Jumat, 01 Juli 2016

26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

Provinsi Sulawesi Selatan beribu kota Makassar yang terkenal akan kuliner khasnya dan memiliki berbagai tempat wisata yang indah. Wisata alam di provinsi ini juga sudah masuk didalam destinasi nasional yang beberapa diantaranya berupa pantai dan pulau yang memiliki pesona yang eksotik. Berlibur di kawasan tersebut merupakan tempat yang cocok bersama sanak saudara maupun keluarga.

Kota Makassar terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi , di sebelah barat berbatasan dengan Selat Makassar, sebelah utara berbatasan dengan Kabupate Kepulauan Pangkajene, sebelah timur dengan Kabupaten Maros, dan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Gowa.

Mari kita simak beberapa obyek wisata di Provinsi Sulawesi Selatan yang sayang untuk dilewatkan dan tentunya sensasi liburan akan berkesan serta menyenangkan.

1. Pulau Lae Lae
Pulau ini adalah sebuah pulau kecil di sebelah barat Makassar yang dulunya merupakan peninggalan Jepang. Di Pulau Lae Lae terdapat sebuah terowongan bawah tanah yang kononnya terhubung dengan Benteng Kota Makassar ( Fordotherdam ). Berbagai kegiatan wisata yang sering di lakukan di kawasan ini adalah menyelam ataupun snokerling menikmati keindahan bawah laut di sekitar perairan Pulau Lae Lae.

Pengunjung dapat mencapai Pulau Lae Lae bisa menggunakan jasa motor boat yang bisa di peroleh dari dermaga di depan Benteng Fordotherdam dengan waktu 10-15 menit. Di sekitar pulau banyak sekali dijumpai balai gazebo yang disewakan untuk tempat istirahat dengan tarif Rp 25.000 - Rp 40.000. Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal makanan, di kawasan ini sudah banyak warung yang menyediakan berbagai kebutuhan pengunjung.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

2. Pulau Kodingareng Keke

Pulau Kodingareng Keke adalah pulau tak berpenghuni yang mempunyai wisata alam bawah laut menawan. Air lautnya yang jernih dan berwarna toska, biru muda, hingga biru tua merupakan daya pikat para wisatawan. Pulau ini berjarak sekitar 13-14 km dari Kota Makassar dan di kawasan pulau tidak ada fasilitas umum seperti halnya tempat wisata pulau di Sulawesi Selatan lainnya.

Akses menuju ke pulau Kodingareng Keke kita bisa menggunakan jasa via perahu dari dermaga depan Benteng Fortrothedam ataupun dari dermaga kayu Bangkoa. Suasana alam disini ditumbuhi sedikit semak-semak dan pohon serta memiliki pasir putih. Pulau ini menjadi spot andalan para penghobi snoker, dikarenakan alam bawah lautnya yang menyimpan bermacam biota laut yang ngat indah.

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

3. Pulau Bulupoloe

Obyek wisata yang menarik di Pulau Bulupoloe ialah memilik keindahan alam pegunungan dan keasrian bahari serta pantainya membentang dengan pasir putih yang masih alami. Selain itu di beberapa titik bisa di temui sumber air tawar yang merupakan fenomena alam yang unik dan patut untuk di kunjungi. Pulau Bulupoloe berada di dalam wilayah Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi selatan.

Kabupaten Luwu Timur berjarak 500 km dari pusat Kota Makassar. Tidak cuma wisata alamnya yang menyenangkan, di kawasan ini wisatawan juga dapat menikmati wisata kuliner tradisional Kabupaten Luwu Timur dan sudah tersedia beberapa penginapan.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

4.  Pulau Kapuposang

Pulau Kapuposang merupakan surga bagi mereka yang berteman dengan laut, pemandangan yang disajikan sangat indah mulai dari daratan hingga bawah lautnya. Kapuposang adalah suatu pulau yang berpantai pasir putih, berhiaskan pohon kelapa dan cemara yang rindang nan sejuk. Lingkungannya masih asli dan bersih, para pengunjung akan sulit melihat sampah yang berserakan dan bisa menyusuri jalan setapak dengan lampu jalan yang berasal dari hasil tenaga surya.

Pulau ini merupakan salah satu dari gugusan kepulauan Spermonde, dimana pulau tersebut menyimpan gugusan terumbu karang yang indah, penyu, kima, bahkan wisatawan bisa menjumpai hiu paus yang bersahabat jika beruntung. Kawasan wisata Pulau Kapuposang berada di Desa Mattiroujung, Kecamatan Liukang Tupabiring dan bisa diakses menggunakan Speedboat dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Pulau Samalona

T erletak hanya 2 km dari Pantai Losari, Pulau Samalona mempunyai surga yakni terumbu karang yang sangat elok. Nama pulau yang satu ini sudah terkenal di penjuru dunia, sudah banyak wisatawan lokal maupun wisatawan asing pernah menyelam dan menikmati keindahan taman laut di Pulau Samalona. Untuk menuju ke lokasi dapat menggunakan jasa sewa perahu di dermaga Kota Makassar.

Sesampainnya di lokasi pulau, para pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih dan air laut yang sangat jernih bahkan keelokan terumbu karang dapat terlihat di atas perahu. Kawasan Pulau Samalona semakin menyusut dari tahun ke tahun, tercatat luas saat ini sekitar 2 hektar. Fasilitas pengunjung cukup memuaskan seperti halnya penyewaan alat snokerling, penginapan, kamar bilas, dan kedai.

Untuk harga sewa alat snokerling berkisar dari Rp 50.000 – Rp 100.000, di kedai yang tersedia telah menyajikan olahan masakan khas daerah pesisir seperti halnya ikan dan kepiting bakar. Jadi ketika berwisata di Pulau Samalona ibarat menyelam sambil minum air, karena bukan cuma berwisata alamnya yang indah tetapi juga wisata kulinernya mengesankan.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

6. Pulau Kayangan

Usut punya usut Pulau Kayangan dulunya bernama Marrow atau Meraux adalah pulau kecil yang memiliki pasir putih dengn luasnya -+ 1 hektar dan pulau yang indah ini termasuk dalam wilayah Kelurahan Bulo Gading, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Waktu tempuh untuk menuju ke pulau hanya sekitar 20 menit dari pesisir Makassar dengan menumpang perahu boat.

Di dalam pulau terdapat berbagai fasilitas seperti tempat penginapan, resort, restoran, tempat main anak-anak, gedung serba guna, sarana olah raga hingga ajungan memancing. Di lokasi lain juga terdapatsejumlah aquarium yang berisikan bermacam jenis ikan hias air laut. Pulau Kayangan ini berjarak kurang lebih 1 km dari Kota Makassar.

Yang menjadi daya tarik di pulau ini adalah pada malam hari gemerlap lampu-lampu kota seakan menghiasi kawasan pulau serta berenang, paronama sunset, juga tidak ketinggalan dan sering di buru para wisatawan.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

7. Pulau Lanjukang

Nama lain Pulau Lanjukang adalah Lanyukang dan Laccukang yang kesemuanya berasal dari kata “lanjutkan”, sebab Pulau Lnjukang ini sering dijadikan tempat istirahat sementara para nelayan. Pantai Pulau Lanjukang memiliki pasir putih dengan di padu airnya yang sangat jernih membuat betah berlama-lama menikmati suananya yang sejuk.

Pulau Lajukang merupakan pulau yang terjauh dari Kota Makassar dengan jaraknya berkisar antara 40 km. pulau ini berbentuk memanjang dari barat ke timur laut, dengan luas mencapai 6 hektar. Vegetasi di kawasan pulau di tumbuhi oleh pohon pinus dan pohon kelapa beserta pohon pisang yang berada di bagian tengah pulau.

Selain keindahan di daratan, di alam bawah lautnya Anda akan menemukan terumbu karang yang cukup baik beserta biota laut yang beraneka ragam.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

8. Pulau Dutungan

Inti dari berkunjung atau berwisata di Pulau Dutungan adalah mencari ketenangan yang sesungguhnya. Pulau Dutungan merupakan pulau berukuran kecil dengan pasir pantai yang indah, dan memiliki penginapan sederhana beserta café didalamnya. Pulau Dutungan terletak di Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan.

Di sekeliling pulau sangat rindang yang di tumbuhi berbagai pepohonan seperti halnya jati, bakau, dan macam-macam bunga yang di kelola oleh pihak manajement pulau. Alat transportasi untuk menuju ke pulau ini adalah perahu transportasi milik manajement resort ataupun perahu milik warga. Jika Anda ke pulau ini suasananya sangat sejuk seperti yang sudah di katakana di atas tadi Pulau Dutungan sangatlah cocok untuk mencari ketenangan.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

9. Taman Nasional Batimurung

Luas taman ini mencapai 43,750 hektar yang meliputi bukit kapur, air terjun, beserta goa. Keberadaan taman yang satu ini sudah ada dari dulu, yang ditemukan oleh ahli botani dari Inggris ( Alfred Russel Wallace / The Kingdom of Butterfly ). Pada waktu itu ia menyebut tempat ini sebagai kerajaan kupu-kupu, sebab terdapat 250 jenis kupu-kupu bisa ditemukan disini.

Pengunjung bisa melihat koleksi berbagai jenis kupu-kupu yang di awetkan. Aktivitas lain yang bisa di lakukan antara lain flying fox, menjelajahi gua, bermain di kawasan air terjun, dan berenang di kolam yang sudah di sediakan. Secara administrasi obyek wisata ini berada wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan ( Pangkep ).

Lokasi Taman Nasional Batimurung sangat setrategis bisa dijangkau dari berbagai jurusan dan dilintasi jalan lintas Kabupaten Maros-bone yang menjadi kawasan ini patut untuk dikunjungi. Dari Kota Makassar berjarak -+42 km, dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin -+24 km yang dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat -+satu jam.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

10. Pantai Losari

Pantai yang dikenal warung terpanjang didunia, sebab dulunya terdapat warung-warung tenda  berjejer sepanjang pantai sepanjang +1 km. Saat ini warung-warung tersebut berada di depan rumah jabatan Walikota Makassar yang lokasinya tak jauh dari pantai. Ada banyak kuliner khas Kota Makassar yang bisa Anda nikmati disini seperti pisang epe, ikan bakar, sop konro, coto, dan juga es pallu butung.

Pantai Losati tidak mempunyai pasir, tepi pantai hanya berupa beton. Meskipun pantainya tidak memiliki pasir banyak hal yang seru di lakukan disini yakni naik sepeda air, banana boat, memancing, dan lain sebagainya.  Pada waktu pagi hari lokasi pantai dijadikan lintasan jogging dan sedangkan pada waktu sore hari banyak yang menikmati indahnya matahari terbenam sambil berwisata kuliner.

Pantai Losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat Kota Makassar , provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

11. Benteng Fort Rotterdam

Nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang / Benteng Panyyua, setelah benteng tersebut jatuh ke tangan Belanda berganti nama menjadi Fort Rotterdam yang berfungsi sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur. Benteng yang megah ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 berbahan dasar tanah liat dan putih telur, kemudian di sempurnakan oleh Raja ke-14 bangunan ini diganti batu padas dari Pegunungan Karst di daerah Maros.

Bentuk Benteng Fort Rotterdam menyerupai seekor penyu yang hendak merangkak ke laut. Penyu di pilih karena satwa ini dapat hidup di air maupun daratan, sesuai dengan Kerajaan Gowa-Tallo yang dulunya berjaya di lautan dan daratan.Di kompleks benteng saat ini terdapat Museum La Galigo yang menyimpan banyak referensi sejarah kebesaran Makassar ( Gowa-Tallo ).

Obyek wisata Benteng Fort Rotterdam buka setiap hari mulai pukul 08:00-!8:00, untuk memasukinya gratis. Sedangkan untuk Museum La Galigo buka dari hari Selasa-Minggu, pengunjung dikenakan tiket masuk seharga Rp 7.500 / orang.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

12. Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar merupakan taman indoor terbesar ke-2 setelah Trans Studio Bandung. Obyek wisata ini dibuka pada tanggal 20 mei 2009 yang berdiri diatas lahan seluas 2,7 hektar. Didalam Trans Studio Theme Park menyediakan 22 wahana permainan dan hiburan yang terangkum dalam 4 zona yakni Studio Central, Cartoon City, Lost City, serta Magic Corner.

Ditempat ini para pengunjung dapat merasakan menjadi seorang bintang di depan kamera ataupun menjadi orang-orang di belakang layar dari tayangan-tayangan terpopuler seperti Trans TV, Trans7, Jelajah, One The Spot, dan lain-lain.

Trans Studio Makassar dibuka setiap hari dari pukul 10:00-19:00, kecuali hari minggu dan hari libur nasional buka sampai pukul 21:00. Harga tiket masuk sebagai berikut; Hari biasa Rp 100.000 / orang, Hari Minggu Rp 175.000 / orang, ketika ada event Rp 200.000 / orang.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

13. Taman Laut Taka Bonerate

Lokasinya berada di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Indonesa. Taman ini  mempunyai kawasan atol terbesar ke-3 di dunia, dengan luasnya 220.000 hektar dan sebaran terumbu karang mencapai 500 meter persegi. Taman Laut Taka Bonerate merupakan surga bagi penyelam, kecantikan terumbu karang serta ribuan ikan dan penyu membuat Anda betah berlama-lama menyelam disini.

Tercatat ada sebanyak 15 buah pulau di Taman Nasional taka Boneterate, sehingga sangat memuaskan unyuk kegiatan menyelam, snokerling, maupun wisata bahari lainnya. Waktu terbaik untuk melakukan kegiatan menyelam dan snokerling adalah antara bulan April-Me, pada bulan inilah arus dan suhu air serta berbagai fakor pendukunh lainnya dalam kondisi baik sehingga jarak pandang saat melakukan kegiatan menjadi sempurna.

Untuk bisa berlibur di tempat ini pengunjung di haruskan membawa kartu identitas, dengan biaya Rp 25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 60.000 untuk wisatawan mancanegara. Harga sewa alam snokerling adalah Rp 250.000.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

14. Kebun Teh Malino

Nama Malino daripada kebuh teh ini di ambil dari kelurahan dimana kebun ini berada, yang terletak di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa,Sulawesi Selatan. Di kawasan wisata Malino terdapat hutan wisata berupa pohon pinus yang berjejer di pelosok bukit dan lembah denangan pemandangan pegunungan dan lembah bak lukisan alam yang asri.

Kota Malino sangat popular dengan sebutan Kota Bunga,selain itu di daerah Malino juga penghasil buah-buahan dan sayuran khas yang tumbuh di lereng Gunung Bawakaraeng. Tetapi ketika pergi ke sebuah perkebunan teh yang di kelola oleh Malino Highlands, pengalaman seru akan di dapat ketika menyusuri kebun teh seluas 200 hektar dengan udara sejuk dan bebas dari polusi.

Kawasan di daerah tersebut sudah terkenal sebagai kawasan rekreasi dan wisata sejak jaman penjajahan Belanda silam. Suhu di Kota malino 10 dc – 26 dc, di sarankan berhati-hati jika berkendara pada musim penghujan kawasan disekitar berkabut dan jarak pandangnya hanya 100 meter. Adapun oleh-oleh khas Kotta Malino yang bisa Anda bawa yakni buah markisa, dodol ketan, Tenteng Malino, apel, wajik, dan lain sebagainya.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

15. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira sudah terkenal di Provinsi sulawesi selatan, pantai dengan memiliki keindahan pasir putih yang bersih di dalam kawasannya bersih dan rapi serta air lautnya yang sangat jernih. Dengan keindahan dan kenyamanannya Pantai Tanjung Bira mampu menarik wisatawan dari mancanegara untuk mengisi acara liburan mereka.

Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang lembut bah bedak dan mempunyai pesona alam pesisir pantai tropis berupa pohon kelapa dan bukit karang menjadikannya terlihat nyaman. Para wisatawan dapat mrenghabiskan waktu liburnya dengan berenang, menyelaam, snokerling, atau sekedar menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam.

Adapun jasa penyewaan alat untuk snokerling sebesar Rp 30.000 dan juga sepeda motor sebesar Rp 65.000. fasilitasnya pun cukup memadai seperti halnya penginapan, restoran, dan kamar mandi bilas setelah berenang. Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi yakni di Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi selatan, berjarak +40 km dari Bulukumba / 200 km dari Makassar.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

16.  Wisata Belanja di Jalan Somba Opu

Adalah kewajiban yang tak tertulis saat liburan harus membawa oleh-oleh khas daerahnya. Sudah dari dulu kawasan ini terkenal sebagai surganya oleh-oleh yang keberadaannya tidak jauh dari Benteng Fort Rotterdam.  Berbagi oleh-oleh bisa dengan mudah Anda dapatkan mulai dari makanan sampai kerajinan khas Makassar.

Dari berbagai oleh-oleh yang ada disini, Minyak Gosok Cap Tawon lah yang banyak menjadi buronan para wisatawan. Minyak gosok yang asli ada dua macam yaitu minyak gosok bertutup merah harganya Rp 90.000 sedangkan bertutup putih Rp 230.000. Dari penjelasan tersebut perbedaannya hanyalah kualitas ramuan minyak gosok yang terkenal dari tahun 1912 hingga sekarang.

Selain itu adapla oleh-oleh lainnya yang bisa Anda bawa pulang seperti kain tenun khas Bugis ataupun miniature kapal phinisi dalam botol. Kawasan belanja ini buka dari pagi sampai malam, cobalah berkunjung saat malam hari maka suasana yang eksotik akan Anda dapatkan.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

17. Benteng Somba Opu

Lokasinya terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Domba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bangunan Benteng Somba Opu memiliki nilai arsitektur yang tinggi bentuknya persegi empat, panjangnya 2 km, tingginya +8 meter dan ketebalan dinding gmencapai 3,7 meter. Benteng ini mempunyai pertahanan sangat kuat karena dulunya adalah pusat perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah.

Pada saat ini kawasan Benteng Somba Opu menjadi sebuah tempat wisata bersejarah di dalamnya terdapat taman satwa, waterboom, meriam sepanjang 9 meter, museum, dan juga beberapa bangunan rumah adat Sulawsi Selatan. Benteng Somba opu terkenal dengan nama Gowa Discovery Park, adapun tiket masuknya ialah Rp 85.000 dan menjadi Rp 100.000 pada akhir pekan.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

18. Pegunungan Karst ( Kapur )

Berwisata menantang bisa Anda lakukan dengan cara menjejaki Pegunungan Karst yang ada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Di kawasan Pegunungan Karst ada beberapa obyek wisata alam yaitu Gua Bulu Barakka, Taman Hutan Kapur, Talaga Bidadari, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung, Sungai Pute, dan Kampung Berua.

Dari Kota Makassar berjarak sekitar 40 km yang bisa di tempuh dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua dengan waktu tempuh -+2 jam perjalanan.pegunungan ini mempunyai pemandangan alam yang terindah, karena terdapat sumbe air yang tidak pernah kering walau di musim kemarau sehingga banyak berbagai jenis tanaman tumbuh subur di daerah ini.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

19. Air Terjun Takapala

Air Terjun Takapala merupakan salah satu obyek wisata tervaforit di Makassar yang tingginya mencapai 109 meter. Volume air yang dicurahkan sangat besar terlebih pada musim hujan tiba. Curahan airnya ini menerpa bongkahan batu-batu besar didasarnya sehingga menimbulkan suara gemuruh dan percikan air yang membentuk kabut tipis sejauh 20 meter.

Obyek wisata ini berada di Desa Balutana, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Dari Kota Makassar berjarak 70 km dengan waktu tempuh selama 1 jam perjalanan atau 6 km dari Kota Malio. Kondisi jalannya cukup bagus dengan sedikit berliku dan naik turun bukit, hanya beberapa titik jalan yang berlubang.

Baca juga; 50 Tempat Wisata DiSumatera Barat Yang Menyenangkan

20. Wisata Kuliner Sop Konro Karebosi

Wisata kuliner Sop Konro Karebosi dan Iga Bakar merupakan makanan yang sering di cari di Makassar. Warung yang terkenal berada di Jl. Gunung Lompobattang no. 41, Pisang Utara, Kecamatan Makassar, Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang menyediakan menu Sop Konro, Konro Bakar, Sop Kikil dan Sop Campur. Bahan masakan menggunakan iga sapi yang di olah menjadi berbagai makanan enak, yang sangat cocok disantap seusai berlibur di Makassar.

Ketika berkunjung di Makassar jangan sampai melewatkan rumah makan ini. Disini soal mengantri sudah menjadi tradisi karena makanan ini sangat lezat sekali. Pada tahun 2012 Sop Konro Karebosi mendapatkan penghargaan 2 sekaligus, yaitu penghargaan sebagai Makassar Most Favorite ( MMF ) Award Culinary dan predikat sebagai makanan favorit di Kota Makassar yang berkatagorikan konro dengan Most Favorite Indeks ( MFI ) sebesar 75,33 persen.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan YangWajib Anda Kunjungi

21. Kampung Popsa 

Kampung Popsa merupakan singkatan dari Persatuan Olahraga Perahu Motor dan Ski. Keberadaan Kampung Popsa yang tepat berada di Jalan Penghibur depan Benteng Rottrdam membawa nuansa tersendiri bagi warga yang ingin menikmati menu makanan dan panganan kecil di pinggir Pantai Makassar. Panorama Pantai Losari yang tampak membuat suasana honey menjadi lebih terasa dilengkapi engan WiFi yang terbilang cukup kencang.

Tempat ini menjadi alternative untuk menghilangkan penat setelah seharian beraktifitas.menikmati panorama pantai sembari menyaksikan keindahan alam. Terdapat banyak menu yang dapat ditemui di Kampung Popsa ini, salah satunya adalah Kebab Turki. Dengan harga yang sesuai dengan kualitas dan kepuasan yang difasilitaskan. Banyak keuntungan jika berwisata disini, mata dimanjakan dengan panorama pantai yang indah dan lidah dimanjakan dengan berbagai sajian menu makanan yang lezat serta harga yang sesuai.

Baca juga; 32 Tempat Wisata DiSumatera Utara Yang Seru

22. Air Terjun Bantimurung

Obyek wisata Air Terjun Bantimurung ini terletak di Kota Maros, kurang lebih bejarak 140 km dari Kota Makassar. Sebelum memasuki obyek wisata Air Terjun Bantimurung pengunjung disambut dengan monument kera sakti dan sederetan penjual souvenir khas Bantimurung dan warung kedai kopi serta makanan khas daerah.

Mandi dibawah kuncuran langsung dibawah air terjun diatas batu raksasa sambil berselancar menjadi keistimewaan tempat ini. wisatawan juga dapat mandi dibeberapa kolam buatan sumber mata air alam yang sangat sejuk. Untuk menuju ketempat ini, kira-kira 100 meter melalui pinggiran tebi ng gunung dengan tangga batu-batu. Mandi di sumbeer air terjun ini bagaikan mandi ditempat raksasa yang dikelilingi tebing gunung dengn pohon-pohon rindang disekitarnya diselingi kicauan burung, suara ayam hutan dan sesekali terdengar sahutan kera-kera Bantimurung.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

23. Kawasan Adat Ammatoa

Tanah Toa adalah desa di kecamatan Kajang Kabupaten Balukumba Sulawesi Selatan. Desa ini dihuni oleh suku Kajang. Terdapat cukup banyak upacara adat yang sering dilakukan, diantaranya adalah tradisi angnguru, akkatere, akkalammasa dan akkalomba.

Upacara adat dikawasan ini di mulai dari awal terbentuknya manusia (dalam kandungan) sampai pada akhir hidup warga adat kawasan ini semua tak lepas dari upacara adat . Posisi Matahari bergerak hampir tepat diatas kepala, sekitar pukul 11.00 Wita tibalah rombongan di gerbang yang bertuliskan “SELAMAT DATANG DI KAWASAN ADAT AMMA TOA” , untuk sampai di gerbang ini perjalanan sedikit menantang, diantara 2 tikungan yang cukup menantang, yakni tikungan ke kanan dan tikungan ke kiri.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

24. Danau Tempe

Danau Tempe memiliki luas sekitar 13.000 hektare diapit oleh 3 kabupaten yaitu Kabupaten Wjo, Kbupaten Sudrap dan Kbupaten Soppeng. Danau Tempe menjadi tempat penghasil ikan air tawar terbesar di Indonesia dan dunia karena letak danau yanfg berada tepat diatas Lemepeng Australia dan Lempeng Eurasia.

Pengunjung dapat menemui banyak rumah apung di tengah-tengah danau. Dirumah apung ini, penunjung dapat melihat matahari terbit dan terbenam dengan jelas. Setiap bulan Agustus, warga setempat mengadakan penyucian danau dengan cara menyembelih sapi yang dipimpin oleh ketua nelayan setempat. Terdapat pula berbagai lomba seperti lomba perahu tradisional, perahu hias, pemilihan ana’ dara (gadis) dan kallolona (pemuda) Tanah Wajo, padendang (penabuh lesung), pagelaran music tradisional dan tari bisu yang dimainkan oleh pria dan wanita, dan berbagai pagelaran tradisional lainnya.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

25. Pemandian Air Panas Lejja

Obyek wisata ini berada di Kawasan hutan lindung bukit yang memiliki paronama alam yang indah, letaknya di Desa Bulu, Kecamatan mariorawa jaraknya sekitar 44 km dari Kota watansopeng ( ibukota Kabupaten Soppeng ). Suhu air panas disini mencapai 60 dc yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan encok.

Fasilitas yang disediakan cukup memadai dengan adanya kolam pemandian umum dan private, kamar bilas, toilet, tempat istirahat, tempat pertemuan yang luas dan juga lapangan tenis. Khusus kolam private telah disediakan rumah panggung kecil yang  dibelakangnya ada kolam selebar 3 meter. Pengunjung dapat mengunjungi sumber air panas melalui jalan setapak di sebelah kolam pemandian menuju ke bukit.

Disana ada sungai kecil dan bebatuan yang di aliri air panas hingga mengeluarkan asap. Sesampainya diujung jalan akan ditemui pohon yang dibawah akarnya terdapat lubang berdiameter 5o cm, dari lubang itulah sumber air panas Pemandian Air Panas Lejja.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

26. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi

Pembuatan Perahu Phinisi yang terkenal berada di Kelurahan Tana Beru, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Perahu Phinisi merupakan alat transportasi laut tradisional masyarakat Bugis yang sudah terkenal sejak berabad-abad. Waktu pembuatan Perahu Phinisi sekitar 3 sampai 6 bulan, ataupun bisa lebih lama tergantung kesiapan bahan dan musim.

Ditempat ini para pengunjung akan terkagum-kagum akan kepiawaian pengrajinnya. Dalam proses pembuatan perahu, para pengrajin tanpa menggunakan gambar maupun rancangan tertulis. Meskipun demikian mereka mampu membuat perahu yang sangat kokoh dan megah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan secara turun-temurun dari nenek moyang mereka. Sejarah sudah membuktikan bahwa Perahu Phinisi Nusantara berhasil berlayar ke Vancouver Canada dan Amerika Serikat pada tahun 1986.

Baca juga;
15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik
22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan
24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau
26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan
39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan
Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi
35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan
42 Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui
50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik 






Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

2 komentar: