Sabtu, 16 Juli 2016

22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

Keberadaan Provinsi Sulawesi Utara terletak di bagian paling ujung Pulau Sulawesi dengan Kota Manado sebagai Ibukotanya. Di sebelah selatan provinsi ini berbatasan dengan Provinsi Gorontalo yang merupakan hasil dari pemekaran wilayah provinsi tersebut.

Sebelum Kita membahas apa saja tempat wisata di Sulawesi Utara yang patut di kunjungi, alangkah baiknya jika mengetahui seluk beluk tempat-tempat wisata yang ada di daerah itu.

Berikut rangkuman beberapa tempat wisata di Provinsi Sulawesi Utara yang tak kalah indahnya dengan tempat wisata di Indonesia yang sudah popular;

1. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua terletak tidak jauh dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Perairan di kawasan pulau ini merupakan perairan yang bebas dari limbah sampah dan berbagai polusi sehingga memiliki paronama bawah laut yang spektakuler indahnya. Factor pendukung lainnya adalah adanya pelindungan dari berbagai jenis kegiatan penangkapan ikan dan terumbu karang baik dengan cara memancing maupun menggunakan peledak.

Terumbu karang di kawasan ini menjadi tempat berlindung ikan-ikan kecil dan beragam jenis biota laut untuk berlindung dari predator. Pulau Manado Tua memiliki iklim tropis sehingga memiliki hutan lindung yang di dalamnya terdapat bermacam satwa endemic khas Sumatera.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

2. Pulau Siladen

Hamparan pantai berpasir putih terasa sangat dominan di Pulau Siladen ini. Di tempat wisata tersebut sangat cocok bagi Mereka yang berkehendak mengasingkan diri sejenak dari kepenatan aktifitas sehari-hari. Kawasan disni tidak hanya tempat diving yang bagus tetapi juga merupakan tempat snokerling yang nyaman bagi yang belum berpengalaman sekalipun.

Kegiatan liburan yang dapat di lakukan di antaranya menikmati keindahan taman laut dengan perahu kaca, diving, renang,  snokerling, ataupun foto bawah laut. Suatu pengalaman yang sangat berkesan bagi pengunjung dengan melihat pemandangan terumbu karang yang dapat menghinoptis mata. Untuk menuju ke Pulau Silaen bisa menggunakan via perahu transportasi umum maupun menggunakan perahu speed boat.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

3. Pantai Malalayang

Pantai ini merupakan tempat wisata favorit warga Manado karena satu-satunya tempat wisata rakyat yang murah meriah. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Manado sekitar 5 km dan akses dekat serta mudah di jangkau. Selain murah pemandangan bawah lautnya juga indah, bahkan terdapat jenis ikan perairan khas Sulawesi yang sebagian sudah langka.

Banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di kawaan ini seperti halnya diving menikmati alam bawah lautnya, duduk santai menikmati suasana, dan juga menikmati keelokan sanset tiba. Di dekat pantai terdapat deretan warung makan dengan salah satu menunya pisang goreng khas yang di santap bersama sambal dabu-dabu yang super enak rasanya.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

4. Pantai Lihaga

Di Pantai Lihaga juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya yang menawan. Paronama bawah laut dikawasan Pantai Lihaga tidak mau kalah cantiknya dengan Taman Laut Bunaken yang sudah mashur. Meskipun di sekitar daerah pantai tidak berpenghuni sudah ada fasilitas toilet dan ruang ganti tidak ketinggalan adapula tempat inap gratis.

Dan perlu di perhatikan jika hendak berlibur di pantai ini jangan sampai lupa membawa perbekalan makanan dan minuman karena di lokasi tidak adanya warung. Tak ada yang memungkiri keindahan alam yang begitu mengagumkan, Pantai Lihaga menjadi salah satu tempat favorit para fotografer. Jangan heran jika melihat para pemburu gambar berkeliaran di pantai yang tak berpenghuni ini.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

5. Kawasan Boulevard

Kawasan Boulevard adalah tempat wisata pantai dan kuliner, dulunya daerah ini pusat pedagang kaki lima dan café jalanan yang menyediakan hidangan khas Manado. Semakin lama kawasan tersebut semakin ramai dan bisa memuaskan pengunjung yang datang. Kini kawasan Boulevard menjadi pusat pembelajaan seperti Manado Town Square, Bahu Mall, Mega Mall, dan Boulevard Mall.

Disini wisatawan dapat menikmati suasana pantai dan mencicipi makanan khas Manado. Ketika cuaca lagi mendukung, Kalian akan bisa melihat Pulau Manado Tua dan Pulau Bunaken. Selain itu pemandangan matahari terbenam berwarna keemasaan merupakan moment yang bayak di tunggu oleh wisatawan.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

6. Taman Laut Tumbak

Tempat wisata ini akan memberikan kebahagiaan dan kesan  bagi pecinta alam bawah laut. Sebab Taman Laut Tumbak memiliki air laut yang sangat jernih dan bersih hingga dari pinggir pantaipun sudah bisa menikmati keindahan yang ada di bawah lautnya. Taman Laut Tumbak berlokasi di Pulau Tumbak, Desa Tumbak, Kecamatan Posumaen, Kabupaten Minahasa Tengga, Sulawesi Utara.

Pulau Tumbak merupakan suatu pulau yang tak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 1 ha. Di kawasannya terdapat 20 spot snokerling dan diving yang sangat mengagumkan indahnya. Agar bisa sampai ke tempat ini bisa di mulai di Desa Tumbak, setelah itu naik perahu sewa menuju ke Pulau Tumbak dengan waktu tempuh kurang lebihnya selama 15 menit perjalanan.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

7.  Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken merupakan perwakilan ekosistem laut Indonesia yang mencakup padang rumput laut, ekosistem pantai dan terumbu karang. Di taman laut ini mempunyai ekosistem terumbu karang yang sangat kaya, di kawasannya terdapat kurang lebihnya 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, mamalia laut, reptile, burung, molusa dan mangrove.

Taman laut ini memiliki 20 titik penyelaman dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam tersebut, 12 titik selam diantaranya merupakan titik penyelaman yang sering dikunjungi para pecinta pemandangan bawah laut. Sebagian besar spot diving di tempat ini menbentang dari tenggara hingga bagian barat taman laut tersebut.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

8. Arung Jeram Sawangan

Tempat arung jeram yang satu ini menawarkan arus yang cukup menantang untuk memacu adrenaline dan jiwa petualang. Keberadaan wisata Arung Jeram Sawangan di Desa Sawangan , Kecamatan Air Madidi, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Titik awal arung Jeram Sawangan bertempat di resort kecil Desa Sawangan, jarak arung jeram disini kurang lebih 9 km dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Bagi Anda yang ingin berwisata di arung jeram ini tidak perlu repot membawa bekal makanan dan peralatan rafting dari rumah. Karena pihak wisata sudah menyediakan fasilitas makan siang dalam setiap paket rafting. Tiket masuk pengunjung di haruskan membayar sebesar Rp 2.500 / orang.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

9. Arung Jeram Sungai Nimaga

Tempat wisata ini berada di Desa Timbukar, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Di kawasannya terdapat banyak jeram yang akan di lewati, beberapa yang terpopuler adalah Golden Gate ( jeram besar pertama yang ditandai dengan tebing tinggi ), diteruskan jeram Goog Bye yang meruakan jeram yang sangat menantang dengan ketinggiannya 4 meter dan memiliki kesulitan yang lebih.

Perjalanan menuju start arung jeram para travelers akan melihat indahnya Air Terjun Timbukar setinggi 90 meter. Untuk menaklukkan Sungai Nimaga yang mempunyai tingkat kesulitan grade III, para rafting akan mengarungi jalurnya sepanjang 12 km dengan waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

10. Air Terjun Kima Atas

Air terjun Kima Atas juga menjadi salah satu tempat wisata andalan Kota Manado yang letaknya di Kecamatan Mapanget. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dengan aliran airnya tidak terlalu deras melewati bebatuan yang bertingkat sehingga pengunjung bisa leluasa bermain ataupun berenang. Lokasinya pun jauh dari keramaian kota, sangatlah cocok bagi Anda untuk mendapatkan ketenangan.

Tidak bisa dipungkiri akan keindahannya dan berdudukung daerah di sekitar yang masih terjaga kealamiannya membuat tempat ini menjadi tempat favorit berfoto. Untuk soal makan di dekat lokasi wisata terdapat banyak warung berdet menjual berbagai aneka makanan yang tentunya harga dan rasa cukup memuaskan.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

11. Air Terjun Ratahan Telu

Air terjun ini mempunyai nama Ratahan Telu karena sesuai dengan fisiknya terdapat 3 tahapan air terjun. Kondisi airnya sangat jernih dengan derasnya air yang mengucur sampai-sampai berwarna putih pekat. Jika ingin menuju ke lokasi Air Terjun Ratahan Telu bisa di jumpai di Desa Kali, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Wisata ini berjarak kurang lebih 10 km dari Kota Manado ke arah Tomohon atau 20-25 menit waktu perjalanan.  Akses jalan yang dilalui cukup bagus sehingga para wisatawan bisa menggunakan berbagai kendaraan seperti kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

12. Danau Tondano

Letak Danau Tondano berada di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Tomohon dan Kabupaten Kawangkoa dan lebih tepatnyadi desa Remboken. Letaknya berada di ketinggian 600 meter dpl dan luasya -+ 4.280 hektar yang merupakan danau terluas di Provinsi Sulawesi Utara. Di kawasannya keadaan alamnya masih sangat alami dan asri yang tak mau kalah dengan danau besar lainnya di Indonesia.

Para wisatawan bisa menikmati keindahannya dengan berkeliling menggunakan via penyewaan perahu yang mudah di dapatkan di pinggir danau. Salah satu keunggulan danau ini ialah adanya ikan khas ( Marbeel Goby / Ikan Betutu ) yang hanya bisa di temui di Danau Tondano. Selain menikmati keindahannya, para wisatawan juga bisa mencicipi hidangan berbahan ikan nike yang merupakan hasil tangkapan nelayan penduduk setempat di warung atau restoran.

Di dekat danau terdapat hotel ataupun penginapan yang bisa digunakan tempat inap bagi wisatawan yang berkehendak. Tiket masuk di bandrol seharga Rp 4.000 / orang.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Aceh Yang Memukau

13. Ratatotok

Ratatotok adalah nama dari salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Tenggara yang mempunyai potensi wisata bahari bah surga. Pemandangan alam mempesona yang konon bekas penambangan emas milik Newmont kini menjadi tempat yang dapat memanjakan mata. Di kawasan Kecamatan Ratatotok merupakan salah satu tempat pemotretan terbaik buruan pecinta pemotretan.

Wisata bahari di Kecamatan Ratatotok yang tak bisa dipungkiri keindahannya adalah Pantai Lakban. Pantai ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berbondong-bondong berdatangan untuk menikmati taman bawah lautnya. Selain wisata bahari masih banyak tempat-tempat wisata di kawasan Kecamatan Ratatotok yang indah dan wajib di kunjungi.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

14. Gunung Duasudara

Gunung Duasudara menawarkan keindahan alam, terbukti banyaknya pendaki yang menjelajahi kedua puncak kembar nan cantik ini. Gunung Duasudara merupakan gunung non aktif di sebeleh timur Gunung Klabat, tepatnya berada di Desa Madidir Unet, Kecamatan Madidir, berjarak sekitar 12 km dari pusat Kota Bitung.

Dua puncaknya memberikan sensasi lanskap yang khas bagi siapapun yang menaikinya. Keindahan kedua puncak ini terlihat jelas ari pesisir Selat Lebeh, lereng Gunung Duasudara di tumbuhi subur pohon enau yang dulunya sengaja di tanam oleh Pemerintah setempat.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

15. Gunung Tumpa

Dengan ketinggiannya sekitar 500 meter dpl dan bentuknya seperti kerucut Guntng Tumpa memberikan pengalaman terbaru bagi pendaki kerenanya nyaris tidak ada bonus istirahat sampai kepuncaknya. Bagi para penghobi sunset Gunung Tumpa merupakan tempat yang bagus berlatar belakangkan Pulau Bunaken dan Manado Tua.

Paronama di malam hari akan semakin memukau dengan pemandangan Kota Manado lebihnya pada malam tahun baru keindahan eksotik akan terasa ketika semaraknya kembang api menghiasi di setiap sudut Kota Manado.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

16. Bukit Kasih

Di kawasan Bukit Kasih menawarkan udara segar serta menjadi symbol cinta kasih perdamaian antar umat agama. Puncak bukit ini terdapat tempat ibadah lima agama yang saling berdekatan dan hidup denngan damai. Ktinggian bukit ini mencapai 22 meter dan di area masuknya ada monument Tugu Toleransi berbentuk segi lima di setiap sisinya berukirkan cuplikan ayat kitab suci dari masing-masing agama.

Keberadaan bukit ini di sekitar sumber air panas belerang, suatu kuliner yang unik bisa ditemui yaitu kacang, pisang, jangung, ubi-ubian yang kesemuanya di rebus menggunakan kawah yang berada di sekitar bukit. Untuk menuju ke puncak bukit harus melewati sekurang lebihnya 2.000 anak tangga. Lokasi Bukit Kasih ini di wilayah Desa Kanonangan, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

17. Taman Wisata Tandurusa

Taman Wisata Tandurusa merupakan tempat wisata kebun binatang yang memiliki hewan khasnya Pulau Sulawesi. Dari banyaknya hewan khas disini Tarsius adalah ikon utamanya, tarius ialah hewan sejenis kera dengan ukuran sangat mini ( panjangnya 10-15 cm dan berat 80 gram ). Hewan bernama Tarius ini mampu memikat para peneliti dan wisatawan dari berbagai Negara.

Uniknya hewan ini merupakan hewan yang setia dengan pasangannya dan mampu hidup sendiri serta tidak kawin lagi ketika pasangannya mati. Taman Wisata Tandurusa sangat favorit bagi anak-anak untuk belajar mengenal hewan, lokasinya tidak terlalu luas dengan desain jarak antara kandang tertata rapi dan mudah di jangkau.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

18. Museum Negeri Sulawesi Utara

Museum ini adalah tepat informasi tentang sejarah alam, budaya dan manusia di Sulawesi Utara.pada tahun 2011 tempat wisata ini terpilih mendapatkan program revitalisasi museum dari pemerintah pusat. Museum Negeri Sulawesi utara terletak di jl. Wr Supratman No. 72, dengan letaknya yang cukup setrategis para pengunjung dapat mengaksesnya dengan mudah.

Dikawasannya ada halaman asri dan luas, di halaman inilah diletakkannya beberapa koleksi benda budaya Minahasa kuno seperti halnya Waruga dan berbagai benda budaya lain masyarakat Minahasa.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

19. Jembatan Soekarno

Jembatan Soekarno adalah ladmark ngehits dan megah di Kota Manado. Bangunan yang mulai di lakukan di tahun 2013 dan usai pada tahun 2015 ini memiliki panjang 1.127 meter dan lebar 17 meter. Keindahan akan di rasakan ketika Anda berdiri di atas jembatan ini, pemandangan Pulau Manado Tua  beserta gunung yang menjulang di tengah-tengah laut Teluk Manado terlihat menajubkan.

Selain itu pemandangan di sekitar jembatan juga tidak dapat terlewatkan serunya seperti suasana pelabuhan, kepadatan perkotaan, dsb. Kendaraan maupun pejalan kaki bisa melewati jembatan ini yang di karenakan tersedia jalur jalan pejalan kaki. Di tepi jembatan ada jalur pedestrian yang mana tempat bagi wisatawan berlama-lama berfoto dan menikmati keindahannya.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

20. Kampung Cina Di Kota Manado

Lokasi destinasi wisata yang satu ini terletak di tengah pusat keramaian Kota Manado yang tidak lain pusat perdagangan tertua. Usut punya usut bangunan berarsistek cina berasal dari etnis cina pada jaman penjajahan Belanda. Bagunan ini di pergunakan colonial Belanda untuk menampung para tukang yang berasal dari etnis cina.

Di kawasan Kampung Cina ada Klenteng Ban Hing Kiong yang berdiri kokoh dari tahun 1819. Pada setiap tahunnya di daerah ini rutin mengadakan perayaan Cap Goh Me, perayaan tersebut sudah menjadi buruan tetap wisatawan di Kota Manado. Bagi Kalian yang ingin menikmati bangunan tua dengan nyaman datanglah pada pagi hari, di sebabkan menjelang siang kawasan ini padat akan kendaraan yang membuat sempit jalanan.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

21. Pulutan sentra Kerajinan Gerabah

Di kabupaten Minahasa terdapat sentra kerajinan gerabah yang sangat khas yakni bertepat di Desa Pulutan. Desa Pulutan ini berluaskan sekitar 249 hektar, masyarakatnya bermayoritas sebagai pengrajin gerabah keramik. Berbagai gerabah yang di hasilkan dari Desa Pulutan ini sangat menarik hingga wisatawan lokal maupun mancanegara banyak berdatangan.

Gerabah keramik yang di buat antara lain tungku, vas bunga, dan berbagai perabot dekorasi rumah tangga dengan berbagai macam corak dan ukuran. Semua kerajinan di Desa Pulutan ini berbahan tanah liat dengan campuran kaolin, talk dan pelfar. Dalam sehari biasanya para pengrajin mampu menghasilkan 50 gerabah ukuran kecil atau 10 gerabah ukuran sedang.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

22.  Kota Bunga Timohon

Merupakan sebuah resort bukit yang tersohor di Kota Manado berjarak 22 km sebelah timur. Di kawasan Timohon memiliki kontur tanah subur dan cuaca sejuk sehingga mendoong masyarakat setempat untuk menanam berbagai macam sayuran dan bunga. Tetapi Kota Timohon terkenal akan oenghasil bunga.

Taman bunga terletak di kaki Gunung Lokon, biasanya musim bunga datang pada bulan Jauari, April atau Desember. Bunga-bunga disini akan terlihat eksotik dengan Gunung Lokon menjadi latar belakang. Setahun sekali di adakan rutinitas Festifal Bunga Tomohontepatnya pada bulan Juni da Juli, acaranya adalah parade kendaraan berhiaskan bunga.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

4 komentar:

  1. tempatnya keren keren, mantap jiwa

    mobil jogja

    BalasHapus
  2. wisatanya keren gan, good artikel


    wassalam

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus

    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus