Jumat, 27 Mei 2016

15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

Provinsi Bangka Belitung ialah daerah kepulauan berpenghasilan tambang timah terbesar di Indonesia. Berjumlah 470 buah pulau dan 50 diantaranya yang berpenghuni. Nama pulau ini merupakan gabungan dari dua buah kepulauan yaitu kepulauan Bangka dan Belitung. Provinsi Bangka Belitung memiliki tempat wisata pantai dan pulau yang indah yang bisa membuat Kita sadar akan kebesaran Sang Maha Pengasih dan Penyayang.

Dari sekian banyaknya pantai dan pulau yang jarang di kunjungi, menjadikan tempat-tempat disini masih alami dengan menyajikan berjuta keindahan dan memberikan kesan bagi pengunjungnya. Pastinya travelers bertanya-tanya keindahan yang tersimpan beserta biaya dan lokasinya. Tidak usah bimbang Kalian akan mendapat informasi yang cukup akurat di artikel ini.

Mari Kita simak untuk mengenal dan memahami keindahan-keindahan tempat wisata yang tersaji di Provinsi Bangka Belitung. Siapa tahu ada rencana berlibur setelah membaca 15 tempat berlibur di Bangka Belitung. Ayo langsung saja Kita bahas satu-persatu dan semoga artikel ini bermanfaat.

1.  Pantai Pasir Padi
Pantai ini menghadap langsung ke Laut China Selatan, berparonama alam mempesona dengan karang bebatuan dan hamparan pasir putih sepanjang 2 km. Pantai Pasir Padi lebarnya -+ 300 meter sehingga lumayan luas di gunakan untuk berbagai macam kegiatan dan olahraga pantai. Dengan ombaknya yang tenang, setruktur pantai landai, dan kunsur pasirnya yang padat karena bercampur pasir timah dibawahnya.

Dengan setruktur pasir padat sehingga nyaman untuk berjalan kaki bahkan berkendara. Pantai Pasir Padi sering digunakan area Race Pantai / Motor Cross, Pameran, Kesenian dan berbagai Konser Musik. Pada hari libur jumlah pengunjung akan meningkat, karena pada hari itu tersaji berbagai hiburan yang akan menghibur Anda.

Lokasinya ada di Jl. Pantai Pasir Padi, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera. Sekitar 7 km dari Kota Pangkal Pinang, 3 km dari kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung. Tiket masuk seharga Rp 10.000 / orang, Rp 2.000 parkir motor, kemudian Ro 4.000 parkir mobil.


2.  Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat, Bangka, Bangka Belitung. Pantai ini memiliki paronama pantai lepas di atas tanjung dengan susunan batu besar nan elok. Tempat rekreasi ini sudah terlengkapi macam-macam fasilitas wisata dengan Hotel berbintang 4. Di Pantai Tanjung Pesona terdapat pepohonan yang terawat di sertai hembusan angin laut yang sejuk.

Adapula fasilitas Water Sport yang menyediakan pemainan Banana Boat, Jet sky, Fishing At Sea With Speedboat, dan Kano dengan harga yang cukup murah. Wahana Water Sport ini sangat istimewa karena keadaan pantai dan karangnya yang indah, bersih serta nyaman. Adapula fasilitas pelengkapnya seperti Hotel dan Penginapan, Rumah Makan, Area Billyar, Gedung Pertemuan, sampai Fun Bike pun tersedia.

Dikawasan pantai Tanjung Pesona cocok untuk memancing. Harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000 / 0rang.


3. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas luasnya 1 hektar, di tengah-tengahnya terdapat marcusuar yang tinggi dan kokoh. Pengunjung dapat melihat dan menikmati indahnya pantai di atas marcusuar yang sudah ada sejak tahun 1882. Satu-satunya transportasi untuk menuju ke Pulau Lengkuas adalah perahu dari Tanjung Kelayang.

Keindahan alam dan kuliner masakan khas Bangka Belitung telah menjadi daya tarik para pengunjung. Selain itu di pantai ini pengunjung dapat memanjakan mata dengan adanya hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut dan bebatuan besar di sepanjang bibir pantai. Di pantai Pulau lengkuas Travelers bisa melakukan Snokerling, Berenang, ataupun Memancing.

Bagi pengunjung yang belum puas menikmati segala pemandangannya, Kalian bisa berlama-lama disini dengan cara menyewa Hotel atau Penginapan. Harga tiket masuk yaitu Rp 5.000 / orang.


4. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang terletak di sebelah utara Pulau Belitung, disisi sebelah barat pantai terdapat batu granit dan disisi sebelah timur terdapat hamparan pasir putih yang luas. Keindahan pantai disertai adanya formasi batu granit yang unik adalah magnet bagi para wisatawan untuk memburu moment-moment special.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu liburan dengan berbagai kegiatan seperti Menyelam, Berjemur, Memancing, serta berbagai kegiatan seru lainnya. Ikon Pantai Ujung Kelayang adalah adanya batu kelayang yang berfungsi sebagai Maskot Sail Wakatobi, karena itulah pantai ini dinamai Pantai Kelayang. Pulau ini dikelilingi pulau-pulau kecil dan akan terlihat sempurnya eloknya ketika Sang Surya berada di barat / sunset.

Alamat; Kecamatan Sijuk, Belitung, Kepulauan Belitung, Indonesia. Harga tiket Rp 5.000.


5. Pantai Tikus
Pulau yang memiliki nama dari salah satu fauna yang sering menjadi pengganggu ini ternyata ada sejuta pesona dan keindahan. Banyak keindahan alam yang tersembunyi didalamnya, obyek wisata ini terletak di Desa Rebo, Kecamatan Kenanga, Sungailiat, Bangka. Nama lain dari Pantai Tikus adalah Pulau Vihara, Cinta, Akasia, dan masih banyak lagi.

Dikawasan dekat pantai, travelers akan menjumpai vihara atau kuil yang megah dimana bangunan ini menjadi pemikat para pengunjung. Pada bibir pantai dibangun tebing batu yang menambah obyek wisata tersebut semakin menarik. Biaya tiket masuk dan parkir di Pantai Tikus geratis.


6.  Gunung Menumbing
Gunung Menumbing dulunya adalah tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda  tahun 1945-1949. Bila Anda penasaran dan ingin mengetahui sejarah dari pahlawan ini, sangatlah tepat berkunjung ke Kota Muntik, Kabupaten Bangka Barat. Cara untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus lapor dahulu di pos 1. Bagi pengunjung yang membawa mobil, dikarenakan jalur jalannya sempit dan hannya bisa dilalui satu kendaraan.

Di puncak Gunung Manumbing terdapat bangunan tua peninggalan sejarah, biaya masuk sebesar Rp 2.500 / orang. Didalamnya wisatawan bisa melihat kendaraan Ir. Soekarno mobil tua ( mobil VW / Volks Wagon ), dulunya digunakan untuk berkeliling di daerah Mentok dan sekarang tinggal bodynya saja sedangkan mesinnya sudah hilang.
Selain mobil tua didalam bagunan ini juga terdapat 2 buah tempat tidur dengan dilengkasi macam-macam fasilitas. Wisma pengasingan tersebut di jaga dan di rawat oleh keluarga abdi dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari dulu memiliki tanggung jawab menjaga Bung Karno dan Bung Hatta.

Alamat Gunung Menumbing berada di  Desa Air Belo, Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung.


7.  Pantai Penyusuk
Pantai Penyusuk atau nama  lainnya Mutiara dari Bangka Utara, Anda dapat merasakan pesona dan suasana Pulau Bangka pada jaman dahulu. Karena di kawasan ini ada bangunan dengan berstruktur lawas milik PT Timah tbk. Selain itu ada pelabuhan yang Nampak tak berfungsi lagi bernama Pelabuhan Tnajung Gudang.

Sepanjang jalan menuju Pantai Penyusuk, Kalian dapat menikmati pemandangan luasnya laut biru. Seperti pantai-pantai lainnya, Pantai Penyusuk mempunyai hamparan pasir putih halus serta banyak tumpukan batu granit di bibir pantainya. Alamat Pantai penyusuk; Jl. Pantai Penyusuk, Bukit Kelok, Belinyu, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.


8.  Pulau Memperak
Wisata Pulau Memperak atau Surga yang hilang memiliki air laut berwarna biru kehijauan nan bersih dan keindahan alam bawah lautnya. Travelers sudah tahu belum ? didasar pantai ada hamparan terumbu karang bagai taman bunga bawah laut dan dikelilingi berbagai jenis ikan yang cantik.

Pulau ini serasa milik pribadi, karenanya masih sepi dan hanya dihuni oleh seorang penjaga yang tinggal disalah satu bangunan terletak ditengah. Maka sedari itu, siapkan perbekalan makanan dan minuman dari rumah jika tidak ingin kelaparan atau kehausan. Banyak pohon kelapa di sepanjang pantainya, Anda bisa minta bantuan untuk mengambil buah kelapa pada penjaga.

Biasanya pada musim kemarau banyak dijumpai penyu-penyu yang naik kedaratan untuk bertelur. Pantai Memperak menjadi salah satu tempat terbaik untuk ber-snokerling, karena airnya yang jernih sehingga jaak pandang lumayan jauh -+ 15 meter didalam laut. Tempat snokerling terbaik di pantia ini berada di bagian utara, barat, dan timur Pulau Memperak. Lokasinya berada di Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.


9.  Pantai Tenggiri

Sama seperti pantai pada umumnya, Pantai Tenggiri memiliki hamparan pasir berwarna putih dan bersih. Tetapi yang membedakan ialah air lautnya yang berwarna biru tosca. Kawasan ini merupakan kawasan hijau atau Parai Green Resort yakni merupakan bentuk penyelamatan lingkungan. Memang tak bisa dipungkiri di pantai-pantai di daerah Bangka Belitung terkenal akan batu granitnya.


Di Pantai tenggiri juga terdapat bebatuan granit berserakan disepanjang pantainya. Dilokasi pantai ini pengunjung bisa melakukan aktifitas Memancing, Snokerling ( menyelam menikmati keindahan bawah laut ), Jet Sky, Banana Boat, dll. Harga tiket masuk ke Pantai Tenggiri akan di kenakan biaya sebesar Rp 50.00 / orang.

Alamat; Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera.


10.  Pantai Penyak


Pantai penyak panjangnya -+3 km terlletak di Kecamatan Koba tepi jalan Pangkal Pinang-Koba. Pantai ini pernah dijadikan tempat pemantauan gerhana matahari pada tahun 1986 oleh pengamat gerhana dari dalam maupun luar negeri. Oleh sebab keberadaan pantainya dekat dengan jalan raya, tak heran jika pantai ini ramai.

Di kawasan pantai juga ad rumah makan yang dibangun di bibir pantia bahkan ada yang diatas air laut. Amat sangat disayangkan kalau tidak mampir beristirahat, karena di rumah makan ini menyediakan menu andalannya yakni lempah kuning ikan baung dan minumnya air kelapa muda. Rumah makan didaerah ini biasanya mempersilahkan pengunjung untuk mengambil makanan yang diinginkan.

Pantai Penyak berada di Desa Penyak, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah.


11.  Pantai Tanjung Tinggi
Paronama pantai ini berbentuk seperti lekukan busur panah berdiaeter -+100 meter, dengan batu-batu granit yang ada didua sisi pantai dan berpasir putih. Suatu keistimewaan Pantai Tanjung Tinggi adalah adanya batu granit yang beranekaragam ukurannya, dari yang kecil hingga berukuran ratusan meter kubik.

Pada waktu matahari terbenam ( sunset ), Pantai Tanjung Tinggi akan menunjukkan pesona keindahannya yang luar biasa. Pantai ini pernah di jadikan tempat shuting film “ Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi “, maka banyak orang-orang yang menyebut Pantai Tanjung Tinggi dengan sebutan Pantai Laskar Pelangi.


Semakin kearah tengah laut dengan perairan lebih dalam, Anda mulai menjumpai karang massasif kemudian baru melihat terumbu karang lainnya. Keadaan kedalaman air di Pantai Tanjung Tinggi Kita akan disambut ribuan ikan yang berkelompok membentuk formasi yang antistik. Dengan keindahan yang mempunyai khas tersendiri, membuat Pantai Tanjung Tinggi di kenal wisatawan luar daerah maupun luar negeri.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di sebelah utara Pulau Belitung, berjarak 37 km dari pusat Kota Tanjung Pandan, tiket masuk seharga RP 2.000 / orang.


12. Pantai Matras
Pantai Matras memiliki nama lain lain yakni Pantai Surga. Tidak cuma itu, Pantai Matras juga sering disebut Pantai Rakyat, ksrena lokasinya yang mudah dijangkau dan biaya berkunjung relative murah. Paronama alam di Pantai Matras sangat menawan, terdapat hamparan pasir putih yang menyatu dengan bebatuan dengan berlatar belakang pepohonan kelapa, laut yang bersih, serta sungai yang eksotik.

Pantai Matras juga mempunyai keunggulan lainnya yakni lokasinya yang nyaman dan senyap jauh dari keramaian, sehingga sangatlah cocok untuk berlibur dan menenangkan diri. Hampir semua fasilitas ada disini, dekat pantai ada tempat peristirahatan berupa Bungaloco tempat untuk bersantai dan menikmati pemandangan pantai.

Alamat; Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, terletak disebelah laut Pulau Bangka dengan tarif masukknya sebesar Rp 5.000 / orang.


13. Danau Kaloin
Danau Kaloin terbentuk sebab dari pertambangan kaolin yang sudah berhenti beroperasi dan alam membentuk keindahannya. Kaloin yaitu suatu mineral yang menjadi bahan industri kertas, pasta gigi, kosmetik, karena memiliki daya hantar panas yang rendah. Warna Danau Kaloin ini berwarna biru menyala diimbangi timbunan-timbunan galian seperti bukit.

Didanau ini sangatlah cocok bagi yang hobi potho-potho, karena banyaknya obyek-obyek shoot . Berlatar belakang air biru dan dinding berwarna putih menjadi buruan tempat prewed bagi pasangan muda yang akan menjalani pernikahan. Mandi di Danau Kaloin di percaya bisa menjadikan kulit halus dan lembut.

Lokasi; Desa Air Raya Tanjung Pandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung.


14. Pantai Tanjung Kalian

Pantai Tanjung Kalian merupakan kawasan wisata Pulau Bangka, pantai ini berlokasi -+9 km dari Kota Mentok. Didekat pantai ada tower atau marcusuar yang di bangun oleh orang belanda pada tahun 1862. Tower ini mempunyai sebanyak 117 tangga batu berbentuk melingkar dan didalamnya terdapat perangkat lampu sehingga membuat ruangan sempit.

Lampu temak ini masih asli dan mampu menyoroti sejauh 40 mil berkekuatan 1000 watt, semua itu membutuhkan 20 liter solar dan mampu menyala selama 12 jam. Dari dalam tower pengunjung bisa melihat pohon-pohom kelapa beserta keindahan sekitar pantai. Dipantainya Travelers akan menemui 3 buah bangkai kapal sisa perang Dunia ke II.

Selain menikmati pemandangan para wisatawan bisa melakukan aaktifitas lainnya. Sudah dari dulu Pantai Tanjung Kalian menjadi tempat wisata yang murah, setiap sore pantai yang memiliki pasir putih ini selalu ramai di kunjungi penikmat keindahannya. Tidak jauh dari tower terdpat pula monument peringatan Pahlawan  Bangka pada tahun 1942-1945.

Pantai Tanjung Kalian berada di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka. Tiket masuk berbandrol Rp 5.000 / orang.



15.  Pantai Romodong
Pantai yang satu ini sangat indah, namun kawasan Pantai Romodong sudah tak terawat lagi. Pantai ini sangat asik untuk bersantai, rekreasi, menikmati paronama serta memancing. Sebab, hamparan pasir putih dibibir pantai landai dan nyaris tak memiliki ombak sangatlah pas di gunakan untuk bermain-main di areanya.
Gerbang masuk ke Pantai Romodong lumayan mengagumkan yaitu batu besar yang terbelah. Selain itu sebelum melewati gerbang masuk adapula batu besar yang bentuknya mirip seekor katak, orang-orang menyebutnya batu kodok. Dulu ada Villa dan Restoran di pantai ini, entah kenapa Villa dan Restoran sudah tidak di jalankan kini tinggal puing-puing bangunannnya saja.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

4 komentar: