. Bangunan ini terdata sebagai jembatan lengkung ke-3 setelah jembatan lengkung di Prancis dan Jepang.

Jembatan Palu IV lebarnya 8 meter dan panjangnya 300 meter yang menjadi ikon Provinsi Sulawesi Tengah. Banyak di temui pengunjung yang berfoto ria di seputaran kawasan jembatan pada sore hari. Bagusnya Jembatan Palu Iv didukung adanya du trotoar untuk pejalan kaki dan di tambah dengan dua tempat bersantai.

Bagi pengunjung yang ingin naik dan melihat pemandangan di atas jembatan tidak di kenai biaya alis gratis. Keindahan pada malam hari pun tak mau kalah, lampu berwarna putih akan menyinari sudut demi sudut jembatan menampikan keindahan yang sempurna.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

17. Hutan Lindung Marowali

Hutan Lindung Marowali tepatnya berada di Kabupaten Marowali, Sulawesi Tengah. Perjalanan dapat di akses menggunakan perahu motor dari Kolonodale, Marowali. Di sebagian kawasan Hutan Lindung Marowali di huni oleh penduduk asli Suku Wana dan di bagian pesisir pantai di huni oleh Suku Bajoe. Kawasan ini memiliki satwa yang tidak ada duanya yakni Anoa ( kelelawar raksasa yang mempunyai batang sayap mencapai 2 meter ).

Di kawasan Hutan Lindung Marowali meliputi hutan suaka alam, hutan wisata, hutan produksi, dan areal penggunaan lain.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

18. Air Panas Mantikole

Obyek wisata Air Panas Mantikole mempunyai pemandangan alam yang masih asli dan alami. Keberadanya di lereng gunung di Desa Mantikole, Kecamatan Dolo, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Air panas di lokasi ini mengandung belerang yang bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit, terlebih khususnya penyakit kulit.

Air yang mengalir di sungai sangat jernih melewati bebatuan besar di tengah hutan tropis yang dihuni bermacam satwa liar, sangatlah cocok untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari. Di lokasi wisata sudah terlengkapi fasilitas peristirahatan dan kolam renang. Lokasinya berjarak 25 km kearah selatan dari Kota Palu dengan kondisi jalan yang dapat di tempuh menggunakan semua jenis kendaraan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

19. Menu Makanan Kaledo

Kurang afdhol rasanya jika bertamasya di Sulawesi Tengah belum mencicipi kuliner khasnya yakni Kaledo. Kaledo sendiri adalah jenis makanan berkuah bening dan agak kekuningan lebih mirip soto. Makanan ini pertama kali muncul menggunakan bahan baku tulang kaki sapi saja, seiring waktu berjalan bahan yang di dapat semakin sulit. Maka untuk mensiasati itu semua para penjual menambahkan tulang belakang sapi sebagai pelengkap bahan utama.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

4 komentar:

  1. Kemarin saya menang togel ini semua berkat bantuan MBAH SERO angka yang di berikan MBAH SERO 4d sgp tembus 100% syukur alhamdulillah dapat kemenangan 225.juta sudah banyak paranormal yang saya datangi minta bantuan angkanya tidak perna tembus selalu meleset malah hutang bertambah cuma MBAH SERO paranormal yang memberikan hasil dan akhirnya saya menang hutang saya yang di BANK sudah saya lunasi ini berkat bantuan MBAH SERO insya allah saya akan minta bantuan lagi sama MBAH karna saya sudah membuktikannya para pemain togel yang terlilit hutang jika mau hutangnya lunas ini solusi yang tepat hubungi O82-370-357-999 MBAH SERO atau kunjungi situs MBAH silahkan KLIK DISINI kami berkomentar di dalam blog ini cuma menyampaikan kisah nyata siapa tau ada teman2 butuh bantuan
    salam sukses dari saya bandiman

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus buat yang pengen tahu tempat wisata di sulawesi tengah
    mobil jogja

    BalasHapus
  3. Thanks for info jangan lupa kunjungi website resmi kami https://bit.ly/2NqTvIl

    BalasHapus