Kamis, 12 Mei 2016

26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

Tempat wisata di Jawa Tengah - Bismillah dan Alhamdulillah segala puji bagi Sang Pencipta yang telah menciptakan keindahan tak terhingga jumlahnya. Ada beberapa tempat wisata di Jawa Tengah yang terpopuler nan eksotis untuk di pelajari apalagi bisa mengunjunginya. Bisa berlibur bersama keluarga, teman, pacar bahkan sendiripun tetap menyenangkan. Mari kita simak, agar wawasan bertambah dan semoga bisa menghibur. Berikut daftar tempat-tempat wisata di Jawa tengah antara lain;

1. Wisata Jepara Ocean Park (JOP) di Jepara

JOP adalah obyek wisata terbaru yang lagi ngexis dan ngehits. Jepara Ocean Park ini di resmikan pada hari Minggu tanggal 10 April 2016, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Jepara oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Saat ini JOP merupakan sebuah tempat wisata bahari terlengkap di Jawa Tengah. Terdapat berbagai macam wahana permainan air seperti waterboom, banana boat, water jetpack, jet ski, kapal tradisional, kapal mesin dsb. 

Adapun wahana permainan lainnya seperti kora-kora, komidi putar, bom-bom car, studio 6 dimensi, olympic poll dll. Ditengah wahana tersebut terdapat menara sentral berketinggian 20 meter, dipuncak menara Anda dapat melihat jelas pemandangan birunya laut Jawa, indahnya Pantai Pungkruk dan berbagai macam wahana permainan di JOP. Ongkos tiket masuk untuk hari biasa Rp 60.000 / orang dan Rp 85.000 / orang untuk tiket terusan. Sedangkan ketika akhir pekan ongkos tiket berubah menjadi Rp 75.000 / orang dan Rp 100.000 / orang untuk tiket terusan. Lokasi wisata JOP ini berjarak sekitar 2 km dari Pantai Bandengan dan akan menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit dari pusat Kota Jepara.

Alamat; Desa Mororejo RT04 RW02, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

2. Taman Nasional Karimunjawa di Jepara

Tempat wisata di Jawa Tengah yang terpopuler pertama adalah Karimunjawa. Karimunjawa ialah pulau yang berada di kabupaten Jepara dengan luas daratan kurang lebih 1.500 h dan perairan kurang lebih 110.000 h. Legendanya pulau ini di temukan oleh Sunan Muria.Sejak tanggal 15 Maret 2001, pulau ini di tetapkan sebagai Taman Nasional. Karimunjawa rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies hewan laut, di  antaranya 250 jenis ikan hias sehinga tempat ini sangat di gemari wisatawan karena keindahannya.

Beberapa hewan langka yang mendiami disini adalah Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Alat transportasi menuju ke Pulau Karimunjawa yaitu kapal kelotok yang bisa anda temui di Pantai Kartini / Pantai Bandengan. Taman Nasional ini jaraknya sekitar 84 km dari arah barat laut Jepara. Berbagai kegiatan berlibur menarik yang bisa di lakukan seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, menjelajahi laut yang sangat jernih, belajar budidaya hiu dan tentunya masih banyak pilihan menarik lainnya berlibur di Pulau Karimunjawa.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

3. Museum Kereta Api Ambarawa

Alangkah baiknya jika ingin melihat kehidupan masyarakat yang sesungguhnya, anda bisa berlibur ke Ambarawa dengan tempuh jarak sekitar 30 menit saja. Museum Kereta Api Ambarawa dulunya adalah sebuah stasiun kemudian di alihfungsikan menjadi Museum Kereta Api yang berada di Ambarawa. Kereta api uap dengan lokomotif nomor B 25 02 dan B 25 03 ini dulunya buatan Maschinenfabriek Esslingen, serta B 51 12 di buat oleh Maschinenbau AG sampai sekarang masih bisa di jalankan sebagai kereta api wisata. Dahulu kereta api ini peninggalan Belanda, secara kesuluruhan museum tersebut memiliki 21 lokomotif tua. Tiket masuk ke museum hanya membayar Rp 5 ribu/orang. Paling faforit yang banyak di lakukan wisatawan untuk melihat lokomotif tua adalah berkeliling dengan menggunakan kereta api yang sudah tersedia, biaya cukup Rp 10 ribu/orang.

Alamat; Jl. Stasiun, No. 1, Ambarawa, Jawa Tengah

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah

4. Museum Purbakala Sangiran di Sragen

Jika anda berada di Sragen Jawa Tengah, jangan lupa mampir ke Museum Purbakala yang memiliki 13.809 koleksi fosil binatang purba. Karena banyaknya koleksi fosil purba museum ini dinyatakan UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia. Museum tersebut memberi sumbangsih besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dunia, di antaranya ilmu arkelogi, geologi, dan beologi. Obyek wisata di Kabupaten Sragen yang satu ini berada di dalam Kubah Sangiran terletak di Depresi Solo, di kaki Gunung Lawu kurang lebih 17 km dari Kota solo.

Sangiran dilewati sungai yang indah, yaitu Sungai Cemoro yang bermuara di Bengawan Solo. Kawasan Museum Sangiran ini sudah dilengkapi sarana dan prasarana kepariwisataan seperti Menara Pandang, Homestay, Guide, Homestay, Audio Visual, Taman Bermain, Souverior dan Fasisitas Mini Car yang di gunakan wisatawan untuk berkeliling. Museum Sangiran juga bisa di jangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti bus pariwisata, mobil, dan lain sebagainya.

Baca juga; 14 obyek wisata di Aceh Yang Memukau

5. Candi Borobudur di Magelang

Obyek wisata satu ini yang tidak kalah menariknya adalah Candi Borobudur masuk dalam 7 keajaiban dunia. Para ilmuan masih terheran-heran dengan bangunan satu ini, karena lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan berbahan bebatuan besar dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Misteri pembangunan candi tersebut masih belum terkuak sampai sekarang. Bukan hanya kemegahannya, candi ini memiliki keindahan dan keunikan yang luar biasa, memiliki nilai seni yang tinggi di nyatakan Word Heritage oleh UNESCO. Tempat wisata ini mudah di jangkau dengan kendaran kecil ataupun besar. Untuk dapat masuk ke Candi Borobudur akan di kenai biaya tiket Rp 30 ribu/orang dewasa, Rp 12.500/anak-anak, buka setiap hari mulai pukul 06:00 sampai 17:00 WIB. Adapun tiket masuk bagi turis yaitu USD 20/orang dewasa dan USD 10/anak-anak. 

Bangunan Candi Borobudur secara keseluruhan menjadi galeri mahakarya para pemahat batu. Tidak hanya megah dan besar, dinding Candi Borobudur di penuhi pahatan 2672 panel relief jika di susun berjajar relief ini mencapai panjang 6 km. Menikmati kemegahan Candi Borobudur tidak hanya berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi. Satu hal yang sayang di lewatkan adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas candi. Sorotan cahaya matahari yang menerpa stupa dan arca membuat keagungan kemegahan candi semakin terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja menerpa bersama deretan stupa dan arca untuk menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai tenggelam akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Baca juga; 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

6. Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo

Nah, jika anda berada di Wonosobo ada tempat wisata yang wajib untuk di kunjungi yaitu Dataran Tinggi Dieng. Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah, yang berada di wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng mempunyai ketinggian kurang lebih 2.000 di atas permukaan laut. Suhu Dataran Dieng 20 derajat di siang hari dan 6-10 derajat di malam hari. Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng kulon Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara dan Desa Dieng Wetan Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Wilayah ini merupakan salah satu wilayah terpencil di Jawa Tengah. Ada banyak tempat-tempat wisata menarik di Dataran Tinggi Dieng ini. Dataran Tinggi Dieng berjarak sekitar 30 km dari pusat Kota Wonosobo, berada di antara perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Obyek wisata di Jawa Tengah ini terkenal dengan julukan "TEMPAT PERSEMAYAMAN PARA DEWA DEWI". Di kawasan Dieng ini, Anda bisa menemukan sejumlah landmark paling memikat. Mulai dari candi-candi Hindu, Telaga Warna Dieng, Bukit Sikunir Dieng, hingga Sumur Jalatunda.

Baca juga; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan

7. Wisata Baturaden di Banyumas

Baturaden merupakan kawasan wisata alam yang patut di kunjungi terletak di Kabupaten Banyumas Propinsi Jawa Tengah. Baturaden memikiki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara cukup sejuk. Secara geografis, Baturaden terletak di sebelah utara Kota Purwokerto Propinsi Jawa Tengah di sebelah lereng Gunung Slamet. Gunung Slamet merupakan Gunung tertinggi ke 2 di Pulau Jawa dengan ketinggian kurang lebih 3.483 meter di atas permukaan laut. Hembusan angin dari pegunungan Slamet itulah yang membuat udara di Kawasan Wisata Baturaden menjadi sangat dingin berkisar 19-25 derajat celcius. 

Di kawasan wisata inilah anda dapat menyaksikan Pulau Nusa Kambangan, Kota Purwokerto, serta sejumlah deretan pantai berparonama indah di Cilacap. Tempat wisata yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yang selalu ramai di kunjungi wisatawan, yaitu Pancuran Pitu. Adapula obyek wisata yang patut di kunjungi lagi di sana adalah Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan hijau yang biasa di jadikan tempat berkemah bersama keluarga/teman-teman anda. Lokasinya berjarak 3 km dari Baturaden. Dan masih banyak tempat wisata di Banyumas seperti Taman Kaloka Widya Mandala ialah sebuah kebun binatang di kawasan Baturaden yang memiliki museun untuk menyimpan stwa khas indonesia.

Alamat: Kecamatan Baturaden- Kabupaten Banyumas- Jawa Tengah


8. Wisata Ketep Pass di Magelang


Yuk kita masih di Kota Magelang, obyek wisata kali ini adalah Ketep Pass yang berada di Magelang Jawa Tengah merupakan obyek wisata Alam kegunungapian khususnya Gunung Merapi. Obyek wisata Ketep Pass terletak pada ketinggian kurang lebih 1200 dari permukaan laut. Luas areanya sekitar 8000 meter persegi, berjarak 17 km dari blabak Magelang ke arah timur , 30 km dari Kota Magelang dan 35 km dari arah Kota Boyolali. Seandainya dari Kota Salatiga berjarak kira-kira 32 km, dapat juga di tempuh dari Kopeng dan Desa Kaponan bisa di tempuh dari Candi Borobudur berjarak 30 km. Lokasi obyek wisata ini sangat mudah di jangkau baik menggunakan Bus Pariwisata, Mini Bus, Mobil pribadi ataupun sejenisnya pakai Sepeda Motor juga bisa. 

Tempat Wisata Ketep Pass ini di resmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarno Putri pada 17 Oktober 2002. Untuk menikmati pemandangan alam yang begitu mempesona anda bisa berkunjung ke Wisata Ketep Pass, di sana anda dapat menyaksikan secara langsung luncuran awan panas Gunung Merapi. Wisata Ketep Pass memiliki beberapa fasilitas wisata yang sangat menarik, di antaranya adalah Museum Vulkanologi, Teropong, Gardu Pandang, Bioskop Mini, dan Pelataran Panca Arga. Areal parkir cukup luas sehingga muat untuk menampung bus besar. Tidak usah kawatir berwisata di Ketep karena semua fasilitasnya sudah nyaman dan aman, karena itu wisata ini sayang untuk di lewatkan. 

Spot wisata paling sering di kunjungi di daerah Jawa Tengah yang satu ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di Wisata Ketep Pass, yaitu di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Tahukah kalian, dari Pelataran Panca Arga kalian bahkan dapat juga menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni; Gunung Merapi, unung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu. Di Kota Magelang, Wisata Ketep Pass tekenal oleh kebanyakan wisatawan sebagai salah satu tempat berlibur yang favorit untuk dikunjungi. Tiket untuk dapat masuk ke lokasi, Anda harus mengeluarkan dana untuk menebus tiket ke Wisata Ketep Pass di Kota Magelang ini sebesar Rp 7.500/orang. Semoga liburan kalian menyenangkan kawan ...! Amiiin

Alamat; Jl. Blabak Boyolali km. 16, Kec. Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga; 20 Keindahan Wisata Alam Di Jawa Barat Yang Luar Biasa

9. Wisata Rafting di Sungai Progo Atas Kota Magelang

Progo Rafting adalah provider profesional jasa wisata arung jeram yang memuat berbagai kegiatan trip di Sungai Progo Magelang, cocok bagi anda yang mempunyai hobi olahraga extrim dan menantang. Sungai ini juga terkenal dengan sebutan operator arung jeram Progo ataupun Progo Xventouers. Tempat wisata ini berdiri pada tahun 1997, yang beralatkan kantor dan pusat layanan kegiatan di Hotel Putri Asri bintang 5, Kota Magelang.

Lokasinya nyaman dan strategis sekaligus terintegrasi dengan berbagai macam fasilitas standart hotel bintang 5 yang akan memudahkan anda mengemas acara berlibur terasa mengesankan dan takterlupakan.Tidak ada salahnya jika anda mencoba adrenali di Sungai Progo Atas di Magelang ini, yang berlokasi di sepanjang 12 km. Untuk menjelajahi Sungai Progo Atas tersebut akan membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 sampai 3 jam. Terdapat beberapa jumlah rute arung jeram di Sungai Progo Atas di antaranya adalah arung jeram Sungai Progo Hulu, arung jeram Sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Atas dan Sungai Progo Hulu berada di wilayah Kota Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di Kabupaten Kulon Progo,JOGJAKARTA.

Alamat; perumahan Griya Tok Songo, Magelang, Jawa Tengah

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik

10. Wisata Ngarsapura Night Market di Solo

Lagi cari tempat wisata yang unik? Nah kali ini jangan lewatkan Ngarsapura Night Market dari daftarmu ya, travelers. Di tempat wisata ini pastinya akan menyenangkan. Kalian bisa jalan-jalan malam menikmati susana Kota Solo, belanja barang-barang kerajinan, batik, souvenir, makanan hingga oleh-oleh khas Kota solo. Tapi janagan terburu-buru berkunjung di tempat tersebut sebelum mengetahui secara detail, karena Ngarsapura Night Market Kota solo hanya ada di hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 19.00 sampai 21.00 WIB saja hlo. Di tempat wisata ini kamu akan menjumpai live pervormance seperti; jazz, tarian, ataupun musik etnik dari  para penggiat seni di Kota Solo. Hal tersebut ditunjukan untuk menambah semarak suasana di Ngarsapura Night Market.

Ngarsapura ini adalah tempat berdagang yang hanya diperuntungkan bagi mereka yang mempunyai KTP Solo. Sebagai salah satu destinasi wisata di propinsi Jawa Tengah yang populer, Kota Solo memang selalu ramai di kunjungi para wisatawan. Jika kamu tiba di Kota Solo pada hari Sabtu, luangkanlah waktu bermalam minggu di Ngarsapura dan ingat jangan tergesa-gesa pulang, karena hari Minggu masih menanti untuk menikmati suasana meriahnya. Sudah yakin ingin berangkat ke Ngarsapura Night Market Solo, travelers? jangan kawatir di sana banyak tempat penginapan yang nyaman. Semoga petualangan berlibur kalian menyenangkan kawan...

Alamat; Jl. Diponegoro, Solo, Jawa Tengah

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

11. Wisata Kampung Batik Laweyan di Solo

Masih di Kota Solo yang menajubkan tentunya, sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata di Kota ini. ya kita cari tempat berlibur sekaligus bisa belajar batik yang menjadi salah satu kebanggaan Negara kita, karena Indonesia terkenal akan batiknya. Di Kampung Batik Laweyan Solo, Anda akan menemukan kesan arsistektural Eropa. Banyak rumah penduduk setempat di laweyan dibangun dengan sentuhan arsistektur Eropa yang begitu megah dan indah. Konon, pada jaman dahulu rumah-rumah tersebut adalah kediaman saudagar batik. 

Saat ini kampung yang mendiami di atas lahan seluas 24 hektar terbagi ke dalam tiga blok besar. Anda tidak akan bosan berkeliling dari toko ke toko yang berderetan untuk mencari batik yang Anda cari di tempat ini. Memang Indonesia terkenal akan kerajinan batiknya, batik-batik di sana seperti yang Anda temukan di daerah-daerah Jogja, Solo, Cirebon,Kalimantan,Sulawesi, Papua dan masih banyak lagi kerajinan batik dari berbagai daerah di Nusantara. Seni batik Solo yang menjadi daya tarik utama ini diperkaya dengan situs-situs bersejarah seperti masjid, makam, serta situs lainnya. Potensi batik disini menjadi magnet yang kuat untuk menarik para wisatawan. 

Dengan tatanan tempat yang baik, Kampung Batik Laweyan mampu menawarkan berbagai jenis wisata dan mampu melayani kebutuhan pengunjung dalam pelayanan yang maksimal, tak luput dari itu Kampung Batik Laweyan tetap lestari dengan peninggalan budaya dan sejarah yang membuat kesejahteraan masyarakat berbasis bisnis batik ini menjadi meningkat. Di samping itu kampung Batik Laweyan ini mempunyai potensi komunitas masyarakat yang sangat berperan besar dalam turut menjaga kelestarian kawasannya. Kekompakan komunitas ini mampu menjadikan Kampung Batik Laweyan menjadi destinasi obyek wisata yang ramah dan layak dikunjungi.

Alamat; Jl. Doktor Radjiman No. 521, Solo, Jawa Tengah

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

12. Wisata Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo

Memang tak ada habisnya membahas tempat-tempat wisata di Kota satu ini. Alamat Keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat adalah di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota surakarta, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Keraton Surakarta adalah simbol dan cikal bakal kota Surakarta atau lebih di kenal kot Solo. Keraton Kasunanan Surakarta merupakan sebuah tempat bersejarah yang tidak boleh dilewatkan ketika brkunjung ke kota Solo. Tempat ini di bangun secara bertahap dari tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II, menjadikan Keraton Surakarta sebuah tempat yang eksotis dan juga menyimpan banyak nilai sejarah.

Dalam bagian Keraton yang sering di sebut panggung Sanggabuwana, ceritanya dulu di situlah tempat Kasunanan bersemedi dan bertemu Nyai Rara Kidul/penguasa Pantai Selatan. Di Keraton Kasunanan Surakarta juga terdapat museum yang menyimpan berbagai barang-barang peninggalan keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah. Adapun tiket untuk bisa masuk ke Keraton Surakarta adalah Rp 4 ribu/orang dan ada ongkos tambahan sebesar Rp 2 ribu jika Anda membawa kamera. Jika sudah puas berkeliling di Keraton, jangan lewatkan juga untuk mampir ke Pasar Klewer yang jaraknya tidak terlalu jauh. Karena, pasar ini adalah salah satu ajang pusat perdagangan batik di Kota Solo yang terpopuler selain kampung Batik Laweyan yang sudah kita bahas di atas tadi.

Alamat; Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

13. Wisata Masjid Agung Jawa Tengah

Hasil gambar untuk masjid agung jateng semarang
Liburan kurang lengkap kalau tidak mampir ke Masjid Agung Jawa Tengah ini. Selain untuk menunaikan Shalat, Masjid yang bernama Masjid Agung Jawa Tengah ini juga mempunyai fasilitas museum, terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, pusat aktivitas syiar Islam, studio radio, Al-Qur'an raksasa, payung elektrik, dan masih banyak lagi. Masjid ini adalah kebanggaan warga Jawa Tengah, yang berlokasi di Kota Semarang.

Usut punya usut pembangunan Masjid ini di mulai pada tahun 2001 kemudian diresmikan pada tanggal 14 november tahun 2006 oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. uniknya, model bangunan Masjid ini merupakan gabungan dari beberapa arsitektur Islam, Romawi, dan jawa. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 10 hektar. Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid provinsi Jawa Tengah yang merupakan salah satu masjid termegah di Indonesia. Komlpleks masjid terdiri dari bangunan utama seluas 7.669 m2 dan halaman halaman seluas 7.500 m2.

Alamat; Jl. Gajah Raya, Desa sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik


14. Wisata Lawang Sewu di Semarang

Seribu Pintu atau sering di sebut Lawang Sewu adalah gedung-gedung bersejarah di indonesia yang berdiri kokoh di Kota Semarang, Jawa Tengah. Dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij {NIS}. Bangunan ini dibangun pada tahun 1904 dan selesai seutuhnya pada tahun 1907 oleh kolonial Belanda, terletak di bundaran Tugu Muda yang dulu di sebut Wilhelminaplein. 

Tepatnya pintu di Obyek wisata kali ini tidak seutuhnya seribu, melainkan sekitar 429 buah daun pintu lebih dari 1.200, masyarakat Semarang menamakannya Lawang pitu dan sewu / seribu pintu. Untuk bisa masuk di obyek wisata Lawang sewu, Anda harus membeli tiket sebesar Rp 10 ribu / orang. Adapun tiket untuk masuk ke ruangan bawah tanah Anda harus membayar tiket sebesar Rp 30 ribu / orang. Bangunan bersejarah di Semarang ini masih terawat, saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang di lakukan oleh Unit Pelestarian Benda dan Bangunan bersejarah.

Alamat; Jl. Pemuda Komlek Tugu, Semarang, Jawa Tengah

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi


15. Wisata Kota Lama di Semarang / Litle Netherland

Ada lagi tempat wisata di Kota Semarang yang dapat Anda kunjungi lagi yaitu Kota Semarang Lama. Disini menyajikan kemegahan arsistektur Negara Eropa di masa lalu, banyak sekali bangunan-bangunan kuno yang indah dan eksotis peninggalan kolonial Belanda. Di sekitar halaman Kota Lama terdapat kanal-kanal air yang keberadaannya masih bisa kita jumpai hingga saat ini. Meski tidak terawat, hal inilah yang membuat Kota Lama mendapat julukan Litle Netherland. Lokasinya yang terpisah dengan lanskap seolah-olah mirip dengan kota-kota di Negara Eropa beserta kanal yang mengelilinginya menjadikan suasana Kota Lama seperti miniatur Belanda di Kota Semarang. 

Landmark yang paling menarik dan menonjol bangunannya adalah Gereja Blenduk, ialah sebuah bangunan yang kini usianya berkisar 2,5 abad. Atapnya seperti busur panah yang melengkung dan berwarna merah sangat serasi dengan dindingnya yang bercat putih. Ada empat pilar yang terkesan kokoh dan menara kembarnya di bagian depannya membuat bangunan ini terlihat mempesona. Kota Lama Semarang merupakan salah satu destinasi paling favorit bagi para sejarawan dan pecinta fotografi. Selain bangunan ini, ada juga obyek wisata Stasiun Tawang dan Polder Air Tawang yang jaraknya tidak jauh dan patut untuk Anda kunjungi. Banyak cara terbaik menikmati suasana di Kota Lama Semarang, salah satunya adalah pada waktu malam hari karena tempat ini akan menunjukkan kemegahannya.

Alamat; Jl. Kartini, Semarang, Jawa Tengah

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Wisata Jalan Pahlawan di Semarang

Jalan Pahlawan menjadi tempat favorit nongkrong atau sekedar menikmati keindahannya bagi warga Semarang maupun warga lainnya terutama pada akhir pekan. Waktu Malam minggu disini atau jelasnya di sepanjang jalan ini selalu ramai dikunjungi warga. Tidak sekedar muda-mudi yang datang untuk malam mingguan, anak-anak hingga orang tua juga datang turut untuk menghibur diri. Jangan heran, kalau Anda mendapati di Jalan Pahlawan Semarang padat merayap yang di penuhi kendaraan pada akhir pekan. 

Bermacam makanan di jual dan tempatnya yang luas tentunya berhias lampu-lampu terang, menjadikan daerah tersebut sebagai salah satu tempat di Semarang sebagai tempat obyek wisata yang asik pada malam hari. Adapun trotoar jalan yang lumayan lebar dengan tatanannya cukup rapi adalah suatu keistimewaan jalan ini. Adalah suatu kebanggan tersendiri dan pengalaman tak ternilai harganya jikalau pernah berkunjung di jalan Pahlawan Semarang kawan.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Wisata Candi Prambanan di Klaten

Indonesia adalah Negara kaya akan bangunan candi. Bukan hanya candi Borobudur yang eksotis, kali ini Candi Prambanan yang tidak mau kalah ajaib dan megah bin mewah.Begitu luasnya Candi Prabanan ini, berada di deretan Kota Klaten dan menyebar ke Provinsi Jogjakarta. Tapi secara global, banyak orang menyebut bahwa Candi Prambanan yang mendunia ini sebagai tempat obyek wisata di Kota Klaten. Sepanjang tempat wisata ini telah di bangun banyak kios yang menyediakan berbagai dagangannya.

Berbagai macam suvenir khas Candi Prambanan seperti gantungan kunci, kaos, kalung, gelang, miniatur bangunan dan masih banyak lagi berbagai oleh-oleh yang bisa Anda dapat.  Menurut dongeng, Candi Prambanan adalah sosok Roro Jonggrang yang di kutuk menjadi batu oleh Bandung Bondowoso kemudian di letakkan pada tempat paling ujung candi. Di kompleks Candi Prambanan juga terdapat museum berbentuk rumah joglo. Museum ini di isi koleksi berbagai benda-benda yang berhasil ditemukan di sekitar candi pada jaman dulu, seperti arca dan berbagai bebatuan purbakala.

18. Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu di Karanganyar


Lelah atau capek sebab perjalanan berlibur? sudah pasti tentunya...! Di Grojogan Sewu Tawangmangu adalah solusi tepat untuk menghilangkan problem tersebut. Selain sejuk, disini pemandangnnya masih asri bertema herbal dan organik dan di kelilingi pepohonan rindang dengan di lengkapi kera-kera liar. Gerombolan kera-kera ini suka mencuri barang bawaan Anda, oleh karena itu selalu berhati-hati ketika berkunjung ke Grojogan Sewu Tawangmangu. Setelah puas dengan dinginnya air terjun utama, Anda bisa berwisata berkeliling hutan dengan luas 20 hektar.

 Adapun fasilitas lainnya untuk memanjakan diri seperti kolam renang bagi orang dewasa maupun anak-anak dan penginapan. Terdapat juga warung makan dengan masakan khasnya yaitu sate kelinci berbandrol harga terjangkau. Meski jalur jalan banyak belokan curam dan bersebelahan jurang, sangatlah mudah untuk menuju ke Grojogan Sewu. Dari terminal Tawangmangu naik angkot sekitar 800 meter lalu berjalan kaki dari jalan raya sampai ke pintu masuk sekitar 200 meter. Harga tiket masuk Rp 6.000, untuk menuju Air Terjun ada dua loket pintu masuk.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

19. Wisata Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal

Menyelam sambil minum air, pas sekali denga pribahasa tersebut karena selain berlibur disini kita bisa mengobati penyakit, airnya hangat dan mengandung belerang. Obyek wisata Pemandian Air Panas memiliki banyak pancuran terkenal dengan paronama alamnya yang menarik dan memiliki hawa sejuk khas peegunungan. Jika Anda malas berjalan mengelilingi tempat ini disini menyediakan penyewaan kuda dengan harga yang lumaayan murah. Di Taman Wista Air Panas Guci juga ada lapangan tenis, wisata hutan, kolam renang air panas, lapangan sepak bola, tempat perkemahan pelajar, penginapan, hotel, villa, losmen, hingga hotel berbintang.

Biasanya pada Malam Kamis yang keesokan bertepatan hari Jum'at Kliwon adalah hari-hari ramai dikunjungi wisatawan. Sebab, ada mitos yang berkembang Anda bisa mengambil berkah dengan mandi sekitar jam 12 malam dan bedo'a di sini, konon apapun permohonan akan di kabulkan. Jarak tempuh perjalanan kurang lebih 40 km dari Kota Tegal. Adapun tiketnya pada hari biasa sebesar Rp 5.000 / orang dewasa, Rp 4.500 / anak-anak dan pada liburan Nasional atau tanggal merah tiketnya sebesar Rp 7.000 / orang dewasa, Rp 6.500 / anak-anak biaya tersebut termasuk asuransi jasa raharja untuk para pengunjung.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menararik 

20. Wisata Pantai Pulau Panjang di Jepara

Untuk menuju ke lokasi Pantai Pulau Panjang, ada dua jalur penyebrangan. Pilihan pertama yaitu dari Pantai Kartini berjarak 2,5 km yang membutuhkan waktu 10 menit dengan ongkos transportasi perahu umum sebesar Rp 15.000 / orang { pulang pergi }. jalur kedua dari Pantai Bandengan yang jaraknya lebih jauh serkisar 4 km akan memakan waktu kira-kira 20 menit. Jika tidak sabar, Anda bisa menyewa perahu pribadi bertarif Rp 200.000 - Rp 300.000 sesuai negosiasi yang kamu sepakati. 

Sesampai di Pulau Panjang Anda akan di sugui hamparan pasir putih dan pemandangan terumbuh karang dari permukaan karena begitu jernihnya airnya. Selain itu suasanya sejuk menyapa karena banyaknya pepohonan dan semak-semak yang mengelilingi dijadikan tempat bagi burung laut bermalam dan berkembang biak. Terdapat paving block mengelilingi pulau yang di kelola pihak wisata membuat nyaman para wisatawan untuk menikmati hutan tropis Pulau Panjang. Selain bisa tracking dan bermain di pantainnya, ada juga wisata religi.

Di sini terdapat pemakaman Syekh abu Bakar bin Yahya Ba'alawy, merupakan salah satu penyebar Agama Islam di kawasan Kota Jepara. Waktu paling ramai di kunjungi untuk berziarah adalah saat peringatan Haul pada bulan Suro / Muharram jumlah peziarah akan melonjak drastis. Fasilitas di Pulau Panjang belum memadai seperti belum adanya penginapan ataupun hotel sehingga traveler tidak bisa bermalam disini.

Baca juga; 42 Tempat wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

21. Wisata Pantai Pulau Nampu di Wonogiri

Masih membahas tempat wisata pantai, ya Pantai Nampu adalah salah satu pantai indah dari beribu-ribu pantai di Indonesia. Pantai Nampu yang letaknya di Desa Dringo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa tengah masih relatif sepi. Oleh sebab itu pantai ini masih alami dengan paronama pantainya yang menawanan disetai ombak pantainnya menari-nari seakan menyapa membisikkan selamat datang bagi pengunjungnya. Di atas tebing anda akan disuguhi pemandangan kawasan Samudera Indonesia seakan mengajak memasuki sebuah pintu gerbang cakrawala, ombak yag bening bagai mutiara dan hamparan pasir putih mengelilingi beserta karang-karang yang tersusun nan elok menyadarkan diri akan kebesaran sang pencipta yang luar biasa. 

Sugguh ciptaan Illahi yang maha dasyat, Anda akan menemukan berbagai keindahan yang tidak bisa di lukiskan di Pantai Nampu ini. Kami sarankan traveler berhati-hati dengan ombaknya yang lumayan besar karena pantai ini memiliki ombak khas pantai selatan. Akses menuju ke lokasi dapat di tempuh dari Kota Wonogiri kurang lebih 2 jam perjalanan, dari Kota Solo bisa melewati jalur alternatif melalui jalur Pancimantoro ataupun jalur Baturetno. Sarana dan prasarana sudah cukup baik dari jalanan beraspal, area parkir, kamar mandi, deretan warung-warung, tenda penunjuk, kios pedagang dan lain-lain. Dari saya pribadi mengucapkan selamat berwisata di obyek wisata Pantai Wonogiri dan semoga menyenagkan.

Baca juga; 35 Tempat Waisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

22. Wisata Goa Petruk di Kebumen

Mendengar kata "Petruk" Anda akan ingat seorang tokoh wayang, di salah satu sudut goa ini terdapat motif batu mirip tokoh tersebut sehingga goa ini di beri nama Goa Petruk. Goa Petruk merupakan salah satu goa terindah di Kota Kebumen bahkan menurut seoranng ahli goa Dr. Koo menyatakan bahwa goa ini adalah goa terindah diseantero Indonesia. Seiring tetesan air kapur berjatuhan dari stalaktit goa, terbentuk stalaktit dan stalagmit Goa Petruk membentuk ornamen-ornamen unik. Percuma datang ke Goa Petruk hanya mengintip dari mulut goa yang menganga lebar. 

Perlu diingat di dalam goa tidak ada pijaran lampu yang terkesan Goa Petruk menyeramkan karena belum tercampur tangan dan masih alami dan mempesona, jangan kawatir di sini tersedia pemandu goa. Goa ini bertempat di atas bukit kapur yang memiliki panjang 2000 meter dan dapat di telusuri hingga 350 meter. Terdapat pula tiga tingkatan lantai yaitu lantai satu, dua, dan tiga. Yang beralamatkan di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah atau berkisar 4455 km dari Jatijajar menuju ke Arah Selatan.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

23. Wisata Mendaki Gunung Merbabu di Magelang

Kurang lengkap rasanya para hobi pendaki kalau belum pernah menaklukan Gunung Serbabu ini. Gunung yang berada di empat wilayah yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kota Salatiga, dan Kabupaten Semarang. Puncak Kenteng Songgo dan Puncak Syarif adalah puncak tertinggi selain itu ada lima kawah dengan detailnya Kawah Condrodimuko, Kendang, Kombang, Sambernyowo dan Rebab. 

Gunung Merbabu sangat diminati pendaki karena memiliki tingkat kesulitan sedang serta pemandangan indah di sepanjang jalur pendakian. Gunung ini merupakan gunung mati pernah meletus pada tahun 1560 dan 1797, puncaknya berada di ketinggian 3.145 meter di atas permukaan laut. Gunung Serbabu mempunyai kawasan Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane dan Hutan Ericaceous / Hutan Gunung.  Catatan bagi pendaki ,Gunung Serbabu ini mikin sumber air apalagi di puncak sangat kering, jadi jika Anda ingin mendaki bawalah bekal 2X lebih banyak terlebih khususnya air.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

24. Wisata River Boarding Kali Pusur di Klaten

River Boarding adalah suatu olahraga extrim dan membutuhkan nyali besar bagi yang melakukannya. Kali Pusur di Klaten memang belum terkenal namun sensasi tantangannya tidak mau kalah di bandingkan dengan sungai-sungai yang terdapat di wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. Oleh karena itu jika sudah berolahraga river boarding disini pastinya ingin mengulanginya di lain waktu. 

Meski baru di mulai pada tahun 2012 lalu, wisatawan dari luar Klaten sudah banyak yang telah mencobanya. Sebab medan river boarding di Kali Pusur, kedalaman sunggai dan tingkat kesulitan medan yang berbatu tidak membahayakan. Sambil bermain river boarding yang mengasikkan Anda akan disuguhi pemandangan alam yang masih alami, dan air Kali Pusur ini terbilang jernih, alahkah baiknya jika tidak membuang sampah sembarangan. 

Alamat; Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Kota Klaten, Jawa Tengah

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

25. Wisata Obyek Mata Air Cokro { OMAC } di Klaten

Sungguh menyenangkan tak kenal maka tak sayang, disini dapat dijumpai aliran sungai yang tenang, bersih dan jernih dengan deretan pepohonan besar juga rindang membuat Obyek Wisata Air Cokro ini semakin nyaman bak seperti surga di Dunia. Air tersebut juga berfungsi sebagai irigasi persawahan oleh petani setempat. 

Obyek Wisata Pemandian Air Cokro atau di kenal Umbul Cokro berjarak kurang lebih 18 km dari Kota Klaten ke arah utara. Memiliki luas sekitar 15.000 meter persegi. Menjelang bulan Ramadan (H-2) tempat wisata ini ramai didatangi pengunjung, menurut kepercayaannya mandi disini dapat menjalani ibadah puasa dengan lancar. Beberapa fasilitas lainnya ialah berbagai warung, area flying fox dan sliding water / meluncur di air, kolam renang, waterboom, tempat bermain anak-anak, dsb.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

26. Wisata Umbul Ponggok di Klaten

Umbul Ponggok adalah kolam alami yang sudah ada sejak jaman Belanda, kini dikembangkan menjadi wisata tirta yang terkenal di Klaten. Kolan ini berukuran 50 x 25 meter dan mempunyai kedalaman rata-rata 1,5 sampai 2,7 meter yang sangat cocok digunakan untuk lokasi snokerling. Umbul Ponggook sangat berbeda dengan kolam-kolam biasanya yang dasarnya berupa lantai keramik. Dasar kolam ini berupa hamparan pasir, bebatuan karang, dan ada ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut nan alami. Walaupun dipenuhi ribuan ikan , air di Kolam Unggul Ponggok tidak amis sebab airnya terus mengalir. Selain sebagai tempat snokerling, tempat ini menjadi primadona untuk sesi pemotretan di dalam air. 

Terdapat jasa penyewaan kamera underwater dengan tarif Rp 60.000 / 30 menit dan Rp 100.000 / satu jam. Untuk mendapatkan hasil potretan yang maksimal, Anda disarankan datang pada hari Senin - Jum'at pada pukul 07:00 - 09:00 WIB atau pukul 14:00 - 16:00 WIB. Dan pada akhir pekan hari Sabtu - Minggu pada pukul 07:00 - 09:00 WIB, selain itu pada waktu siang hari jumlah pengunjung biasanya lebih banyak sehingga Anda tidak bisa leluasa mencari spot foto yang diiginkan. Adapun tarif masuk sebesar Rp 5.000 / orang, buka setiap hari mulai pukul 07:00 sampai 17:00 WIB.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi

3 komentar:

  1. Jaga ayo alam kita jangan sampai kita merusak keindahaan alam. Salam lestari
    agen viagra
    pil biru
    obat hammer

    BalasHapus
  2. Ayo pasang angka keberuntunganmu di sini bersama BOLAVITA!! Tersedia berbagai macam pasaran togel yang bisa Anda coba, salah satunya adalah pasaran Singapore Pools.

    Dengan Jam Pasaran :
    > Tutup Pasaran : 17.25 WIB
    > Buka Pasaran : 17.40 WIB

    Dengan HADIAH dan DISKON Togel :

    *****HADIAH TOGEL*****
    ♠ 4D x 3000
    ♠ 3D x 400
    ♠ 2D x 70

    *****DISKON TOGEL*****
    ♠ 4D = 65%
    ♠ 3D = 59%
    ♠ 2D = 29%

    Dengan minimal betting Rp 1.000 saja sudah dapat memainkan permainan Togel.

    Bolavita juga bekerja sama dengan Bank ternama Indonesia. Guna mempermudah Anda untuk bertransaksi.

    Yuk gabung sekarang dan jadilah Pemenang Jackpot di BOLAVITA !!

    Hubungi kami di sini :
    WA / TELEGRAM : +628122222995

    #bolavita #togel #togelonlineterbaik #agentogelterbaik #juditogelterpercaya #togelsgp #togelhongkong #situstogelterbaik #togelonlineterpercaya #juditogel #togelsydney #togelbolavita #togelidn #togelisin #liveidn

    BalasHapus