Rabu, 13 Juli 2016

15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

Provinsi Sulawesi Tenggara dengan ibukotanya di Kota Kendiri ini mempunyai banyak potensi wisata menarik yang patut untuk di jelajahi. Dari banyaknya potensi wisata di Sulawesi Tenggara menyimpan pesona keindahan alam daratan maupun lautan, peradapan budaya serta sejarah.

Oleh karenanya sudah banyak turis yang berlibur menikmati segala keindahan yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara. Bahkan ada yang sengaja singgah dengan alasan takjub dan ingin berlama-lama menikmatinya.

Berikut beberapa tempat wisata yang sayang untuk Anda lewatkan jika berlibur di Kawasan Provinsi Sulawesi Tenggara;

1. Pulau Muna

Pesona Pulau Muna memiliki beberapa karang besar yang di selimuti pepohonan serta memantulkan cahaya hijau lembut. Daratan pulau ini umumnya dataran rendah yang mempunyai ketinggian rata-rata 100 meter dpl. Iklim tropis yang dimiliki Pulau Muna menjadikannya kaya akan tumbuh-tumbuhan hijau yang hidup subur serta memiliki paronama alam bawah laut.

Pulau Muna terkenal akan kayu jati dan jambu kacang mete, kayu jati ini menjadi maskotnya Pulau Muna yang sangat terkenal. Pulau Muna terletak di bagian tenggara Provinsi Sulawesi Tenggara, adapun luasnya yakitu -+2.889 km persegi dan terletak di selatan garis khatulistiwa.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2.  Pulau Labengki

Di kawasan Pulau Lebengki banyak sekali titik spot menyelam dan snokerling, dengan memiliki pemandangan karang yang cantik serta airnya yang jernih membuatnya menjadi salah satu tempat buruan wisatawan. Selain sebagian besar pantainya memiliki pasir putih, di kawasan Pulau Lebengki terdapat spesiaes kima terbesar di dunia ke-2 dengan besarnya mencapai 50 cm.

Letaknya berada di Desa Lebengki, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, berjarak 70 km dari pusat Kota Kendari. Di pulau ini belum ada fasilitas apapun dari segi penginapan dan warung makan, jadi jika ingin berlibur persiapkan perbekalan dan jika ingin menginap disarankan agar membawa tenda.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

3. Pantai Nambo

Keistimewaan dari Pantai Nambo yakni memiliki hamparan pasir putih sepanjang 300 meter dan di dukung adanya fasilitas 31 buah gazebo, area parkir, kamar bilas, villa, serta warung-warung yang berjejer rapi di pinggir pantainya. Ombaknya tenang serta airnya pun jernih, sehingga tempat wisata ini sangatlah cocok digunakan untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga tercinta.

Pantai Nambo berada di Kota Kendari, Kecamatan Abeli yang jaraknya sekitar 16 km dari pusat Kota Kendari. Akses jalan menuju ke lokasi menembus perbukitan dengan keadaan jalan cukup berliku serta jurang dan tebing di sisi kanan kirinya. Tetapi selama peraanan akan menyenangkan, sejauh mata memandang akan di suguhi paronama alam yang indah dan udara yang sejuk.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

4. Pantai Liwutongkidi

Sepanjang Pantai Liwutongkidi di penuhi hamparan pasir putih yang bersih dengan deburan ombak yang selalu bergerak. Kekayaan alam bawah laut di Pantai Liwutongkidi menjadi daya tarik wisatawan. Berbagai jenis terumbu karang dan biota laut yang unik nan indah dapat di temui disini.

Pantai Liwutongkidi berada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara yang bisa di capai dari Kota Kendari menggunakan pesawat dengan waktu tempuh selama 1  jam perjalanan, ataupun dengan menggunakan alat transportasi kapal yang memakan waktu sampai 4 jam perjalanan. Sedagkan untuk tempat inapnya berada di Kota Bau-Bau berupa hotel, jaraknya tidak jauh dari Pantai Liwutongkidi.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Air Terjun Samparona

Air terjun ini berketinggian mencapai 45 meter, dengan tiga mata air terjun yang mengalir di sisi kanan dan kiri tebing. Keberadaan Air Terjun Samparona di apit dua tebing dan dikelilingi hutan yang tergolong alami nan sejuk yang berisi berbagai jenis burung.

Lokasinya di Desa Kalisabu, Kecamatan Sorawolio, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan darat kemudian berlanjut jalan kaki.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

6. Air Terjun Tumburano

Air Terjun Tumburano merupakan tempat pemandian yang berada di Desa Wawoni Utara, Kecamatan Wawoni, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Walaupun air terjun ini jaraknya jauh dari pemukiman warga, Air Terjun Tumburanno sangat ramai di kunjungi wisatawan lokal maupun asing.

Terjunan air di tempat wisata ini cukup deras melewati batu bersusun dengan ketinggian 60 meter. Jarak air terjun dengan pemukiman warga berjarak 6-7 km, untuk mencapainya melewati jalan setapak dan bisa menggunakan sepeda motor pada musim kemarau. Tetapi pada musim penghujan hanya bisa di akses dengan berjalan kaki.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

7. Air Terjun Moremo

Air Terjun Maremo  merupakan air terjun terindah di Indonesia . keberadaannya masih berada di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, yang jaraknya kurang lebih 60 km dari pusat Kota Kendiri.  Air terjun ini tergolong jenis air terjun cascade ( bertigkat ), kondisi airnya yang jernih dan suasana di sekitarnya masih alami memberi kesan tersendiri bagi pengunjungnya.

Keunikan Air Terjun Maremo adalah batu marmer yang di aliri air tidak licin, dikarenakan lokasi Air Terjun Maremo  berada di daerah bebatuan kapur ( airnya megandung sulful dan alkali ) sehingga lumut sulit tumbuh. Obyek wisata yang indah ini berlokasi di Desa Sumber Sari, Kecamatan Moremo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi tenggara.

Yang bisa di akses dari Kota Kendari dengan cara menyewa kendaraan menuju Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang terletak di Kabupaten Konawe Selatan. Setelah sampai di Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa, perjalanan hanya bisa dilanjut dengan berjalan kaki sejauh 2 km.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

8. Danau Biru

Danau bah surga ini berada di Parambahan, Kecamatan Talawi. Ceritanya Danau Biru merupakan danau yang tidak sengaja terbentuk, danau ini terbentuk dari bekas galian tambang batu bara yang lama kelamaan menjadi danau kecil nan eksotik. Dikawasannya menyajikan pemandangan yang unik, berpadu dengan pepohonan hijau menjadikannya suatu tempat yang patut Anda kunjungi.

Sangat disarankan untuk menjangkau ke lokasi danau menggunakan kendaraan khusus. Karena medan jalanannya berbatu yang cukup tajam, menjadikan suatu tantangan tersendiri untuk menikmati keindahan Danau Biru. Dari Kota Sawahlunto tempat wisata satu ini berjarak sekitar 13 km.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

9. Sungai Taborasi

Sungai Tamborasi diklaim sebagai sungai terpendek di dunia dengan panjang 20 meter saja. Dengan ukuran tersebut membuat Tamborasi tidak terlihat seperti sumgai, melainkan danau. Lokasinya berada di Kecamatan Tamborasi, Kolaka, Sulawesi tenggara.  Hal menarik di sini ialah keadaan sungai masih asri dan alami.

Airnya jernih berwarna kehijauan, membuat siapa saja akan tergoda untuk berenang dan menikmati kesegarannya. Selain itu lokasinya didukung dengan pepohonan rindang yang berada di sekitarnya membuat suasana sejuk dan nyaman. Pengunjung dapat mengaksesnya lewat jalur darat , yang jaraknya sekitar 80-85 dari Kota Kaloka.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

10. Pemandian Air Panas Wawolesea ( Wales )

Pemandian Air Panas Wawolesea berada di Desa Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaen Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Lokasinya di daerah pegunungan kapur, dengan fisiknya banyak terdapat ratusan mata air panas bergelembung mendidih berasal dari perut bumi. Air panas disini memiliki keunikan tesendiri dengan rasanya yang  asin seperti halnya air laut dan beraroma belerang layaknya di tempat pemandian air panas lainnya.

Bentuk  kolam-kolam pemandiannya bertangga yang tesusun dari bebatuan kapur , di lihat dari kejauhan akan tampak gradasi air yang membiru dan menyatu dengan putihnya kapur sungguh paronama alam yang luar biasa indahnya. Suatu hal yang menambah menariknya kawasan ini, di sekelilingnya tumbuh vegetasi pohon pinus yang tampak asri nan harmoni.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

11. Taman Laut Wakatobi

Taman Laut Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Wisata bahari ini merupakan obyek wisata andalan yag sudah lama di kenal akan terumbu karangnya yang luas dan berisi biota laut berwarna-warni. Secara spesifik kawasan Taman Laut Wakatobi dikelilingi pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km dan pantai wisata yang sangat potensial untuk dikelola.

Sehingga daerah ini sangat cocok untuk wisata diving, snokerling, berenang maupun memancing. Taman Laut Wakatobi memiliki total area 1,39 juta ha yang keseluruhannya menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang. Kedalaman air di kawasan ini bervariasi, bagian paling dalam mencapai 1.044 meter di bawah permukaan air laut.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

12. Benteng Keraton Buton

Pada bulan September 2006 Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari MURI ( Museum Rekor Indonesia ) dan Guiness Book Record sebagai benteng terluas di dunia dengan luasnya sekitar 23,385 hektare. Benteng ini adalah bekas Ibukota Kesultanan Buton yang mempunyai bentuk arsistek unik, dengan bahan batu kapur dari gunung.

Benteng ini berbentuk lingkaran dengan panjang keliling 2.740 meter. Benteng Keraton Buton memiliki 12 buah pintu gerbang dan 16 emplasemen meriam, letaknya pada puncak bukit dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan sebagai tempat pertahanan terbaik di jamannya. Sampai saat ini dari tepi benteng masih berdiri kokoh, dari sinilah wisatawan dapat menikmati pemandangan Kota Bau-Bau dan keindahan Selat Buton dengan jelas.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

13. Hutan Suaka Tanjung Paropa

Hutan Suaka Tanjung Paropa mempunyai fungsi pokok sebagai wilayah perlindungan system penyangga kehidupan serta menjadi wilayah pengawetan keanekaragaman. Kawasan ini memiliki fungsi sebagai pengatur tata air bagi daerah Tanjung Peropa dan sekitarnya. Mata air tersebut mengalir ke sungai – sungai yang kemudian di manfaatkan sekitar 13 desa.

Hutan Suaka Tanjung Paropa juga di tetapkan sebagai kawasan suaka margasatwa pada tanggal 23 Desember 1986, karena didalamnya terdapat berbagai ekosistem hutan tropis, hutan bakau, hutan belukar dan juga hutan pantai. Berbagai tumbuhan liar dan satwa liar dapat Anda temui disini mulai dari anoa, rusa, kuskus, monyet hitam, dan bermacam jenis burung.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

14. Kendari Beach

Pantai yang masih dalam bagian dari Teluk Kendari ini menawarkan keindahan tersendiri bagi para travelers yang datang. Pantai ini merupakan tempat wisata sekaligus tempat ningkrong yang paling favorit. Di kawasannya banyak terdapat café-café bertenda bulat yang menyediakan fasilitas karaoke beserta makanan dan minuman.

Selain itu tidak ketinggalan banyak pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya berupa kacang rebus. Di dekat pantai juga terdapat rumah makan dengan menu ikan bakar, dari sini juga bisa melihat kapal-kapal nelayan yang hilir balik mencari ikan.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

15. Taman Walikota Kendari

Taman Walikota  Kendari merupakan lahan khusus plus sarana dan prasarana di atas tanah seluas 4 hektar. Di lokas ini terdapat fasilitas listrik gratis, jalan setapak, meja dan kursi beton yang di buat permanen. Setidaknya ada ratusan pohon berukuran kecil sampai besar tumbuh subur sehingga menjadikan suasana di kawasan ini menjadi sejuk daan asri.

Tempat ini cocok digunakan untuk bersantai sambil berteduh dari terik matahari di siang hari. Beragam jenis pohon-pohon besar di kawasan taman berusia belasan tahun yang ditanam pada masa  pemerintah Loade Kaimoeddin.

Baca juga;
29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi
50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan
22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona
50 Tempat Wisata DiSumatera Barat Yang Menyenangkan
16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

4 komentar:

  1. Indonesia emang keren, banyak tempat wisata yg bisa kita kunjungi seperti wisata pantai apalagi pantainya sangat cocok untuk surfing sebelum itu kamu bisa mengunjungi situs http://g-land.me/

    BalasHapus
  2. Good kak, cocok nih buat destinasi ke sulawesi Tenggara

    Salam

    mobil jogja

    BalasHapus