Rabu, 22 Juni 2016

14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

Porvinsi Kalimantan Timur beribukota Samarinda yang mempunyai banyak sekali obyek wisata. Provinsi ini berbatasan dengan Malaysia, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi dengan luas total 245.238 km². Selain itu Provinsi Kalimantan Timur juga berbatasan langsung dengan Selat Makassar di timur.

Liangpran adalah titik tertinggi di Kalimantan Timur dengan ketinggian mencapai 2.240 meter dpl. Kalimantan Timur banyak memiliki kekayaan flora dan fauna, kira-kira tumbuh sekitar 1000-189.000 jenis tumbuhan, dengan visi wisata terwujudnya kalimantan timur sebagai daerah tujuan wisata minat khusus.

Pulau Kalimantan adalah pulau terbesar ke dua di Nusantara yang terkenal akan produsen minyak dan kayu serta menyimpan keindahan alam yang mempesona. Kalimantan timur bisa menjadi salah satu andalan tempat pariwisata di Indonesia, sebab di setiap kotanya terdapat objek wisata yang indah.

1. Danau Jempang
Danau Jempang berada di Kec. Jempang, Kab. Kutai Barat, Prov. Kalimantan Timur. Danau ini adalah danau  terbesar di antara 76 danau yang ada di daerah aliran Sungai Mahakam. Luas permukaan Danau Jempang mencapai 150.000 ha dengan kedalaman 7-8 meter. Banyaknya flora dan fauna  keindahan panorama di Danau Jempang menjadikannya sebagai objek wisata kebanggaan Kalimantan Timur.

Selain memiliki paronama alam yang indah, kawasan ini juga mempunyai potensi seni budaya lokal yang terpusat di Kampung Tanjung Isuy, ibu kota Kecamatan  Jempang. Wilayah darat Kecamatan Jempang berbatasan dengan Kecamatan Bongan, dan Siluq Ngurai, Kubar. Setiap 5 tahun sekali Danau Jempang mengalami sebuah fenomena alam yang unik, Danau ini mengalami kekeringan seperti halnya sebuah padang gurun.


Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan perahu ketinting atau speedboad. Anda akan melewati banyak kampung dan berinteraksi dengan warga beserta kearifan lokalnya yang masih sangat kental. Selama perjalanan pasti akan mendapatkan banyak hal positif, kehangata dan kebersamaan warga sekitar akan mengingatkan tentang kehidupan sosial yang sudah hampir hilang ditengah kesibukan individual khas perkotaan.






2. Batu Dinding
 
Batu Dinding atau Dinding Batu adalah batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Dinding batu memiliki panjang lebih dari 800 meter dan tinggi rata-rata 100-120 meter, dinding batu ini terlihat bagaikan tembok raksasa yang kokoh megah dan sangat menakjubkan sebagai salah satu keajaiban yang ada di pulau Kalimantan.

Letaknya di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika hendak bepergian ke batu dinding bisa dari Jalan Soekarno Hatta arah Balikpapan menuju Samarinda. Tepat di kilometer 45, sebelah kiri terdapat gapura, dari sanalah jalan masuk ke area batu dinding.

Disamping itu sepanjang perjalanan menikmati Batu Dinding Anda akan dimanjakan dengan keelokan alam sekitarnya, dengan suguhan pepohonan, anggrek anggrek liar dan pemukiman penduduk asli Kalimantan yang mendiami pesisir sungai Mahakam Kabupaten Kutai Barat.



3. Taman Rekreasi Lembah Hijau
Letak Taman Rekreasi Lembah Hijau bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda. Taman rekreasi ini merupakan obyek wisata alam yang terdapat obyek tampilan atraksi yaitu replika hutan yang terdiri dari berbagai jenis kayu hutan Kalimantan serta tanaman rotan. Fasilitas yang tersedia adalah : cafetaria, pendopo pertemuan dan kolam pancing.

Tersedia pula camping ground dimana para wisatawan biasanya berkemah di sini. Tak perlu repot-repot membawa peralatan kemah karena di sini sudah tersedia tempat penyewaan tenda dan perlengkapannya. Di kawasan obyek wisata ini juga menyediakan fasilitas outbond. Berbagai wahana permainan, seperti waterboom, flying fox dan tersedia tempat bermain bagi anak-anak.

Akses menuju ke Lembah Hijau berjarak sekitar15 kilometer dari pusat kota Samarinda. Untuk menuju ke obyek wisata ini dapat menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat baik berupa kendaraan pribadi maupun kendaraan sewa. Tiket masuk Rp 5.000 / orang, paket outbond Rp. 180.000 / orang.



4. Kebun Raya unmul
Koleksi flora dan fauna yang ada di Kebun Raya Samarinda ini cukup banyak, terdapat 24 jenis satwa termasuk yang dilindungi diantaranya buaya, kancil, kuda, orang utan, kuda, monyet ekor panjang, burung merak, dll. Begitupun dengan Floranya yaitu bermacam pepohonan dan bunga-bunga, sebagaian tanaman tersebut dimasukan dalam museum untuk edukasi tanaman-tanaman yang sudah jarang ditemui.

Berbagai fasilitas yang tersedia mulai dari lapangan parkir, jalan untuk menuju lokasi wisata yang sudah beraspal, taman hiburan anak, panggung pertunjukan, warung makan, delman, museum kayu, gazebo, kolam pemancingan, bianglala, komedi putar, dsb. Untuk mengunjungi titik-titik koleksi hewan, disediakan rute-rute yang saling menghubungkan sehingga memudahkan pengunjung melihat koleksi hewan dan tumbuhan.

Untuk berkeliling Kebun Raya Unmul, para wisatawan bisa menggunakan delman atau cukup berjalan kaki sembari menikmati suasananya yang menyenangkan. Perjalan menuju lokasi wisata sekitar 20-30 menit dari pusat kota, kondisi jalan yang dilalui beraspal cukup baik dan sedikit berliku-liku serta sedikit sempit untuk saling berpas-pasan.



5. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai
Kawasan Wisata Bukit Bangkirai diresmikan pada tanggal 14 Maret 1998 merupakan wisata hutan hujan tropis yang alami yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Kawasan ini berjarak 20 km dari ibukota Kecamatan Samboja, 58 km dari kota Balikpapan dan 150 km dari kota Tenggarong atau Samarinda.

Di kawasan wisata seluas 1.500 hektar yang ini kamu bisa menikmati pemandangan dan sejuknya hutan hujan tropis yang masih alami yang dilengkapi dengan kebun buah seluas 4 hektar. Bukit Bangkirai mempunyai 45 jenis anggrek, selain itu pohon bangkirai dengan umur lebih dari 150 tahun, tinggi 40-50 meter dan diameter 2,3 meter. yang menjadi maskot Kalimantan Timur.

Yang menjadi daya tarik di Bukit Bangkirai adalah adanya Jembatan tajuk (canopy bridge) yang terbentang sepanjang 64 meter diatas ketinggian 30 meter yang menghubungkan 5 pohon bangkirai berjarak sekitar 10-15 meter. Konstruksi jembatan ini dibuat di Amerika Serikat, dibangun pada tahun 1998 dengan standar keamanan yang cukup.

Canopy bridge di Bukit Bangkirai ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Untuk meniti jembatan tajuk ini dikenakan tarif Rp. 15.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 30.000,- untuk wisatawan mancanegara. Dari jembatan tajuk ini kamu bisa melihat formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang merupakan ciri dari hutan hujan tropis yang indah dan saling sambung menyambung.

Untuk menuju kawasan Bukit Bangkirai bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat pribadi.  Lokasiya berada di Jl. Raya Soekarno-Hatta Km. 38, Kecataman Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Balikpapan, Kalimantan Timur.




6. Goa Losan

Goa Losan yang dalam bahasa Paser berarti goa tembus, lokasinya sangat strategis

berada persis di poros Jalan Negara lintas Kaltim-Kalsel, di Desa Batu Butok, Kecamatan Muara Komam. Saat memasuki Goa Losan seperti masuk ke dalam perut bumi yang menyimpan hiasan-hiasan batu dengan bentuk luar biasa aneh dan mempesona.

Untuk memasuki goa ini harus dipandu juru kunci atau petugas dari Dinas Pariwisata dengan membawa penerangan seperti senter atau obor karena belum ada penerangan khusus. Jika ke arah kiri dengan perjalanan sekitar -+1 jam, Anda bisa menemukan sumber air. Ada deretan batu yang jika dipukul mengeluarkan suara beraturan seperti bunyi gendang yang bernama batu bernada.

untuk menyusuri keseluruhan lorong goa losan diperlukan waktu lebih kurang 10 hari.  Bukan itu saja, di dalam goa ini juga terdapat sarang burung walet, dan batu menyerupai mumi manusia. Konon  di dalam goa terdapat tembusan-tembusan dari tempat satu ke tempat lain yang berupa serambi-serambi yang cukup luas. Harga tiket untuk masuk ke goa ini diwajibkan membayar Rp. 5.000 / orang.


7. Liang Mangkulangit
Liang Mangkulangit ( Goa Mengangkat Langit ) adalah salah satu objek wisata yang ada di Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Liang Mangkulangit merupakan sebuah gunung batu yang berfungsi menjadi dinding dan atap bagi Sungai Kandilau.

Selain kemegahan dinding batu dan tebingnya yang cukup tinggi, pesona alam di kawasan ini masih alami dan sejuk yang terbukti banyaknya satwa yang ada di deretan pohon besarnya. Sebagian bebatuan terbalut dengan lumut hijau dengan tetesan air yang jatuh dari bebatuan semakin menambah daya tarik kawasan ini.

Lokasinya dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam perjalanan dari kota Balikpapan ke Tanah Grogot yang merupakan ibukota Kabupaten Paser. Dari Tanah Grogot perjalanan menuju ke Kecamatan Muara Komam - Desa Lusan sejauh sekitar 5 km dan turun di Jembatan Kandilau. Di Jembatan Kandilau inilah pengunjug menyewa perahu motor ke arah hulu sungai -+10 menit.



8. Samboja Lodge
Samboja Lodge merupakan penginapan eklusif yang berada di tengah hutan Kalimantan. Desain kamar berarsitektur kayu nan indah khas suku Dayak yang langsung menghadap ke hutan. Di penginapan Sambija lodge  tamu akan mendapatkan sensasi benar-benar menginap di tengah hutan. Penginapan ii bertempat di hutan konservasi Samboja Lestari yang dikelola yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS).

Fasilitas Utama: Restoran, Layanan Kamar, Parkir Gratis, Bar/Lounge
Aktivitas yang dapat dilakukan: Restoran, Bar/Lounge, wild trekking, hingga berinteraksi dengan orangutan dan beruang madu.
Alamat: Jalan Balikpapan-Handil, Rt.01 Km.44 MargomulyoSamboja, Kutai Kartanegara, Balikpapan 75273, Kalimantan Timur, Indonesia. Jaraknya hanya 38 km / satu jam dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman.



9. Jantur Inar
Air terjun Jantur Inar berketinggian sekitar 30 meter yang memiliki paronama alami dengan lumut-lumut yang menempel di batu-batu dan dikelilingi pepohonan, menambah kesejukan saat berteduh. Terletak di Kampung Temula, Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat, Propinsi Kalimantan Timur.

Menurut cerita nama inar berasal dari seorang putri yang raip menjadi roh halus dan menjadi penunggu didaerah tersebut. Air terjun Jantur Inar memiliki keistimewaan  yakni setiap pengunjung yang berwisata di kawasan ini selalu dikelilingi dengan bayangan pelangi yang keluar dari pancaran air.

Berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Sendawar dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda maupun empat dengan memakan waktu sekitar 1 jam. Air terjun ini berada di kiri jalan menuju Dempar, nampak papan nama Jantur Inar. Kurang lebih 400 meter perjalanan dilanjutkan melalui jalan tanah. Untuk sampai ke dasar air terjun ini bisa melewati sekitar 200 anak tangga yang berjarak 20 cm satu sama lain.



10. Pantai Melawai
Pantai Melawai ini berada di Balikpapan adalah salah satu pantai yang paling terkenal. Keindahan Pantai Melawai adalah pada saat matahari terbenam. Sunset di pantai ini merupakan sunset terbaik, pemandangan horizon tak terhalang apapun dan hanya ada perahu-perahu nelayan.

Selain sunset, di sekitar pantai ini Anda akan menyaksikan pulau kecil bernama Pulau Tukung atau Pulau Babi karena banyak terdapat binatang bulu babi di pulau ini. Jika air sedang surut Anda dapat mencapai pulau ini dengan hanya berjalan kaki karena letaknya yang memang tidak jauh.

Pantai ini menghadap selat Makassar dan sebagai tujuan wisata favorit, Daerah ini juga merupakan pusat makanan dan minuman di malam hari. Kawasan ini akan tambah ramai pada sore hingga malam hari. Banyak pedagang makanan yang menjajakan makananya di tepi pantai melawai, di sini juga tersedia hotel, restauran, tempat karauke, arena olah raga lapangan merdeka, dll.

Lokasi Pantai Melawai berada di pusat kota, berada di Jln Sudirman. Jaraknya yang dekat dengan pusat kota, Balikpapan Center atau sekitar 5 menit ke arah selatan. Untuk menuju lokasi sangatlah mudah, karena jalur jalannya dilewati angkutan umum yang bernomor 6 dan 3 / bisa menggunakan kendaraan pribadi.



11.  Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar timur, pulau ini berada di bawah pemerintah Kota Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Kini obyek wisata ini menjadi tujuan wisata dan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.

Untuk menikmati pesona bahari di  pulau yang memiliki pantai pasir putih itu, pengunjung bisa menyewa kapal nelayan di dermaga kayu di kawasan Bontang Kuala, Bontang. Pulau Beras Basah terletak sekitar 40 menit perjalanan laut dengan air laut yang sangat jernih dari atas kapal, dapat melihat hijau nya tumbuhan laut dan berbagaimacam biota di dasarnya.

Untuk mengunjungi pulau ini terdapat beberapa akses yang semuanya berasal dari dermaga di Kota Bontang. Akses yang tercepat adalah melalui dermaga Badak NGL dengan menggunakan speed-boat yang membutuhkan waktu -+15 menit. Adapun akses alternatif melalui dermaga Tanjung Limau dan Tanjung Laut Kota Bontang dengan menggunakan kapal kelotok yang membutuhkan waktu -+1 jam.



12. Pulau Kakaban ( Danau Ubur Ubur )

Pulau Kakaban mempunyai luas 774,2 hektar dan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau yang masih asri ini merupakan salah satu dari dua pulau di dunia yang memiliki danau ubur-ubur. Untuk mencapai pulau ini, harus menaiki kapal dari dermaga Tanjung Batu dengan waktu 1 jam.

Danau Ubur Ubur di Pulau Kakaban inilah yang menarik perhatian turis-turis mancanegara. Yang mana pada danau tersebut diisi oleh campuran dari air hujan dan rembesan airlaut dari pori-pori tanah dan membuat suatu habitat endemik. Di danau Ubur Ubur tersebut terdapat empat jenis ubur-ubur yang masih hidup dengan baik seperti Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia, dan Golden Jellyfish.

Para pengunjung juga diperkenankan jika ingin snorkling atau diving dengan membawa alat sendiri dan akan dikenakan biaya Rp 20 ribu. Uniknya, di dalam danau Wisatawan juga diizinkan untuk berenang bersama ubur-ubur yang tidak mematikan itu . Selain semua penjelasan tersebut, di Pulau Kakaban juga ada berbagai jenis ikan yang bisa dilihat yaitu barakuda, white tip, black tip,dan juga hammer shark.



13. Hutan Mangrove Margomulyo
Hutan Mangrove Margomulyo adalah kawasan konservasi hutan yang digunakan sebagai tempat wisata yang berfungsi mencegah terjadinya abrasi. Di hutan ini pengunjung dapat menyaksikan panorama keindahan alam yang sangat mempesona dan tempat wisata ini memiliki sebuah menara intai yang cantik, yang bermanfaat untuk menyaksikan aneka macam burung.

Tidak cuma itu, di hutan bakau ini Anda juga bisa melihat beberapa hewan bekantan, apabila datang di pagi hari atau pada senja. Pepohonan hijau yang rindang yang menghiasi kawasan wisata tersebut, menjadi pemandangan yang luar biasa indahnya yang membuat udara sangat sejuk dan segar.

Kegiatan favorit wisatawan ialah berjalan-jalan di dalam hutan, sebab di lokasi ini sudah disediakan jembatan-jembatan kayu yang mengelilingi kawasan hutan. Hutan yang penuh di tumbuhi tanaman bakau ini terletak di Kelurahan Margomulyo, Balikpapan, Kalimantan Timur. Jaraknya sekitar 9 km dari Kota Balikpapan atau bisa ditempuh selama 20 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor.





14. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin adalah surga bawah laut yang terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Danau bening ini sangat istimewa di bagian atas danau berisi air tawar, tetapi beberapa meter di bawahnya terdapat aliran air asin. Ajaibnya kedua jenis air ini tidak tercampur dan secara kasat mata kedua jenis air ini dipisahkan oleh lapisan seperti awan.
Dua jenis air di danau ini juga menghadirkan organisme dari dua dunia yakni ikan air tawar hidup di permukaan, sedangkan ikan air laut berada di dasar danau. Danau mungil ini dikelilingi hutan dan tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya. Tak hayal jika danau ini bernama Labuan Cermin, disebabkan airnya sangat jernih hingga bisa diguakan bercermin di atasnya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

5 komentar:

  1. wisatanya keren gak kalah dengan wisata lain....
    Paket Wisata Jogja

    BalasHapus
  2. Yuk Merapat Best Betting Online Hanya Di AREATOTO
    Dalam 1 Userid Dapat Bermain Semua Permainan
    Yang Ada :
    TARUHAN BOLA - LIVE CASINO - SABUNG AYAM - TOGEL ONLINE ( Tanpa Batas Invest )
    Sekedar Nonton Bola ,
    Jika Tidak Pasang Taruhan , Mana Seru , Pasangkan Taruhan Anda Di areatoto
    Minimal Deposit Rp 20.000 Dan Withdraw Rp.50.000
    Proses Deposit Dan Withdraw ( EXPRES ) Super Cepat
    Anda Akan Di Layani Dengan Customer Service Yang Ramah
    Website Online 24Jam/Setiap Hariny

    BalasHapus
  3. ZEUSBOLA SITUS TOGEL TERPERCAYA DAN TERAMAN

    Keyakinan memang dapat menjadi referensi yang sangat hemat biaya untuk digunakan. Situs permainan online seperti sekarang memang cukup, karena perlu kesempatan untuk menang, pemain juga harus memastikan jika mereka menggunakan sistem yang tepat sehingga hasilnya lebih banyak menguntungkan.

    Pemain akan merasa lebih nyaman dan lebih aman saat bermain dan tentu saja tidak perlu memindahkan Bandar Pibndah lagi. Zeustoto menyediakan 12 Pasar Lottery WLA resmi untuk pemain sebagai berikut:
    ♣CAMBODIA POOLS
    ♣HONGKONG POOLS
    ♣MAGNUM4D POOLS
    ♣MASSACHUSETTS EVENING POOLS
    ♣MASSACHUSETTS MID DAY POOLS
    ♣MEKONG POOLS
    ♣NEW JERSEY EVENING POOLS
    ♣NEW JERSEY MID DAY POOL
    ♣SINGAPORE POOLS
    ♣TAIWAN POOLS
    ♣TOTO MACAU
    ♣SYDNEY POOL

    Semua game lottery atau kasino online semuanya dapat diputar dengan 1 akun saja.


    SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame


    #agentogel #angkajitutogel #togelsgp #togelteraman #livecasino #bandartogel #togelonline #juditogel #judionline24jam

    BalasHapus