Selasa, 28 Juni 2016

Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

Provinsi Sulawesi Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia yang daerahnya dikenal dengan penghasil kakao. Usut punya usut dikawasan ini meyimpan pesona alam sekaligus memiliki banyak sekali flora dan fauna didalamnya. Oleh sebab itulah berbagai potensi wisata yang berkembang dan diperkenalkan sebagai destinasi wisata Sulawesi Barat yang menarik untuk di kunjungi.

Potensi obyek wisata di Sulawesi Barat yang paling besar yakni potensi wisata alamnya yang sangat eksotik, terutama yang paling menonjol pantai-pantainya yang berpasir putih dengan ombak yang bersahabat sehingga membuat pengunjung betah berlama-lama disana.

Berikut obyek wisata di Provinsi Sulawesi Barat yang bisa Anda kunjungi;

1. Pantai Manakarra

Pantai Manakarra terletak di Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini menyajikan pemandangan pantai yang berkilau dan hilir mudik perahu para nelayan. Selain itu di Pantai Manakarra adalah tempat berkumpulnya muda mudi yang ramai pada pukul 16:00-00:00 waktu setempat. Pantai ini juga berfungsi sebagai sentra perhubungan ( Pelabuhan Batu ) di Kota Mamuju.

Biasanya pantai ini mereka manfaatkan untuk tempat melepas lelah dengan cara menikmati indahnya pantai.  Adapun Event tahunan yang sering diselenggaakan di Pantai Manakarra biasanya dilakukan pada hari ulang tahun Kota Mamuju dan hari kemerdekaan RI. Sebagai contoh pada tahun 2007 pernah di selenggarakan pesta bakar ikan 8 ton di atas bara api sepanjang 4.300 meter.

Pada malam tiba Pantai Manakarra akan di hiasi oleh lampu berwarna merah dari kapal feri yang akan berlabuh maupun berangkat. Di sepanjang pesisir akan mudah dijumpai beragam kios yang menjual berbagai dagangannya, jadi segala yang Kalian butuhkan cukup mudah didapat. Tepatnya pada bulan Agustus dan September ialah masa panen buah durian dan jeruk khas Kota Mamuju yang bisa dibawa untuk oleh-oleh.

Akses menuju Pantai Manakarra bisa menggunakan via angkutan umum ataupun kendaraan pribadi. Perjalanan bisa di mulai dari Bandara Tampa Padang menuju kelokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2. Pantai Palippis

Pantai Palippis berada dii Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Paronama yang di berikan pantai ini sangat indah dengan pemandangan laut lepas sebagai ikonnya. Dikawasan pantai dapat dilihat Gua Kelelawar dan hamparan tebing batu karang. Keberadaan Goa Kelelawar berada di atas bukit yang tidak jauh dari bibir pantai.

Nah, batu karang ini memiliki ketinggian mencapai 30-80 meter, yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung yaitu bisa di jadikan media panjat tebing yang seru. Batu tebing bernama Lawung ini berbentuk curam yang menghadap ke laut lepas sehingga menyerupai Ngarai. Pantai Palippis membentang sejauh 3 km di sebelah barat Pulau Sulawesi, Indonesia.

Rute perjalanan bisa di awali dari Bandara Tampa Padang menuju ke Polewali dengan kendaraan umum maupun pribadi. Setelah sanpai di Polewali, perjalanan bisa di lanjutkan dengan menggunakan angkuta ke pantai dalam waktu -+30 menit.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

3.  Pantai Dato

Pantai Dato merupakan obyek wisata pantai tropis di kawasan Sulawesi Barat dan menjadi tempat wisata andalan di Dusun Pangale, Kelurahan Baurung, Kecamatan Banggae Timur, Kabupaten Majene. Pantai yang satu ini memiliki keunikan dan keistimeaan yakni paronama pantai tropis yang sangat indah dan pantai ini juga masih tergolong alami serta terjaga dengan baik.

Pantai Dato merupakan tempat wisata keluarga yang ramai dikunjungi di saat akhir pekan maupun hari libur. Pantai Dato terbagi dari 2 bagian yaitu mempunyai pantai yang beralaskan karang dan pantai berpasir putih. Di lokasi pantai yang beralaskan karang ini terdapat batu karang raksasa yang terhubung dengan tangga dimana jalan untuk naik ke atas dan bisa menikmati pemandangan yang menajubkan.

Puncak karang raksasa ini berketinggian 20 meter,dari puncaknya melihat kebawah sampai menembus permukaan air laut yang sangat jernih beserta ikan-ikan kecil yang bermain asik di dalamnya. Menikmati sunset di puncak karang adalah suatu moment yang sayang untuk di lewatkan, karena di tempat inilah keindahan sang surya tenggelam akan tampak jelas.

Untuk berkunjung ke pantai ini bisa di tempuh dengan kendaraan pribadi, -+15 menit dari Kota Majene. Kondisi jalan sudah mulus, melewati hutan kecil serta rumah dan kebun penduduk tak luput dari itu Kita akan melihat indahnya bunga berwarna-warni di sepanjang perjalanan. Sesampainnya ditempat parkian, utuk menuju pantai harus menuruni tebing setinggi 30 meter melalui anak tangga yang sudah diseiakan.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

4. Pantai Lombang-Lombang

Letak Pantai Lombang-Lombang berada di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, berjarak 30 km dari Kota Mamuju. Di kawasan pantai para wisatawan bisa leluasa bermain di hamparan pasir hitam nan halus yang panjangnya 5 km dengan lebarnya sekitar 50 km. Ombak di pantai ini lumayan kecil sehingga cocok di gunakan sebagai aktivitas olahraga air.

Obyek wisata ini cukup digemari oleh masyarakat setempat, saat di lokasi pantai selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal yang didukung kebersihan pantai masih terjaga dan alami. Jika beruntung biasanya pada saat weekend ataupun hari liburan pengelola pantai mengadakan event-event pertunjukan music maupun pentas seni dengan geratis.

Dilokasi pantai ada jasa penyewaan pelampung dengan harga sewa Rp 5.000 / buah, dan juga terdapat jasa penyewaan balai darai bambu sebagai tempat beristirahat dan menaruh barang- barang bawaan seharga Rp 25.000 / balai. Berbagai souvenir juga tersedia , untuk oleh-olehnya bisa membeli jeruk manis yang merupakan buah khas Kota Mamuju.

Menuju lokasi bisa dari Bandara Mamuju, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum dengan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Pantai Mampie

Obyek wisata Pantai Mampie berlokasi di Dusun Mampie, Desa Galeso, Kecamata Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, yakni merupakan pantai yang bersih sejuk dengan pemandangan yang indah. Didalam lokasi pantai terdapat fasilitas puluhan gazebo di antara pohon kelapa yang rindang untuk dijadikan tempat istirahat, dan dapat Anda pakai setelah menyewanya dari pihak pengelola.

Dipantai ini juga menyediakan berbagai fasilitas wisata seperti banana boat, wahana bebek dan perahu dengan cara menyewanya dapat menikmatinya. Untuk masuk kedalam obyek wisata ini diharuskan membayar reribusi sebesar Rp 3.000 / orang, yang diserahkan kepada pengelola pantai dalam sekali kunjungan.

Tingkat kunjungan di Pantai Mampie mencapai puncaknya saat hari libur, akhir pekan dan setelah perayaan hari Raya Idul Firi. Pengunjung akan ramai pada moment-moment tersebut hanya untuk berwisata menikmati suasana pantai dan berbagai fasilitas yang disediakan. Pantai Mampie membujur sepanjang 3 km dan tepat meghadap selat Makassar.

Obyek wisata ini dapat di akses sekitar 9 km dari jalan raya Trans Sulawesi, melalui Tumpiling di tempuh selama 20 menit dengan menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat. Selama perjalanan Anda akan di suguhi pemandangan tambak dan persawahan penduduk yang indah.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

6. Pantai Labuang

Pantai Labuang yaitu salah satu obyek wisata alam kepulauan Selayar yang berada di Desa Bogaiya, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Selayar, Sulawesi Barat. Tempat obyek wisata pantai Labuang berjarak sekitar 35 km dari Kota Benteng, pantai yang memiliki pesona batu karang degan ukuran besar dan memiliki pasir putih yang eksotik.

Batu karang berukuran besar ini memanjang dari barat ke timur dengan berbagai bentuk dan terlihat alami. Batu karang ini adalah hasil bentukan alam yang terjadi selama ratusan tahun sehingga menjadikan susunan batu yang abstrak. Ada beberapa batuan yang membuat cekungan yang cukup dalam, satu-satunya cara untuk menyusuriya pengunjung harus rela basah.

Fenomea senja di Pantai Labuang sangat indah karenanya di pantai ini sangat tepat untuk memburu sunset. Keindahan sunset dipadu dengan batuan dan tebing karang membuat ikon tersebut sangat menarik untuk diabadikan. Sensasi pemotretan senja kuning hingga orange yang turun dapat Anda temukan dan sangat mudah dijumpai.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

7. Pantai Gonda

Pantai Gonda merupakan surganya pecinta wisata air, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan dipantai ini misalnya snokerling, menyusuri hutan bakau, dan melihat terumbu karng yang cantik bertemu dengan ikan kecil beragam warna  serta ubur-ubur. Keberadaan Pantai Goda ada di Dusun Gonda, Desa Laliko, Kecamatan Campalagian.

Kegiatan yang paling seru di Pantai Gonda ini adalah snkerling, yang merupakan suatu keunggulannya adalah wisatawan bisa melihat indahnya terumbu karang dari dekat tampa harus menyelam jauh ke dasar laut. Bila pengunjung masih dalam tahap pemula dan ingin belajar berenang maka kawasan pantai ini bisa jadi tempat yang paling bagus.

Untuk alat snokerling seperti masker dan snoker, pihak pengelola pantai sudah menyediakan jasa penyewaan. Berbagi via perahu sewaan yang akan mengantar Kalian ke titik snokerling dengan terumbu karang yang lebih beragam dan lebih cantik bertarif Rp 50.000. Di Pantai Gonda mempunyai beberapa kawasan snokerling dengan daerah yang padat akan terumbu karang, tentu dengan keanekaragaman ekosistem hewan laut yang memukau.

Di dalam kedalaman 2-3 meter sudah ditemui jenis terumbu karang yang bervariasi mulai dari karang berbentuk meja, ranting pohon, hingga ada karang yang berbentuk menyerupai otak. Untuk menuju ke lokasi Pantai Gonda cukuplah mudah, ketika masuk di Desa Laliko dapat ditemukan tanda masuk ke kawasan Pantai Gonda.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

8. Pulau Karampuang

Pulau Karampuan ini memiliki luas 6 km persegi dengan keindahan bawah laut berupa terumbu karang dan biota laut yang menajubkan. Selain itu di daerah pulau terdapat sebuah dermaga kayu sepanjang 500 meter yang di bangun dari garis pantai yang menjorok ke laut. Adapun sumur 3 rasa yang dikenal denga nama Sumur Jodoh, sumur ini berada di bagian selatan Pulau Karampuang.

Selain semua yang sudah tersebut di atas Pulau Karampuang juga memiliki goa benama Goa Lidah. Jika hendak menyusuri Goa Lidah sudah tersedia tangga untuk bisa masuk kedalamnya. Goa ini terlihat kecil, karena memiliki mulut goa yang berukuran kecil. Tetapi ketika di dalam goa terdapat ruangan ynag cukup luas dengan dindingnya yang terlihat kokoh.

Tempat wisata Pulau Karampuang berada di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pulau ini tepat berada di tengah-tengah teluk Mamuju berjarak 3 km dari pusat Kota. Akses menuju ke lokasi bisa dimulai dari dermaga Kota Mamuju menggunakan jasa perahu motor ( kelotok ) dengan waktu -+ 20 menit dan ongkosnya sebesar Rp 20.000 / orang.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

9. Pulau Gusung Toraja

Pulau Gusug Toraja atau populernya dengan nama Pulau Pair Putih ini terletak di antara jejeran beberapa pulau di kawasan Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman. Pulau Gusung Toraja mempunyai keindahan dan pesona alam yang menarik untuk di kunjungi berupa pasir putih, terumbu karang, dan pemandangan sunsetnya yang memukau yang didukung fasilitasnya yang cukup lengkap.

Pantai tersebut memiliki struktur pasir putih yang bersih dan indah yang merupakan terbaik dikawasannya. Dari terumbu karang ada beberapa titik yang dapat dikunjungi dengan pesonanya yang bisa di bilang indah. Di Pulau Karampuang pegunjung juga bisa melihat pemandangan matahari terbit maupun matahari terbenam adalah moment terbaik yang layak untuk dinantikan.

Sudah ada sebuah bagunan dan beberapa gazebo yang dibangun oleh pemerintah setempat, hanya saja untuk menggunakannya harus ijin dengan orang yang sersangkutan. Untuk menikmati pesona indahnya Pulau Gusung Toraja pengunjung harus mepersiapkan dengan matang, di karenakan pulau ini tidak berpenghuni.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

10. Air Terjun Limbong Komandang

Air Terjun Limbong Komandang adalah obyek wisata alam yang seksi nan eksotik yang keberadaanya sekitar 35 km dari Kota Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Di kawasan air terjun ini juga didukung dengan agrowisata yang berisi aneka buah segar dan menjadi suatu daya tarik wisatawan. Air Terjun Limbong Komandang berbentuk menyusun dan meliuk-liuk di tengah pegunungan yang asri dan alami.

Air Terjun Limbong Komandang terletak di desa Kurra, Kecamatan Tapango, Kabuoaten Polewali Madar. Suasana segar, alami, dan paronama yang asri bisa di temui di Air Terjun Limbong Komandang ini. Hempasan air di bagian dasar air terjun cukup deras yang merupakan tempat seru bagi mereka yang mencari sensasi mandi dengan sedikit teriakan-teriakan pelepas setres.

Pesona alam sepanjang perjalanan hingga lokasi cukup menajubkan, untuk menuju lokasi bisa melalui rute dari Kota Kabupaten Polman kea rah Kecamatan Wonomulyo berlanjut belok ke kanan ( jalur ke Kecamatan Taoango ). Titik beloknya adalah tepat di sebelah tugu ayam sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Wonomulyo, dari tempat ini perjalanan di lanjutkan melewati Desa Riso, Desa Kalimbua, hingga sampai ke Desa Kurra.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

11. Air Terjun Tamasapi

Air Terjun Tamasapi berketinggian 75 meter yang airnya berasal dari sungai Tamasapi. Tempat rekreasi ini berada di Dusun Tamasapi, Desa Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kota Mamuju, Sulawesi Barat. Tempat ini menawarkan suasana alam yang masih asri dengan pesona yang mengagumkan dan memiliki air yang sejuk sehingga menggoda untuk segera menikmatinya.

Air terjun ini cukup deras disertai angin kencang yang bisa membuat wisatawan benar-benar terpesona. Lokasinya berdekatan dengan pemukiman penduduk, sehinggga pada saat musim Durian Anda dapat menikmati Durian yang harum dan manis dari petani dengan harga yang murah. Keindahan alam yang disajikan Air Terjun Tamasapi ini akan sulit di lupakan bagi yang sudah pernah mengujunginya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

1 komentar: