Sabtu, 20 Agustus 2016

26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

Provinsi Maluku Utara resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 4 Oktober 1999 yang terdiri dari 395 pulau, 64 berpenghuni dan 331 diantaranya belum berpenghuni. Sebelum menjdi provinsi, Maluku Utara merupakan bagian dari Provinsi Maluku yakni Kabupaten Maluku Utara dan Kabupaten Maluku Tengah.

Di awal pendiriannya Provinsi Maluku Utara ini beribukota di Kota Ternate selama 11 tahun, tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2010 ibukotanya dipindahkan ke Kota Sofifi yang berada di Pulaau Halmahera. Provinsi Maluku sendiri memiliki segudang obyek wisata yang sangat patut untuk anda kunjungi seperti wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak lainnya.

Di bawah ini beberapa tempat-tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dan bisa menjadi agenda pariwisata ketika berada di Provinsi Maluku Utara;

1.  Masjid Sultan Ternate

Masjid yang berada di kawasan  Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate ini menjadi bukti adanya Kesultanan Islam pertama di kawasan Timur Nusantara. Kesiltanan Ternate menganut Islam sejak raja ke-18 yakni Kolano Marhum ( 1465-1486), kemudian diganti oleh Zainal Abdin ( putra Kolano Marhum ) 1486-1500.

Zainal Abidin menetapkan Kesultanan Islam dengan mengganti gelar Kollano menjadi sultan. Ia menetapkan Islam sebagai agama resmi kerajaan, menggunakan syariat Islam, dan membentuk lembaga kerajaan menganut hukum Islam dengan melibatkan para Ulama. Sangat berdeda dengan masjid-masjid pada umumnya, masjid ini juga disebut Sigi Lamo.

Masjid Sultan Ternate terkenal akan keunikannya yang mempunyai aturan-aturan adat yang tegas, sepeti contohnya larangan memakai sarung / wajib menggunakan celana panjang bagi para jamaahnya, wajib memakai songkok, dan juga larangan bagi kaum hawa untuk beribadah di masjid ini. knon aturan ini berasal dari petuah para leluhur ( Doro Bololo, Dalil Tifa, Dalil Moro ) yang sampai saat ini masih ditaati oleh warga Ternate.

Baca juga; 50Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Masjid Al-Munawwaroh

Masjid Al-Munawwaroh adalah masid yang dibangun oleh Pemerintah Kota Ternate  di bibir pantai Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Masjid ini menjadi landmark kota tersebut, yang sangat menawan di pandang dari laut dengan empat menaranya yang memiliki cirri khas tersendiri. Pembangunanya memakan waktu yang tak singkat dari tahun 2003 dan selesai di tahun 2010.

Masjid Al-Munawwaroh tampak eksotik dengan 4 menara setinggi 44 meter, dua diantaranya sengaja dibangun dilaut. Maka dari itu, Masjid Al-Munawwaroh termasuk dalam kategori bangunan monumental dengan spesifikasi khusus. Dimana diantara beberapa bahan bangunanya didatangkan langsung dari Negara Turki seperti halnya keramik dan lampu.

Dididirikan di atas lahan seluas 6 hektar, dengan luas masjid mencapai 9512 meter persegi dan mampu menampung 15.000 jamaah sekaligus. Memang begitulah adanya, karena mengingat bahwa masyarakat Kota Ternate 95% diantaranya beragama Islam.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali YangWajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Museum Kedaton Sultan Ternate

Sebenarnya adalah bangunan peninggalan Kesultanan Ternate yang kemudian dialih fungsikan menjadi sebuah museum. Letak museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Bangunan ini berbentuk segi delapan yang menyerupai seekor singa duduk dengan dua kaki depannya menghadap ke laut.

Banyak sekali koleksi yang dimiliki Museum Kedaton Sultan Ternate ini seperti koleksi benda geologi, etnografi, arkeologi, sejarah numistik, filologi, teknologi, seni rupa, dan keramik. Berbagai peninggalan Kesultanan Ternate  misanya mahkota, singgasana berwarna emas, alat-alat perang, peralatan upacara adat serta Al-Qur’an tulisan tangan.

Dari beberapa yang sudah disebutkan, ada satu keunikan dari mahkota peninggalan Kesultanan Ternate yang memiliki rambut yang bisa tumbuh seperti halnya rambut manusia. Untuk memotongnya, biasanya diadakan upacara ritual Istampa pada hari raya Idul Adha dan mahkota tersebut diperkirakan sudah berumur 500 tahun sejak Sultan Ternate yang pertama.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta YangSangat Menyenangkan

4. Benteng Oranje

Sejarahnya, Benteng Oranje dibangun pada 26 Mei 1607 oleh Cornelis Matclief de Jonge dan di beri nama Oranje oleh Francois Wiltlentt di tahun 1609, yakni dimasa Pemerintahan Sultan Mudaffar. Benteng ini asalnya dari bekas benteng tua milik Bangsa Portugis yang dihuni orang Melayu dan kemudian diberi nama Benteng Melayu.

Letak Benteng Oranje ini sangat strategis, yaitu dipusat Kota Ternate ,Kelurahan Gamalama ( Jalan Hasan Boesoeri, Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara ). Lama kelamaan Benteng Oranje beralih fungsi sebagai lokasi wisata benteng di Ternate yang menyenangkan. Dulunya letaknya di samping laut, kini berada di tengah-tengah kota yang disebabkan adanya reklamasi serta bagian depan benteng dibuat taman kota dan juga lokasi pertokoan.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

5. Benteng Tolukko

Benteng Telukko juga sebuh benteng peninggalan Portugis yang sampai saat ini masih berdiri kokoh di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Maluku Utara. Menurut cerita yang tersebar luas, benteng ini dibangun oleh seorang panglima Portugis bernama Fransisco Seorao di tahun 1540 guna sebagai pertahanan untuk menguasai cengkih serta dominasinya antaranya bangsa Eropa.

Kemudian pada tahun 1610 di ambil alih dan direnovasi oleh Pieter Both dan tepatnya di tahun 1864 benteng ini dikosongkan oleh Residen P. Van Der Crab karena bangunannya sudah rusak. Pada tahun 1996-1997 Pemerintah RI memugarkan kembali Benteng Tolukko ini yang di bangun di atas fondasi batuan beku.

Benteng Tolukko terbentuk dari 3 buah bastion yakni ruang bawah tanah, halaman dalam, lorong dan bangunan utama berbentuk segi empat. Bangunannya berkontruksi dari batu sungai, batu karang, pecahan batu bata yang direkatkan dengan capuran semen, kapur, dan pasir.

Baca juga; 39Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

6. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata dibangun oleh seorang Bangsa portugis bernama Fransisco Serao ditahun 1540 guna menahan serangan Spanyol dari Rum, Tidore. Benteng ini juga sering disebut sebagai Benteng Kayu Merah karena terletak di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Awal jadinya di beri nama Santa Lucia namun banyak dikenal dengan sebutan Benteng Kalamata.

Sebutan kata Kalamata tersebut berasal dari nama Pangeran Kalamata, yaitu adik dari Sultan Ternate Madarsyah. Konstruksi Benteng Kalamata berdesain menyerupai empat penjuru mata angin yang juga mempunyai empat bastion berujung runcing serta memiliki lubang bidik. Benteng Kalamata berdiri dengan kokohnya di garis pantai, begian belakang benteng terlihat Pulau Tidore dan Maitara.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan

7. Benteng Kastela

Kastela adalah benteng pertama yang didirikan oleh Potugis di Maluku Utara yang berada di desa Kastela dekat pantai yang jaraknya kurang lebih 12 km dari Kota Ternate. Nama asli dari Benteng Kastel adalah Nostara Senora del Rosario yang mempunyai arti wanita cantik berkalung bunga mawar. Pada tahun 1994 dibangun monument Sultan Khairun untuk memperingatinya yang terbunuh oleh Portugis.

Monument tersebut berbentuk cengkih dengan tingggi 5 meter yang terletak diantara bagian penompang yang berukuran 4x4 meter dan tinggi 4 meter. Relief yang tedapat di pilar-pilar ini melukiskan kisah Sultan Khairun dan Sultan Babulah.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku YangMemukau

8. Batu Angus

Yang di maksut Batu Angus disini adalah bekas aliran lava yang berada di sisi kiri dan kanan jalan raya berlatar belakang Gunung Gamalama.  Lava-lava beku ini berwarna hitam pekat dan perlu di ketahui bahwasannya Batu Angus bukanlah batu biasa. Memang sepintas terlihat biasa, cobalah lihat dengan detail makan kamu akan melihat keindahan lain dari kumpulan batu-batu tersebut.

Gumpalan bebatuan menyerupai stalgmit ini terlihat sangat unik yang dipadu dengan hijaunya Gunung Gamalama serta bentangan laut yang biru semakin pas digunakan sebagai lokasi selfie. Kebanyakan dari wisatawan yang melewati jalan raya mengarah ke kawasan Gunung Gamalama akan menghentikan kendaraannya, guna untuk singgah sebentar sembari menikmati fenomaena alam yang langka ini.

Dari tempat ini para pengunjung bisa menyaksikan keindahan laut dan Pulau Halmahera, yang disebabkan tempat ini berada di dataran tinggi sehingga bisa melihat pemandangan Kota Ternate. Sangat disayangkan bagi Anda, jika tak sudi singgah sebentar di Batu Angus yang sangat unik dan langka ini.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung YangMenyenangkan

9. Taman Nukila

Nama taman ini diambil dari nama seorang pejuang perempuan Ternate yang pada saat itu melawan penjajahan Portugis. Beliau adalah pejuang wanita pertama di Indonesia, hal tersebut tertulis lengkap pada prasasti yang ada di Taman Nukila. Taman ini di resmikan oleh Walikota Ternate yakni DR. H Burhan  Abdurrahman SH pada tanggal 30 Novemnber 2014.

Lokasi Taman Nukila berada di pinggir pantai yang memiliki pohon-pohon yang rindang, sangat cocok lah untuk mengisi hari libur. Di taman ini juga ada fasilitas tempat bermain anak-anak dan dilengkapi dengan pedestrian yang cukup lebar. Karena adanya Taman Nukila ini membuat Kota Ternate semakin asri dan sejuk.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di KepulauanRiau Yang Menarik

10. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama atau yang akrab di sebut sebagai puncak Ternate adalah gunung berapi yang ada di Provinsi Maluku Utara. Gunung ini menyimpan pesona kecantikan yang luar biasa, tak heran jika banyak para penelusur alam yang sangat tertarik mendaki Gunung Gamalama,.hamparan perkebunan cengkeh dan pala akan senantiasa menemani pendaki selama perjalanan.

Sesampainnya di puncak sejauh mata memandang akan melihat landscape Pulau Ternate beserta pulau-pulau lainnya. Di puncak ini juga dapat ditemui mata air didalam lekukan batu sebesar Loyang besar, yang disebut air abdas. Usut punya usut dengan lantaran air tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Sehingga warga Ternate mengkeramatkan mata air ini.

Selain itupula terdapat kuburan leluhur masyarakat Ternate yang berumur ratusan tahun. Selain wisatawan, banyak warga Ternate yang mendaki Gunung Gamalama guna berziarah di makam tersebut. gunung Gemalama terletak di Kota Ternate, Maluku Utara, adapaun jalur pendakian bisa diakses dari beberapa desa di sekitarnya seperti Desa Moya, Desa Malikurubu, dan Desa Akehuda. Untuk jalur termudah mendaki ialah berada di Desa Mayo.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau YangMempesona

11. Pulau Morotai

Pantai di Pulau Morotai sangat menajubkan, dikawasannya wisatawan bisa menemukan sekitar 25 titik penyelaman yang disetiap titiknya memiliki keindahan dan cirri khas tersendiri. Selai itu daratan pasir putihnya juga seakan melengkapi segenap keindahan yang akan memanjakan semua mata pengunjung. Dan tak ketinggalan pula paroama nan cantik dari terbit dan tenggelamnya matahari dari Pulau Morotai.

Spot terfavorit di kawasan Pulau Morotai berada di Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil yang mana akan tersambung menjadi satu oleh pasir putih melengkung yang sangat unik ketika air laut sedang surut. Biasanya para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pulau Morotai di tempuh dengan penerbangan perintis dari Ternate ke Galela yang kemudian dilanjutkan ke Morotai.

Nah, jika sudah berkunjung jangan sampai lupa membeli cideramata khasnya Pulau Morotai, berupa aksesoris dari bahan besi putih seperti kalung, gelang, cncin serta masih banyak barang-barang yang akan membuatmu tergoda untuk memilikinya.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di PapuaYang Sangat Cantik

12. Pulau Halmahera

Di ujung utara pulau ini terdapat bebatuan karang yang sangat indah dan juga terumbu karang beserta beragam biota dalam kondisi baik dapat ditemui diperairan ini. Disini pula kamu bisa menemukan pasir putih dengan dua tipe yang berbeda, kasar dan halus. Paronama alam sekitar dan airnya yang bening sangat cocok untuk bersantai, berenang maupun snokerling bersama keluarga tercinta.

Selain berenang atau bersantai di tepi pantainya, berjalan menyusuri pulau juga menjadi kegiatan yang tak kalah serunya yang kerap jadi incara wisatawan. Taman Laut Tobotobo adalah tempat yang mempunyai taman laut yang sangat sempurna indahnya sehingga sangat amat disarankan untuk melakukan kegiatan snokerling maupun diving.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa TenggaraTimur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Pulau Maitara dan Tidore

Kedua pulau inilah yang di jadikan gambar pada mata uang Rp 1.000 dan merupakan pulau yang sangat mempesona untuk acara liburan. Untuk melihat keindahan kedua pulau ini alangkah baiknya dilihat dari Ternate yaitu di Desa Ngade yang letaknya di selatan kota Ternate. Banyak pujian yang keluar dari para wisata, karenanya pulau ini sering di jadikan sebagai tempat Champ dan tempat favorit berlibur.

Pulau ini juga bisa dijadikan sebagai wisata bahari yang sangat menyenangkan dan asalkan kamu ketahui bahwa kita memang kurang terkesan dengan gambar dalam uang kertas Rp 1.000 itu. Namun jika Travelers melihat secara langsung pasti akan terkagum-kagum dengan semua keindahan yang di sajikan oleh kedua Pulau Maitara dan Pulau Tidore tersebut.

Baca juga; 24 TempatWisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Pantai Tobololo

Berlokasi disebelah kota utara Pulau Ternate yang tepatnya berada di Kelurahan Tobololo itu sendiri. Pantai Tobololo bisa dibilang masih sangat alami yang dikarenakan jarang sekali tersentuh oleh pengunjung. Pantai Tobololo sendiri memiliki banyak keunikan yang berbeda degan pantai-pantai pada umumnya.

Keunikan tersebut seperti disaat air surut maka terlihat pemandangan lautan karang sejauh 60 meter kiranya, sedangkan disaat air laut pasang maka bisa digunakan untuk berselancar karena memang memiliki ombak yang cukup besar. Yang satu ini beda sama yang lainnya yaitu terdapat sumber air panas.

Belum banyak orang tahu dimana keberadaan air panas tersebut, banyak titik-titik yang bisa kita temukan letak air panas itu seperti disumur, didalam pasir serta dibalik batu karang. Tentunya sangat mengagumkan ya, air panas ini rasanya tetap tawar meskipun berjarak 1 meter dari laut. Hal tersebut dikarenakan air panas itu mengalir langsung dari Gunung Gamalama menuju ke Pantai Tobololo.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

15. Pantai Kastela

Selain terdapat destinasi wisata sejarah, di pantai ini pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang cantik dibawah rindangnya pepohonan sembari melihat pesona matahari terbenam. Tempat wisata ini masih jarang dikunjungi, namun keindahan yang di sajikan seakan tak mau kalah dengan tempat-tempat wisata lain yang ada di kota Ternate.

Ketika berwisata disini Anda dapat sekaligus menikmati keindahan wisata sejarah dan wisata alam yang tentunya sangat eksotis. Sudah deh gak usah ragu, langsung saja wisata pantai Kastela catat didalam agenda rekreasimu. Semoga pengalaman liburanmu menyenangkan sobat … !

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan YangWajib Anda Kunjungi

16. Pantai Bobaneha Ici

Letaknya di Kelurahan Afdator, Kecamatan Pantai, yang jaraknya sekitar 23 kilo meter di sebelah selatan. Berada di Pantai Bobaheha Ici ini wisatawan sangat di sarankan agar tidak berenang, mengingat pantai tersebut memiliki ombak yang ganas serta banyak batu karang yang bertebaran di lokasi pantainya. Namun jangan kecewa dulu, tempat wisata ini sudah dilengkapi fasilitas yang cukup memadahi.

Berada di Pantai Bobaneha Ici cobalah untuk mencicipi wisata kulinernya dengan menu andalan ikan bakar yang khas dan siap untuk menyenangkan perut anda. Warung makan dapat mudah di temui di sepanjang pinggir pantai, dengan dilengkapi suara debur ombak dan angin semilir menambah nikmat suasana.

Jika ingin bermalam, sudah ada beberapa tempat inap dan kolam renang. Jadi, mekipun tidak berenang di pantainya masih bisa berenang di kolam renangnya demi kenyamanan dan keselamatan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara YangMempesona

17. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamadaha adalah pantai yang menjadi tujuan utama para wisatawan ketika menginjakkan kakinya di Kota Ternate ini. Pantai Sulamadaha juga di juluki sebagai Pantai Kaca, karena airnya yang sangat jernih bahkan apabila ada perahu atau sejenisnya di pantainya akan terlihat melayang. Tak perlu diving ataupun snokerling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Dari atas perahu sudah terlihat jelas koral-koral terumbu karang berserta beragam biota laut yang cantik. Dengan keadaan airnya yang begitu jernih, menggoda siapa aja untuk berenang, diving, maupun snokerling menurut selera masing-masing. Jadi, tunggu apalagi untuk berwisata di Pantai Sulamadaha bah surga ini ? buruan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi TenggaraYang Wajib Di Kunjungi

18. Pantai Jikomalomo

Pantai Jikomalomo memiliki pasir pantai putih yang terbentang sekitar 100 meter ini terletak di suatu teluk tersembunyi yang berhadapan langsung dengan Pulau Hiri. Inilah pantai yang sangat pas dikunjungi bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan ingin menyendiri sejenak. Air laut yang jernih bersih bagai suatu penghalang tembus pandang dengan menyajikan keindahan alam bawah laut.

Dikawasannya ini terdominasi oleh Hand Coral, pastinya merupakan tempat buruan bagi mereka pecinta snokerling ataupun diving. Untuk mengaksesnya bisa menggunakan jasa speedboat untuk antar jemput, ketika sudah sampai semua kealamian alam daratan maupun lautan siap menyapa anda.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi SulawesiTengah Yang Menawan

19. Pantai Kahona

Keunikan Pantai Kahona ini adalah adanya batu besar dengan lubang ditengahnya yang letaknya persis di bibir pantai. Memang belum banyak wisatawan yang tahu lokasinya, tapi tenang saja kamu bisa bertanya pada masyarakat sekitar pasti akan di tunjukkan arah jalannya. Tentunya akan mendapat suatu pengalan berharga dan seru.

Keindahan semakin terasa tatkala sudah sampai di Pantai Kahona, dengan cirri has pantai yang sedikit berbatu kerikil.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan YangSangat Menarik

20. Pantai Sasa

Jangan sampai lewatkan keindahan Pantai sasa ini, ketiaka anda sudah berada di Provinsi Maluku Utara cobalah sesekali mendatangi pantai nan eksotik ini. Kamu akan dibuat betah singgah berlama-lama, karena paronama alam dikawasan pantai ini masih sangat tejaga alaminya. Intinya kunjungi dan nikmati keunikan demi kuinikan yang ada di kawasanya.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata diSulawesi Barat yang layak di kunjungi

21. Teluk Jailolo

Teluk jailolo yang bergelar Mutiara di Maluku Utara tersebut berada diantara Pulau Ternate dan Pulau Halmahera atau tepatnya di Halmahera Barat. Suatu tempat diving yang patut untuk anda kunjungi, kamu akan menemukan bermacam hewan laut seperti hiu, kura-kura, gurita ikan hias, kerapi, dan masih banyak llainnya yang belum sempat kami sebutkan.

Hampir saja lupa, kamu juga bisa melihat beragam jenis terumbu karang dan sejenis kerang-kerangan, ternyata sebagian dari mereka terdapat kerang langka. Selain keindahan bawah laut, keindahan daratannya tersaji pemandangan Gunung Gamalama yang terlihat cantik. Oh iya, setiap bulan Mei atau Juni, pemerintah Kabupaten Halmahera Barat selalu mengadakan Festival Jailolo yang di hadiri 100 penyelam lokal maupun luar negeri.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara YangTerbaik

22. Ternate Wonder Island

Inilah wahana hiburan yang sangat cocok digunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga tercinta. Ternate Wonder Islan didirikan di kawasan Kayu Merah, Kota Ternate, Maluku Utara yang menyajikan bermacam-macam permainan air yang sangat seru. Tempat wisata ini di bangun pada tahap 1 dan baru selesai pada tahun 2013.

Beberapa wahana permainan yang sudah jadi di antaranya; Kolam Arus, Kolam Anak / Kiddy ( lengkap dengan House, Ember Tumpah, dsb ), Kolam Landing / Penerima, WaterSlide ( Spiral Open Body, Race Slide ), Gazebo ( tempat istirahat ), dan fasilitas pendukung lainnnya seperti ruang bilas, Toilet, Mushola, Food Court, dan seterusnya.

Baca juga;  14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur YangSangat Fantastik

23. Goa Segea

Jaraknya kurang lebih 6 km dari Sagea, Kecamatan Weda, Kabupaten Halmahera Tengah. Lebar pintu masuk sekitar 20 meter persegi dengan kedalamannya mencapai 30 km. Di dalam goa dipenuhi oleh batu stalaktit yang berwarna sangat unik. Hingga kini upaya penelusuran yang dilakukan oleh warga setempat dan tim pecinta alam belum pernah sampai ke ujung goa.

Semakin kedalam goa  membutuhkan persediaan perbekalan yang cukup dan harus punya stamina yang kuat mengingat perjalanan yang cukup jauh. Dari sekitar pemandangannya saja sudah sangat indah, disekitarnya terdapat sebuah sungai yang sering dikunjungi warga dan menyebutnya sebagai Sungai Sagea.

Kebanyakan para wisatawan yang ingin berkunjung biasanya dimulai dari desa yang berada 3 km arah selatan ibukota yakni Kecamatan Pesisir Pantai dengan menggunakan alat transportasi berupa Long Boat. Disitu akan terlihat sebuah sungai, kemudian Long Boat diarahkan memasuki hulu sungai dan disinilah tempat perjalanan penelusuran goa dimulai.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan YangMenawan

24. Air Terjun Cibcebi

Ini dia satu-satunya air terjun yang ada di Provinsi Maluku Utara yang lokasinya di lembah Sungai Waci-Pately. Ketinggian Air Terjun Cibcebi sekitar 14 meter yang airnya langsung mengalir ke Sungai Waci, sungai ini bermuara di pantai yang letaknya di antara dua desa yakni desa Waci dan desa Pateley. Dari Desa Waci berjarak kurang lebih 8 km dengan menggunakan alat transportasi berupa perahu bermotor menyusuri sungai, sekiranya mebutuhkan 45 menit peralanan.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat YangIndah

25. Danau Laguna

Danau yang begitu mempesona eloknya ini terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kecamatan Kota Ternate Selatan, Maluku Utara. Danau Laguna juga sering di sebut Danau Ngade, yang disebabkan berada di Desa Ngade dan berjarak -+ 20 km dari Kota Ternate. Danau tersebut menawarkan keindahan alam yang masih alami dan mempesona bagi mereka yang berkunjung.

Kalian akan dimanjakan dengan bentangan paronama danau yang disekitarnya dikelilingi bukit nan hujau, laut biru serta gunung yang eksotis. Selain untuk wisata, Danau Laguna juga dimanfaatkan warga untuk budidaya ikan berjenis air tawar dan sebagai pengairan perkebunan. Dan tak ketinggalan sebgai obyek wisata pemancingan maupun berenang bagi kalian yang menginginkannya.\

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

26. Danau Tolire

Danau ini berada dikaki Gunung Gamalama, selain memunyai bentuk unik juga mempunyai legenda yang sangat menarik. Danau Tolire terdiri dari dua buah danau yang masyarakat biasa menyebutnya sebagai Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, dengan jarak keduanya hanya 200 meter saja. Danau Tolire Besar sendiri menyerupai Loyang raksasa.

Danau Tolire Besar merupakan tempat tinggal bagi bermacam ikan, anehnya warga setempat tak ada yang sudi menangkap ikan maupun mandi. Mereka meyakini bahwa Danau Tolire Besar dihuni oleh banyak buaya siluman. Uniknya lagi jika melempar sesuatu ke danau, bagaimanapun kuatnya lemparan tidak akan pernah bisa menyentuh air danau.

Barangkali pembaca tidak percaya dengan fakta tersebut, kamu boleh mencoba melempar batu yang bisa dibeli dari penjual di pinggir danau seharga Rp 1.00 untuk 5 biji. Sejauh dan selama ini sejarahnya tidak ada satupun orang yang mampu melemparkan batu hingga menyentuh permukaan air danau. Usut punya usut dari warga sekitar, terdapat banyak harta karun yang tersimpan di dasar Danau Tolire Besar.

Konon banyak harta karun ini milik masyarakat Kesutanan Ternate saat Portugis menjajah di abad ke-15 dan pada waktu itu banyak masyarakat yang membuang hartanya ke Danau agar tidak dirampas Portugis.

Baca juga;


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

3 komentar:

  1. wah memang ngangenin kalau ke maluku apalagi maluku utara

    Cobain travelling ke dataran tinggi dieng : Paket Wisata Dieng dan penawaran terbatas Paket Wisata Dieng

    BalasHapus
  2. tempat wisata yang wajib dicoba.. Maluku utara semoga kita bisa bertemu Makasih Infonya kak

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus