Jumat, 24 Juni 2016

11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

Kalimantan Utara merupakan suatu provinsi yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan, Indonesia  . Provinsi ini berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Negara Bagian Sabah dan Serawak, Malaysia Timur. Provinsi ini adalah pecahan dari Provinsi Kalimantan Timur yang dibentuk dengan tujuan memperkuat pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan, selain itu tujuan utamanya untuk menghidupkan ekonomi masyarakat.

Di setiap kabupaten di Kalimantan Utara memiliki tempat-tempat pariwisata yang patut dikunjungi. Kalimantan Utara memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati wisata alam pegunungan, sungai, hutan lindung, dan air terjun, serta wisata pantai yang airnya jernih dengan pemandangan yang indah.

Saat ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi termuda di Indonesia, yang resmi disahkan menjadi provinsi dalam rapat paripurna DPR pada tanggal 25 oktober 2012  berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012. Berikut beberapa obyek wisata di Provinsi Kalimantan Utara yang bisa travelers kunjungi.

1. Hutan Lidung Sungai Sesayap
Lindung Sungai Sesayap berada di Kabupaten Tana Tidung, obyek wisata alam ini dapat Kalian nikmati dengan berlayar di sungai Sesayap menggunakan perahu yang disediakan penduduk. Keindahan pemandangan dan pepohonan yang tumbuh subur dapat dinikmati disepanjang sungai. Hutan lindung ini merupakan tempat berlindung dan berteduhnya berbagai hewan yang dilindungi.

Hewan-hewan ini berlindung pada Pohon Perengat yakni memiliki buah yang biasa dimanfaatkan untuk asam. Pemandangan lain yang tak kalah serunya adalah ketika para nelayan yang sedang menangkap ikan dan menjala udang di sepanjang Sungai Sesayap, asalkan Kalian tahu Sungai Sesayap terkenal sebagai daerah penghasil udang.

Beberapa jenis hewan yang dilindungi di Hutan Lindung Sungai Sesayap adalah kera, beberapa jenis burung dan hewan lindung lainnya.



2. Sungai Nyamuk
Sungai Nyamuk berada disalah satu kelurahan di kecamatan Sebatik Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Indonesia. Di kawasan Sungai Nyamuk ini mayoritas sebagian besar penduduk berprofesi sabagai petani tanaman lada dan coklat. Di Daerah Sungai Nyamuk ini sudah terkenal sebagai penghasil lada dan coklat dari kalimantan utara.

Bagi Sobat yang tertarik dengan ilmu pertanian lada maupun coklat, tentu saja tempat ini bisa direkomendasikan sebagai tempat yang wajib untuk dikunjungi. Bukan hanya tanamannya saja yag terkenal, keindahan alam di lokasi inipun tak mau kalah.



3. Persemaian Inhutani
Inhutani adalah sebuah Badan Usaha Indonesia di sektor Kehutanan, dengan berbagai unit bisnis meliputi usaha industri pengolahan kayu, pengelolaan hutan alam, dan pengelolaan hutan tanaman. Persemaian Inhutani adalah tempat wisata yang letaknya tidak jauh dari ibukota Kabupaten Tana Tidung.

Suasana alam disisni sangat nyaman dan sangat meyejukkan mata menjadikan Persemaian Inhutani digunakan sebagai tempat rekreasi. Berkunjung ke Persemaian Inhutani dapat merefres fikiran dari aktifitas sehari-hari. Labih jauh ke dalam, pemandangan yang disajikan lebih memukau.

Di seberang jembatan, akan ditemui tiga buah rumah sederhana yakni tempat tinggal para pengawas yang bertugas di kawasan tersebut. Tepat di belakang jejeran rumah pengawas, terdapat 7 buah kandang satwa yang merupakan daya tarik bagi pengunjung untuk berlibur. Aktifitas pengunjung yang dapat dilakukan ialah outbound dan latihan golf.



4. Air Terjun Gunung Rian
Gunung Rian berada di Kecamatan Sesayap, gunung ini dihiasi air terjun yang indah mengalir sepanjang tahun. Dengan memiliki ketinggian -+90 meter dan terdapat beberapa umpakan. Dari umpakan tersebut terdiri atas + 20m mendatar dan 20 m meninggi, diumpakan inilah pegujung bisa memanjatnya sampai ke puncak air terjun.

Di namakan Air Terjun Rian karena berlokasi di Kampung Rian yang berada di kaki Gunung Rian, Kalimantan Utara. Ketika berwisata di Air Terjun Rian ini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sungguh luar biasa indahnya. Airnya yang jernih menambah sensasi kesegaran yang dihadirkan melalui percikannya dibebeatuan.

Disekitar kawasan air terjun dihiasi dengan keindahan hutan tropis nan khas eksotiknya. Vegetasi hutan tropis yang beragam menjadikan betah berlama-lama di tempat ini. Para pengujung akan dengan mudah menjumpai saah satu flora khas Kalimantan yakni pohon Ulin. Bagi Kalian yang gemar dengan tantangan di alam terbuka, tempat ini merupakan lokasi yang tepat untuk mengekspresikan kebebasan Anda.



5. Pantai Tanah Kuning

Pantai Tanah Kuning memiliki pasir putih nan bersih membentang, dengan pesona alamnya yang begitu indah mempesona. Pantai Tanah Kuning merupakan pantai hits di Kalimantan Utara yang memiliki air bersih, semilir angin menerpa saat berada dibibir pantai nan indah ini. Berbagai pohon hidup subur di tepi pantai semakin menambah keelokan panorama dikawasan ini.



Nama Tanah Kuning diambil dari nama desa dimana pantai indah ini berada. Menikmati ekotisme alam di Pantai Tanah Kuning akan lebih asyik dan lebih berkesan, sebab pengujung akan mendapat sambutan yang ramah dari penduduk setempat. Pantai Tanah Kuning lebarnya 75 meter dengan panjangnya -+3 km. Pantai ini sangatlah cocok bagi Anda Yang memiliki hobi memancing maupun olahraga air.


Pantai Tanah Kuning merupakan sebuah obyek wisata bahari yang letaknya berdekatan dengan Pantai Karang Tiga, pengunjung yang datang bisa sekaligus mengunjungi patai ini. Untuk menuju ke lokasi Pantai Tanah Kuning dibutuhkan andenalin yang cukup menantang, sebab bidang jalannya masih agak sulit ditempuh.Semua kesulitan akan terbayar lunas, ketika hembusan angin sepoy dan suasana pantai yang indah akan mengobati seluruh kelelahan.


Baca juga ; 16 Tempat Berlibur di Gorontalo Yang Menajubkan




6. Pantai Amal

Pantai Amal adalah obyek wisata yang sering dikunjungi sekalipun bukan masa liburan untuk sekear refreshing menikmati keindahan pantainya. Pantai ini berada di Kecamatan Tarakan Timur, Propinsi Kalimantan Timur. Dalam sejarahnya Pantai Amal merupakan lokasi pendaratan pertama tentara Jepang pada tahu 1942.

Meskipun Pantai Amal tidak berpasir putih, pantai ini menjadi pilihan obyek wisata yang ramai dikunjungi. Dengan pasirnya yang coklat dipadu dengan cakrawala biru yang membentang dan lambaian pohon kelapa maka akan tampak jelas keindahan dan keharmonian alam di pesisir Pantai Amal ini.

Saat ini pemerintah Kota Tarakan tengah merencanakan untuk menjadikan Pantai Amal sebagai kawasan mini Ancol di wilayah utara Kalimantan Timur dengan mengadakan perluasan pantai. Untuk menuju ke pantai ini dapat di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi, -+11 km dari pusat kota dalam waktu -+25 menit.

Dikawasan ini juga menawarkan kuliner khas Kota Tarakan yaitu Kapah rebus yang merupakan sejenis kerang kemudian dipadukan dengan sambal mentah. Selain Kapah, masih banyak lagi hidangan yang tersedia dan tentunya akan menggugah selera makan Anda.



7. Pantai Batu Lamampu
Pantai Batu Lamampu adalah sebuah pantai yang terletak di Kecamatan Sebatik, Kota Sebatik, Provinsi Kalimantan Utara. Nama pantai ini berasal dari Bahasa Tidung yang bermakna Batu Timbul dan tersusun ke arah laut. Batu ini selalu muncul ke atas permukaan dan tak pernah tenggelam meskipun air laut pasang.

Pantai ini merupakan salah satu icon di Pulau Sebatik yang medatangkan wisata domestic ataupun turis domestic. Pantai Batu Lamampu memiliki paronama laut yang indah, puncak, pasir putih bersih, dll. Di obyek wisata ini biasa digunakan champing, ivent, pengibaran bendera 1000 meter dan kegiatan lainnya.


Untuk ingin berwisata ke Pantai Batu Lamampu, para pengunjung harus menyeberang laut terlebih dahulu ke Dermaga Mantikas Kecamatan Sebatik Barat. Pengunjung dapat menggunakan perahu umum ataupun milik pribadi. Kemudian, menggunakan mobil menuju Pantai Batu Lamampu di Kecamatan Sebatik.

Berbagai aktivitas dapat dilakukan di Pantai Batu Lamampu yakni dari bakar-bakar ikan, sekadar berfoto dengan pemandangan pasir putih, serta berenang.



8. Gunung Putih
Gunung Putih adalah salah satu desa di kecamatan Tanjung Palas, Bulungan, Kalimantan Utara, Indonesia. Gunung ini mempunyai keindahan yang alami dengan memiliki relief-relief seperti pahatan seniman. Gunung Putih mempunyai panorama alam yang indah dan menakjubkan, ada sungai kecil disisi gunung, bebatuan berukuran cukup besar serta pemandangan paronama hijau yang menyenangkan.

Ada dua titik utama yang dapat di kunjungi di Gunung Putih, yaitu dipuncak gunung yang paling tinggi. Pemandangan alam di puncak Gunung Putih sangat eksotik indahnya dan membuat terkagum-kagum, dari atas sana kita bisa memandang hamparan perumahan penduduk, biasanya para pencinta alam tidak akan melewati momen yang indah itu.

Titik lain yang juga dikunjungi adalah Goa Gunung Putih yang teletak dibelakang lereng gunung, untuk kesana membutuhkan waktu 10-15 menit dari teras gunung. Selama perjalanan memutari gunung bisa menikmati pemandangan yang asri, sebab dari sisi gunung tersebut belum terjamah yang semakin menambah keindahan pemandangan di bawahnya.



9. Penangkaran Buaya Juwata
Penangkaran Buaya Juwata memiliki luas sekitar 5 hektar berada di Kelurahan Karang Harapan, Tarakan Barat yang dimulai sejak tahun 1991. Obyek rekreasi ini memiliki koleksi buaya dari beberapa wilayah di Kalimantan yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Kota Tarakan.

Ada 4 jenis buaya ditangkarkan yakni Buaya Muara (crocodylus porosus), Buaya Supit (tamistoma scheillius), Buaya Air Tawar (crocodylus siamlisus), dan khusus Buaya Papua (Crocodilus novaeguineae ) adalah buaya yang dilindungi di Indonesia. Buaya ditempat ini dikembangbiakkan dan pembesara yang kemudian dipanen.

Produk-produk yang bisa diambil dari Buaya tersebut berupa daging, gigi, kulit, dan berbagai material lainnya. Sebagian besar bahan dari kulit buaya untuk keperluan ekspor yang kemudian diolah menjadi produk dompet, tas, ikat pinggang, sepatu, dan sebagainya.



10.  Museum Rumah Budar
Museum Rumah Bundar yaitu  sebuah obyek wisata sejarah yang berada di kawasan kampung baru, Jl. Danau Jempang, Kelurahan Pramusian, Kecamatan Tarakan tengah, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Museum ini di kelola langsug oleh Dinas Kebudayaan Kota Taraka, sebelum di buka untuk umum museum tersebut di kenal sebagai rumah bundar.

Bangunan ini berbentuk seperti halnya rumah umumnya dengan ukuran 6x 12 meter dan atapnya berbentuk setengah lingkaran. Bangunan ini didirikan oleh tentara Australia pada tahun 1945 sebagai tempat tinggal setelah merebut kekuasan dari tangan Jepang. Lokasi museum tersebut dapat ditempuh sekitar 15 menit dari Bandara Juwata Tarakan.

Museum ini masih tergolong sepi pengunjung dikarenakan masih sedikitnya koleksi. Adapun bangunan sejarah lainya selain museum ini adalah perumahan staf BPM, Klenteng, Masjid, dan lain-lain.


11.  Air Terjun Semolon
Air Terjun Semolon mempunyai bentuk seperti tangga dengan jumlah 9 tingkat. Air di Air Terjun Semolon merupakan sumber air panas terbesar dan terunik yang diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Banyakpula wisatawan lokal dan mancanegara yang berdatangan ke tempat ini.

Obyek Wisata air panas Air terjun semolon berlokasi di Desa Paking, Kecamatan Mentarang, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Panorama yang disajikan masih alami, indah dan asri yang belum terjamah oleh banyak orang. Disini sudah disediakan cottage bagi wisatawan yang ingin bermalam sambil menikmati udara segar dan tarian khas dayak.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

4 komentar:

  1. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  2. WONDERFUL EAST JAVA is an online travel agent based in Probolinggo East Java, since the end of 2009 we started to pioneer this business with the aim to facilitate you to do tourism in east java especially for mountain area of ​​Bromo, Kawah Ijen Malang, Surabaya stone tourism city and also Banyuwangi and other tours in eastern Java
    WONDERFUL EAST JAVA

    BalasHapus