Senin, 23 Mei 2016

20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

Berlibur adalah salah satu cara untuk merefresh diri dari kesibukan sehari-hari. Seperti halnya yang kita tahu,di  Provinsi Jawa Barat mempunyai tempat-tempat wisata yang indah. Tidak dipungkiri banyak wisatawan lokal maupun mancanega berbondong-bondong berlibur kesini, karena wisata di Jawa Barat terkenal sejuk dan mempesona.

Kunjungan di tempat rekreasi di Jawa Barat ini bisa dilakukan dengan  sahabat, teman sekolah, rekan, maupun keluarga. Intinya obyek wisata tersebut  menyambut Anda yang bertujuan berlibur  dengan menunjukkan pesona keindahannya yang membuat Anda takjub kepada Sang Pencipta. Nah, bagi travelers yang saat ini berencana berlibur  di kawasan Jawa Barat, tapi masih bingung memilih obyek wisata yang pas untuk dikunjungi. Berikut keterangan sarana dan prasarana  20 tempat wisata alam di Jawa Barat.  Semoga pengalaman berlibur Anda menyenangkan.

1. wisata Pantai Ujung Genteng
Pantai Ujung Genteng, pantai yang berpasir putih bersih dan tidak berombak. Suasananya sangat alami sehingga cocok untuk berlibur, dilengkapi dengan rindangnya pepohonan yang tumbuh subur  di kawasan pantai sehingga menghasilkan udara yang sejuk. Selain itu di pantai ini adalah tempat bertelurnya penyu hijau atau penangkaran penyu hijau.

Di pantai terdapat muara Cipanarikan, sungai yang membentuk alur membelok sebelum masuk ke laut. Muara ini biasanya dijadikan tempat bermain karena terdapat hamparan pasir halus. Sepanjang pantai kita dapat menjumpai ikan-ikan hias berwarna-warni yang cantik. Secara keseluruhan terdapat beberapa tempat yang belum terjamah yang memiliki paronama indah.

Pantai Ujung Genteng merupakan surganya para wisatawan yang ingin menikmati variasi keindahan alam , mulai dari pantai, air terjun, alam, konservasi, maupun budayanya. Untuk menikmati dan ingin menikmati liburan lebih lama, kini sudah tersedia hotel dan penginapan. Jalur akses menuju ke Pantai Ujung Genteng yaitu dari Terminal Sukabumi-Terminal Lembursitu-Terminal Surade-kemudian naik angkot umum menuju ke Ujung Genteng. Tiket masuk Rp 10.000 / orang.


2. Wisata Arung Jeram Sungai Cicatih

Rafting atau arung jeram bukanlah olahraga yang berbahaya, melainkan hanya untuk hiburan yang bisa merefresh diri. Dengan standart keselamatan internasional dan di pandu oleh tim professional, kegiatan ini sangatlah pas digunakan acara keluarga, organisasi, atupun perusahaan. Track rafting di Sungai Cicatih memiliki total panjang 22 km diantaranya 13 km sebagai adventure trip dan 9 km untuk family trip.

Beserta 20 jeram yang akan menguji nyali Anda, River Guidediperahu akan menjelaskan nama-nama jeram yang akan dilalui beserta sejarahnya, seperti Jeram S, Jeram Kerinduan, dan Jeram Kopi. Bagi sobat yang hobi fotografer, siapkan kamera Anda untuk mengambil gambar pemandangan landskap yang sayang untuk dilewatkan.

Sungai Cicatih menjadi favorit para pecinta rafting, karena sungai ini mempunyai lebar dan kedalaman yang lebih lebar dan lebih dalam baik dimusim kemarau atau penghujan. Dalam keadaan air besar perahu yang normal diisi 4-5 orang, namun jika keadaan air surut perahu akan diisi maksimal 4 orang. Akses paling gampang menuju ke air jeram Sungai Cicatih bisa melalui Cibadak dari arah Jakarta dan belok kekanan kearah Pelabuhan Ratu, kemudian dari arah Sukabumi travelers belok kekiri kearah Pelabuhan Ratu.

Paket rafting di Sungai Cicatih adalah sebagai berikut;  paket family 9 km Rp 235.000 / pax, paket adventure 12 km Rp 275.000 / pax, paket super adventure 22 km Rp 395.000 / pax.


3. Wisata Arung Jeram citarik
Rafting Sungai Citarik Sukabumi sangat cocok bagi Kalian yang suka petualang penuh kejutan, karenanya rafting disini salah satu terbaik di Indonesia.Pengelolanya sudah didukung management yang professional, serta fasilitas pendukung wisata yang lumayan lengkap dan tentunya sudah memenuhi standart.

Sungai Citarik memiliki debit air yang banyak, airnya yang jernih, dan kondisi yang lumayan setabil membuat rafting di Sungai Citarik semakin diminati. Selain rafting, Kita bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu memanjakan mata. Arung jeram Sungai Citarik terletak di Taman Nasional Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat.

Paket rafting di Sungai Citarik Sukabumi adalah; arung jeram 5 km Rp 215.000 / pax, arung jeram 9 km Rp 285.000 / pax, arung jeram 12 km Rp 375.000 / pax.


4. Wisata Green Canyon
Green Canyon adalah sungai dan lumut hijau yang tumbuh subur disisi tebingnya. Tempat wisata alam mini sangat menajubkan, untuk bisa sampai ke Green Canyon dari dermaga Ciseureuh, travelers akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit dengan perahu kayu modern ( ketiting ).Tarifnya Rp 75.000 / orang dengan daya tampungnya maksimal 5 orang dan beroperasi mulai pukul 07:00-16:00 WIB.

 Ketiting akan menbawa Kalian menyusuri sungai, sepanjang perjalanan Kalian akan melihat indahnya pohon-pohon hijau yang menjulang tinggi di sepanjan tepi sungai. Dengan paronamanya yang expetakuler , jangan lupa siapkan kamera dan siapkan pembungkus kamera anti air untuk jaga-jaga sesuatu yang tidak diinginkan.

Selama perjalanan nantinya akan bertemu beragam arus sungai yang memungkinkan untuk berenang. Para pengunjung dapat berjalan-jalan menyusuri goa dengan stalaktit dan stalagmite yang meneteskan air. Kegiatan yang menjadi favorit bagi para wisatawan adalah Body Rafting. Paket Body Rafting tidah hanya Rafting saja, melainkan pengunjung juga bisa menikmati berenang di kejernihan air Green Canyon, melompat dari tebing berketinggian 9 meter, dan sebagainya.

Harga yang di tawarkan dari Rp 150.000-Rp 250.000. Lokasi Green Canyon berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, -+ 32 km dari Kota Pangandaran.


5. Wisata Pantai Pangandaran

Pantai Pangandara dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa oleh Asia Rooms. Disisni terdapat taman laut beserta berbagai ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona. Hamparan pasir putih di pantainya, selain itu Sobat dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari pantai timur dan pantai barat pada hari yang sama.

Berbagai fasilitas telah member kenyamanan mulai dari area parkir yang luas, pelayanan pos ( komunikasi dan money changer ), pramuwisata, jetski dan tidak terkecuali hotel, restoran, penginapan, dan lain-lain. Pantai Pangandaran ialah tempat wisata andalan Kabupaten Pangandaran terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, yang bertempat di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Event pariwisata bertaraf Internasional yang di gelar disini adalah Karnaval Layang-layang Internasional ( Pangandaran International Kite Festival ) dengan bermacam kegiatan lainnya yang bisa Kita saksikan pada tiap Bulan Juni-Juli.

 Adapun tiketnya sebagai brikut: pejalan kaki Rp 3.000, sepeda motor Rp 7.000, mobil jenis jeep Rp 19.000, mobil jenis cary Rp 36.000, kendaraan penumpang besar jenis L300 Rp 51.500, bus kecil / ELF Rp 68.000, bus sedang Rp 106.000, bus besar Rp 172.000. Harga bisa berubah kapan pun … !, harga tersebut sudah termasuk harga tiket masuk, biaya kebersihan sampah, asuransi, dan parkir.


6. Wisata Pantai Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu terletak -+60 km dari Kota Sukabumi. Tempat wisata ini sudah popular berkat paronama alamnya yang indah, udara sejuk, dan hamparan pasir putihnya yang halus. Adapun tradisi pesta laut yaitu melurungkan kepala kerbau dan bermacam-maca sesaji ketengah laut. Semua itu dilakukan hanyalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas anugerah berupa hasil tangkapan ikan.

Berbagai kegiatanpun di lakukan mulai dari lomba-lomba, kegiatan bakti sosial, dan pementasan hiburan ( wayang, drumband, tarian, dsb ) yang berlangsung selama 2 hari, untuk menontonnya geratis. Wisatawan dapat duduk-duduk sambil memancing diatas batu karang yang menjorok kea rah laut, dari atas batu tersebut Sobat juga bisa menikmati keindahan yang terdapat di Pantai Pelabuhan Ratu ini.

Selain itu Pantai Pelabuhan Ratu juga terkenal sebagai pelestarian fauna yakni tempat bertelur dan berkembangbiaknya Penyu Hijau yang terancam punah, karenanya Penyu Hijau termasuk salah satu binatang yang dilindungi di Dunia. Kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) yang menjual berbagai ikan laut. Pengunjung bisa membeli ikan-ikan itu untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Bagi travelers yang ingin melihat langsung proses pendaratan kapal para nelayan dari melaut, bisa berkunjung ke TPI sekiar pukul 11:00-13:00 WIB. Untu menuju ke Pantai Pelabuhan Ratu dapat memakai via kendaraan umum dari Bogor-Terminal Sukabumi-naik jurusan bus menuju ke Pelabuhan Ratu. Tiket masuk Rp 2.000 / orang, bagi pengunjung yang membutuhkan penginapan terdapat losmen dan hotel dari kelas melati sampai berbintang. Lokasi: Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


7.  Wisata Curug Cikaso

Curug Cikaso adalah air terjun yang memiliki tiga titik air terjun ( Curug Asepan, Curug Meong, Curug Aki ) berketinggian 80 meter dan lebar 100 meter. Obyek wisata ini menyediakan pertunjukan keindahan alam melalui limpahan tiga air terjun di tengah rimbunan pepohonan hijau nan asri. Air terjun ini melimpah meluncur kedalam kolam berwarna biru kehijauan ( turquoise ) di bawahnya yang menghasilkan tempias dan kabut air yang terasa dingin menyegarkan.

Anda tergoda untung berenang ? pengunjung harus berhati-hati karena kola mini cukup dalam -+ 10 meter dan ada pusaran air di bawah air yang kuat. Mintalah arahan penjaga curug, bertanyalah bagian mana saja yang aman untuk berenang.
Harga tiket masuk ke Curug Cikaso Sukabumi ialah Rp 27.000 + Rp 6.000 / mobil dan parkir, Rp 3.000 / pejalan kaki, Rp 4.000 / kebersihan sampah dan toilet. Selain itu terdapat penyewaan perahu seharga Rp 60.000 berkapasitas 10 orang penumpang. Alamat: Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabummi , Jawa Barat.

Pada umumnya perjalanan menuju Curug Cikaso diawali darikota kecil Surade yang akan memakan waktu kurang lebih setengah jam / 8 km, dengan kendaraan roda dua atau empat hingga sampai di pertigaan jalan Cikaso. Jalan Cikaso ini berliku dan beraspal mulus, tetapi di akhir perjalanan akan menemui jalan berbatu.

 Dipersimpangan tiga inilah sebagai jalan masuk dan tempat parkir bagi yang membawa kendaraan, kemudian di teruskan berjalan kaki -+ 1,5 km melewati pematang dan ladang penduduk. Selain berjalan kaki / numpang truk pasir dapat juga menggunakan sampan dengan menyusuri Sungai Cikaso waktu tempuh -+ 20 menit. Sesampainnya di tepi darat berlanjut berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh 600 meter hinggga sampai di tujuan.


8.  Taman Wisata Mekarsari

Wisata Mekarsari merupakan suatu tempat pelestarian keanekaragaman jenis buah-buahan tropika terbesar di Dunia, khususnya buah-buahan berjenis unggul yang dikumpulkan dari pelosok Indonesia. Sekaligus tempat dimana penelitian budidaya ( agronomi ), pemulian ( breeding ), dan perbanyakan bibit unggul yang kemudian di sebarluaskan kepada petani dan masyarakat umum.

Awalnya Taman Wisata Mekarsari ini berkonsep sebagai tempat konservasi tumbuhan, namun konsep tersebut kemudian di ubah menjadi areal konservasi, reboisasi, eduksi, dan rekreasi.  Jika Kalian ingin membeli bibit tanaman, Anda dapat membeli di Graden Center ialah tempat penjualan aneka bibit tanaman buah di kawasan Taman Wisata Mekarsari.

Obyek wisata kali ini menyedediakan banyak wahana permainan air diantaranya adalah pemancingan, sepeda air, banana boat, angsa air, kano, perahu naga, dan lain-lain. Taman Wisata Mekarsari tersebut juga memiliki fasilitas Waater King Dom seluas 5,2 hektar dengan jumlah maksimal 15.000 penngunjung, wahana ini merupakan taman permainan air terbesar di Asia.

Di Water King Dom sendiri terdapat Lazy River ( kolam arus terpanjang di Indonesia seluas 600 meter ), selain itu adapula Boomerang Slide dengan tinggi 16 meter dan papan luncurnya sepanjang 118 meter kemudian Danau Cipitung luasnya kurang lebih 20 h. Ongkos msuk ke Taman Wisata Mekarsari Rp 25.000 / dwasa ataupun anak-anak, bersistem Top Up yakni pengisian saldo agar bisa menggunakan wahana tidak perlu mengantre berupa gelang RFID.

Tesedia 4 pilihan paket inap yaitu Rumah Pohon, D’Cabin, Family Camp, Family Biking Camp. Buka setiap hari mulai pukul 10:00-16:00 WIB / senin-jum’at, pukul 09:00-16:00 WIB / sabtu-minggu. Alamat: Jl. Raya Cileungsi – Jonggol km 03, Cileungsi, Jawa Barat.


9. Wisata Taman Bunga Nusantara

Rekreasi di taman bunga dengan udara sejuk tentunya akan menyenangkan, ditambah taman tersebut seluas 25 h. Komplek dengan hamparan tanaman hijau, bunga-bunga yang tertata rapi, dan bebas polusi. Inilah gambaran dari Obyek Wisata Taman Bunga Nusantara di puncak yang menyediakan berbagai macam bunga dari dalam maupun luar negeri.

Biaya tiketnya sebesa Rp 5.000 / orang, Rp 2.000 untuk biaya parkir sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Di kawasan ini travelers akan melihat dan menikmati sebuah taman bunga yang sangat luas. Terdapat patung burung merak, patung ini lumayan unik karena di susun dari berbagai tanaman dan bunga. Selain bentuk burung merak, ada yang disusun seperti panda, kelinci, dan berbagai bentuk lainnya.

Adapun tempat unik lainnya yang menjadi favoritnya para wisatawan yaitu Labirin. Lbirin sendiri adalan taman yang berdinding dengan jalan yang membingungkan dimana tujuan akhirnya ialah daerah yang terdapat di tengah-tengahnya. Di Taman Bunga Nusantara juga ada Taman Paris, Taman Bali, Taman Jepang, dimana taman tersebut berisi bunga-bunga ciri khas daerah masing-masing sehingga pengunjung dapat merasakan suasana yang di inginkan.

Dekat pintu keluar ada kaca dengan luas 2.200 meter persegi dan -+3000 panel kaca yang menyimpan beraneka macam tanaman. Alamat: Desa Kawunglawuk, Kecamatan Sukaresmi, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.


10. Wisata Goa Buniayu

Buniayu memiliki arti kecantikan yang tersembunyi, Caving di Goa Buniayu akan mendapat pengalaman yang tak terlupakan, bagaimana tidak disini Kalian akan menyusuri goa selama 4-5 jam perjalanan bagai ditelan bumi. Caving ini tidak mengenal waktu, suasana di dalam goa benar-benar sangat gelap sehingga tidak bisa membedakan apakah di luar siang atau malam.

Jiwa petualangan travelers ditantang untuk datang dan menyingkap keindahan yang ada didalamnya. Goa Buniayu merupakan goa alam yang masih sangat alami. Di dalamnya Kalian akan menemukan stalaktit, stalakmit, flow stone, coloumn, drapery, gourdam, canopy, dan berbagai ornament goa lainnya yang indah.

Hanya sedikin goa yang terdapat di memiliki gerbang masuk vertical, Goa Buniayu adalah salah satunya. Pasukan ardelin yang terpacu saat memasuki goa dengan seutas tali yang terkait badan pastinya seru, mendebarkan, dan tak telupakan. Sensasi kegelapan abadi, pembagian zona cahaya dalam goa akan membuat suasana luar biasa yang belum pernah Anda alami sebelumnya.

Kegelapan di Goa Buniayu 4 kali lebih pekat dari kegelapan di luar sana yang menyadarkan Kita terhadap kebesaran Sang Maha Pencipta. Harga tiket masuk Goa Buniayu , umum; Rp 5.000 / orang, kusus; Rp 75.000 / orang. Goa Buniayu terletak di Desa Kartangsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi.


11. Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Sudah tidak asing lagi denan Gunung Tangkuban Perahu, gunung ini memiliki ketinggian 2084 dari permukaan laut dengan kondisi udara di sekitarnya yang dingin. Jika malam hari bisa mencapai 2 derajat Celsius dengan suhu rata-rata pada siang hari mencapai 17 derajat celcius. Tempat wisata yang dapat Anda kunjungi saat di Gunung Tangkuban Perahu diantaranya ada Kawah Jurig, Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas.

Di lokasi kawah-kawah inilah tempat paling cocok untuk mengabadikan kunjungan sobat dengan mengambil foto, karena lokasi di sini sangat indah. Selain di lokasi kawah , adapun tempat untuk berfoto ria saat berada di deretan pohon pinus maupun saat berada di kebun teh, suasana alamnya yang hijau akan memaksa untuk mengambil foto.

Tidak mengherankan kalau Gunung Tangkuban Perahu menjadi faviritnya para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Untuk masuk dan menikmati semua keindahan alam pegunungan wisata Tangkuban Perahu pengunjung harus membayar ongkos sebagai berikut; Rp 13.000 / wisata lokal, Rp 50.000 / wisata asing, Rp 5.000 / parkir motor lokal, Rp 10.000 / parkir motor WNA, Rp 20.000 / parkir bus lokal, Rp 25.000 / parki bus WNA.
Lokasi; Surakarya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.



12. Wisata Kawah Putih

Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentu akibat dari letusan Gunung Patuha. serasi dengan namanya, tanah yang berada di kawasan Kawah Putih berwarna putih karena percampuran unsur belerang. Selain warna tanahnya yang putih , air disini memiliki warna putih dan kehijauan dan dapat pula berubah warna sesuai dengan kadar belerang dan suhu udara berkisar 8 – 22 derajat celcius.

Selain untuk menikmati keindahan paronamanya, darerah Kawah Putih tidak jarang menjadi tempat berbagi kegiatan mulai dari melukis, pengambilan gambar film, foto pengantin, kegiatan mendaki, berkuda dan masih banyak lagi.

Untuk harga tiket masuknya dipatok seharga Rp 15.000 / orang, buka setiap hari dari pukul 07;00-17:00 WIB. Alamat; Jl. Raya Soreang Ciwidey, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.


13. Wisata Situ Patengan

Obyek wisata Situ Patenggang Ciwidey atau yang lebih popular dengan sebutan Situ Patengan ialah sebuah danau yang berada di kawasan wisata Ciwidey Bandung. Situ Patengan terletak pada ketinggian 1600 meter dpl, dengan menyuguhkan paronama yang menarik. Sejauh mata memandang lurus kedepan, terlihat hamparan kebun teh hijau bagaikan karpet hijau alam yang membentang idah.

Semilir udaranya yang sejuk khas pegunungan disertai hangatnya mentari menyentuh kulit membuat lengkap pemandangannya. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Situ Patengan mulai dari sepeda air, memanciing, berkeliling danau dengan menggunakan perahu angsa, dan mengunjungi batu cinta.

Biaya masuk ke tempat rekreasi Situ Patengan cukup membayar Rp 15.000 / orang, Rp 3.500 / parkir motor, Rp 11.000 / parkir mobil, Rp 22.000 / parkir bus.Tempatnya di Jl. Raya Ciwidey – Rancabali, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


14. Wisata Kebun Raya Bogor
Taman yang mengoleksi berbagai aneka tanaman langka dari ukuran kecil hingga sampai yang berukuran raksasa, berjumlah ribuan dari berbagai jenis.Dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh subur mrnjadikan suasana yang sejuk. Hal inilah yang menjadi daya tarik para pengunjung, sehingga tempat ini tak pernah sepi dar wisatawan.

Tentunya disetiap tempat rekreasi ada spot yang menjadi daya tarik utamanya. Nah, yang menjadi daya tarik disini adalah Raflesia Arnoldi ( Bunga Bangkai Raksasa ). Tinggi bunga ini bisaa mencapai 2 meter, karna itulah menjadikannya sebagai bunga terbesar di Dunia. Selain di dalam Kebun Raya Bogor ada pohon kelapa sawit tertua se-Asia yang masih ada sampai saat ini.

Berbagi pusat keilmuan botani yang berada  di Kebun Raya Bogor adalah Museum Zoologi, Herbarium, Bogoriense, dan Rastaka. Dari area ini yang tidak kalah menariknya yaitu Istana Bogor. Wisata Kebun Raya Bogor berlokasi di Jl. Ir. Juanda no. 13 Kota Bogor, Jawwa Barat. Tiket masuk untuk wisata lokal sebesar Rp 14.000 / WNI, Rp 25.000 / WNA, Rp 5.000 parkir motor dan sepeda keliling, Rp 30.000 mobil keliling.



15. Wisata Trans Studio Bandung

Secara umum wisata Trans Studio Bandung merupakan tempat wisata yang sangat pas untuk liburan keluarga, karena di kawasan ini menyediakan berbagai macam wahana yang bisa digunakan untuk segala usia. Apabila travelers berkunjung di tempat ini, Anda akan mendapati sebuah Idoor Theme Park terbesar di Indonesia, bahkan merupakan Idoor Theme Park terbesar di Dunia.

Trans Studio Bandung di bangun Diatas tanah seluas 412 h berada dikawasan Bandung Super Mall. Dengan area seluas itu menjadikan Taman Studio Bandung menjadi tempat liburan terlengkap dan terluas di Bandung. Taman Studio Bnadung mulai di buka pada tahun 2011 tepatnya pada tanggal 18 juni 2011.

Pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam negeri, tetapi ada yang dari luar negeri. Fasilitas yang tersedia cukup lengkap yaitu Trans Studio Theme Park yang merupakan pusat rekreasi Idoor berstandart Internasional, Trans Studio Mall Bandung merupakan pusat belanja berkelas Internasional, The Trans Luxury yakni hotel-hotel bintang 6, Mega Tower adalah kantor pusat Bank Mega cabang Bandung dan Ibis Hotel Bandung yaitu hotel-hotel bintang 3.

Alamat; Jl. Gatot Subroto No. 289, kota Bandung, Jawa Barat. Tiket masuk senin-jum’at Rp 170.000 buka dari pukul 10:00-21:00 WIB, sabtu-minggu Rp 270.000 buka dari pukul 09:22:00 WIB.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Wisata Pantai Santolo
Nama Pantai Santolo adalah Pantai Cilautereun, disebut Cilaureun karena air laut di Muara Cileureun bergerak kembali lagi kearah muara atau lebih mudahnya air laut yang mengalir kedaratan. Peristiwa sangat unik dan menarik ini hanya bisa di temukan di dua tempat yaitu di Pantai Santolo Garut dan Paris. Sedangkan nama Santolo adalah nama pulau kecil yang ada diseberang Pantai Cilaureun, pantai indah ini terkenal dengan Pantai Santolo Pameungpeuk.

Disekitar kawasan Pantai Santolo terdapat dermaga ( pelabuhan ) dimana tempat berkumpulnya kapal ikan tradisional di Pameungpeuk. Beberapa meter dari jalan raya Pameungpeuk ada pos pendaftaran, ditempat inilah pengunjung diwajibkan membayar biaya distribusi. Jarak dari pos pendaftaran kebibir pantai Pantai Santolo masih lumayan jauh.

Sebelah kiri pantai ada stasiun peluncuran roket milik LAPAN (  Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional ). Setiba di pantai, Sobat akan dihampiri tukang sewa perahu yang menawarkan jasa penyeberangan kepulau Santolo. Dan jika tidak ingin ke Pulau Santolo, pengunjung bisa langsung menikmati suasana pantai atau bermain-main.

Tidak jauh dari tempat parkir ada Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ), traveler bisa membeli ikan untuk dibakar atau langsung membeli ikan siap saji dan menyantapnya di pinggir pantai. Tiket masuk perorang seharga Rp 3.500. Alamat; Cigadog, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

17.  Wisata Pantai Pondok Bali

Pantai Pondok Bali walaupun mengandung nama balinamun pantai ini berada di daerah Sabang Jawa Barat. Keadaan pantai ini sepi, serta jauh dari keramaian yang membuat pantai ini menjadi tujuan utama bagi pengunjung yang ingin mencari inspirasi, ketenangan diri dan tafakur. Beragam kegiatan yang mungkin dilakukan para wisatawan antara lain berkemah, memancing, berenang, dan meikmati hamparan pasir putih di lengkapi waktu sunset yang indah.

Dikatakan sepi tidak seutuhnya sepi, karena pada akhir pekan atau hari libur pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Kini di kawasan Pantai Pondok Bali sudah menyediakan berbagai fasilitas yaitu Tempat Parkir Kendaraan, Area Bermain, Area Voli Pantai, Terminal Perahu, Serta Warung-warung yang menjajakan berbagai dagangannya.

Dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati segala keindahan yang ada di Pantai Pondok Bali. Salah satu keunikan yang mencolok adalah adanya sumur yang berada didekat pantai, usut punya usut sumur ini dulunya tempat berwudlu para Wali. Pantai Pondok Bali berada di Desa Mayangan, Kecamatan Pamanakan, Subang, Jawa Barat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona


18. Wisata Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta tidak seperti pantai selatan pada umumnya, memiliki hamparan pasir yang luas dan ombak yang lumayan bersahabat. Di pantai ini wisatawan bisa berenang  sesuka hati karena jarak ombak dan bibir pantai cukup jauh. Fenomena alam yang indah dan sangat nantikan disaat air laut mulai surut, karang-karang akan terlihat jelas nan cantik di lengkapi biota laut. Jika beruntung Kalian bakal menemukan kepiting berukuran besar.

Adapun keindahan lainnya di pantai ini, disini ada tempat bertelurnya penyu hijau pengunjung dipersilahkan untuk ikut lomba melepaskan penyu dan di Taman Laut pengunjung juga bisa melihat beraneka jenis ikan hias.

Pantai Sindangkerta berada di Desa Sindangkerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 90 km dari pusat Kota Tasikmalaya, 700 km dari Kota Bandung, 380 dari Jakarta dan 90 km sebelah barat Pantai Pangandaran melewati Cijulang. Tiketnya sebesar Rp 2.000, selamat berlibur … !

Baca juga; 50Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menararik 

19. Wisata Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dalam ruang lingkupnya Taman Nasional Gunung Gede terbentang di tiga kabupaten yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi, berketinggian dari 1.000-3.000 meter diatas permukaan laut. Dengan suhu rata-rata di puncaknya 18 derajat celcius pada siang hari dan 5 derajat celcius pada malam hari.

Selain bentang alamnya yang luas di tempat ini juga kaya akan ekosistemnya. Didalamnya di penuhi berbagai jenis tumbuhan langka dan dihuni satwa langka yang dilindungi di antaranya yaitu Elang Jawa dan Owa ( lutung ), sehingga sering para peneliti Dunia datang kesini. Pada bulan Juni - September ialah musim mendaki yang terbaik.

Beberapa tempat wisata yang dapat kalian nikmati selama berkunjung adalah Telaga Biru, Air Terjun Cibeureum, Mata Air Panas, Kandang Batu, Kandang Badak, Puncak, Kawah Gunung Gede, dan Alun-alun Suryakencana. Harga tiketnya Rp 22.500 / orang, berada di Jl. Raya Cibodas, Cipanas, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat.

Baca juga; 42Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

20. Wisata Taman Nasional Gunung Halimun

Siapa yang tidak kepengen melihat keindahan dan megahnya alam Kota Sukabumi di Taman Nasional Gunung Halimun. Disebut sedemikian rupa, karena kawasan ini berupa ekosistem hutan hujan tropis pegunungan yang terbesar di Jawa Barat. Sobat bisa melihat keanekaragaman tumbuhan dan satwa yang ada di Taman Wisata Gunung Halimun.

Bawalah perbekalan makanan karena akan sayang sekali jika tidak bermalam atau berkemah disini. Banyak dijumpai flora dan fauna mulai yang sering sampai yang jarang di jumpai sekalipun ada. Kemudian siapkan pula kamera atau sejenisnya, berjaga-jaga jikalau ada moment-moment yang Travelers temui dan pantinya akan seru.

Jika ingin melihan pemandangan lebih luas, bisa ke Canopy Trail yaitu jembatan gantung sepanjang 100 meter di bangun pada tahun 1998 oleh Jepang. Didalam Taman Nasional Gunung Halimun ada macam-macam obyek rekreasi yang menarik untuk dikunjungi antara lain Kawah Ratu, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Ciherang, Curug Gua Lumut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

1 komentar:

  1. terimaksih infonya, dan jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2MCUqF6

    BalasHapus