Rabu, 01 Juni 2016

15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

Nama Bengkulu dulunya diambil dari beberapa bahasa, diantaranya bahasa Belanda: Benkoelen / Bengkulen, bahasa Inggris: Bencoolen, bahasa Malaysia: Bangkahulu. Menurut masyarakat sekitar, nama Bengkulu berasal dari bahasa Melayu-Jawi, yaitu bang yang berarti pesisir dan kulon yang berarti barat. Kedua kata tersebut kemudian mengalami pergeseran pengucapan, bang berubah menjadi beng dan kulon berubah pengucapan menjadi kulu.

Bengkulu adalah  Provinsi  di Indonesia yang terletak di bagian barat daya Pulau Sumatera yang identik dengan bunga Rafflessia Arnoldi atau Bunga Bangkai, ibukota bengkulu berada di Kota Bengkulu.  Bengkulu pernah berdiri kerajan-kerajaan, yang di bawah kesultanan banten dan kerajaan ini menjadi vazal.

Selain dikenal dengan Peninggalan Sejarahnya. Bengkulu juga memiliki Pesona alam yang eksotik. Objek wisata di Bengkulu tidak mau kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya di Indonesia. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut akan kami informasikan beberapa tempat wisata di Bengkulu yang mungkin ingin Anda kunjungi.

1. Rumah Bung Karno


Rumah Bung Karno terletak di  jalan Soekarno-Hatta, Anggut, Bengkulu, tak jauh dari lokasi KPPN Bengkulu. Rumah Bung Karno ini memimiliki nilai historis yang sangat tinggi dan kini menjadi objek wisata sejarah di Bengkulu. Pada mulanya rumah itu milik dari pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian yang bekerja sebagai penyuplai sembako untuk Pemerintah Hindia Belanda.
Hingga saat ini kondisi rumah pengasingan bung karno masih terawat dan tetap seperti aslinya. Bentuknya pun jauh dari kesan modern seperti halnya rumah-rumah jaman sekarang. Beberapa benda dan barang-barang peninggalan bung karno  semasa hidupnya yakni koleksi buku-buku yang jumlahnya sekitar 303 buku, lukisan, foto, sepeda, kursi meja, sampai tempat tidur.
Di sekitar rumah terhampar halaman yang cukup luas, terawat dan sebuah sumur yang berada di belakang rumah. Untuk masuk ke Rumah Bung Karno, pengunjung dikenakan biaya Rp 2.500 dan sangat cocok bagi yang ingin berwisata sejarah. Terdapatpula sentra penjulan oleh-oleh khas Bengkulu yang letaknya tak jauh dari rumah bersejarah ini.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang wajib di Kunjungi
2. Danau Dendam Tak Sudah
Sebuah objek wisata dengan nama yang cukup unik ini, yakni Danau Dendam Tak Sudah adalah kawasan wisata yang menyuguhkan panorama pepohonan hijau yang masih terjaga kelestariannya, terbuktikan karena udaranya yang masih sangat sejuk. Pada saat pagi hari danau ini akan terlihat sangat eksotis di mana kekayaan flora dan faunanya akan menciptakan suasana alaminya.
Untuk menikmati liburan di Danau Dendam Tak Sudah, travelers bisa berkeliling dengan menggunakan perahu atau rakit, kegiatan menarik ini akan membuat liburan Anda terkesan lebih menyenangkan. Selain itu tempat ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk memancing, sebab di danau ini banyak terdapat ikan berukuran lumayan besar yang mudah Anda dapatkan.
Selain keindahan alamnya, Danau ini juga terkenal dengan tempat tinggal beberapa flora dan fauna yang langka. Flora / tumbuhan adalah anggrek matahari, plawi, bunga bakung, gelam, terentang, sikeduduk, brosong, ambacang rawa, pakis dan juga anggrek pensil (Vanda Hookeriana). Sedangkan untuk fauna / hewan adalah lutung dan kera ekor panjang. Beberapa jenis hewan lain yang menghuni kawasan sekitar danau adalah burung kutilang,babi hutan, siamang, dan ular phyton.
Lokasinya berada di Kecamatan Teluk Segara, Kecamatan Selebar, dan Kecamatan Talang, Kabupaten Bengkulu Utara, Propinsi Bengkulu, Indonesia atau sekitar 6 km dari Kota Bengkulu. Danau ini memiliki luas 577 hektar. 

Baca juga; 30 Obyek Wisata Alam di Jawa Timur Yang Asik
3. Taman Hutan Raya Tahura Rajolelo


Pada awalnya Taman Hutan Raya Tahura Rajolelo ini memiliki luas 1122 Ha, seiring waktu berjalan, sebagian lokasi telah menjadi kebun sawit dan didirikan bangunan, sehingga luasnya bersisa sekitar 150 Ha. Keistimewaan dari Tahura Rajolelo ini adalah, adanya bunga bangkai Rafflesia Arnoldi dan bunga kibut (Amor Popallus Titanium) merupakan flora langka yang hanya ditemukan di wilayah Bengkulu.

Taman Hutan Raya Tahura Rajolelo ini terbagi atas lima buah zona yakni zona penerima, zona ekoton, zona kebun koleksi, zona kebun uji dan zona perkemahan. Untuk zona penerima ialah tempat paling awal ketika kita masuk ke dalam gerbang tahura. Zona ini mirip  taman, dimana ada bangku-bangku, tempat beristirahat, jembatan, serta ada sentra produksi dengan luas 45 Ha.

Zona selanjutnya adalah zona ekoton dengan luas 13 Ha, dimana memberikan banyak fasilitas hiburan alam seperti taman bunga dan green house. Sarana hiburan lainnya adalah, adanya panggung pertunjukkan, podium, lapangan, cafeteria dan gambaran zona lain yang berupa miniatur. Desa Tanjung Terdana, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Utara,



4. Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri Bengkulu mulai dibangun pada tahun 1978. Tetapi, museum ini baru difungsikan pada 3 Mei 1980. Mulanya Museum Negeri Bengkulu berada di Benteng Marlborough. Tiga tahun kemudian, tepatnya 3 Januari 1983, museum ini menempati gedung baru di Jalan Pembangunan No.8 Padang Harapan.

Museum yang diresmikan oleh Drs. GBPH Poeger, Dirjen Kebudayaan pada masa itu, memiliki dua ruangan pameran, yakni ruang Pameran Tetap dan Pameran Temporer. Di kedua ruangan inilah, pengunjung dapat melihat 3.660 koleksi yang meliputi bidang biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika / heraldika, filologika dan keramologika.

Museum ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan koleksi benda-benda bersejarah dan adat budaya masing-masing suku yang ada di Bengkulu. Di antaranya adalah koleksi pakaian pengantin dan pakaian adat, alat-alat rumah tangga, senjata tradisional, miniatur rumah adat, tulisan huruf “ Ka ga nga” dan peninggalan-peninggalan masa prasejarah mulai dari masa peradaban batu sampai perunggu. Selain itu ada juga peninggalan kerajinan kain tenun dari kain tenun masyarakat Enggano dan aneka jenis motif kain besurek.

Jln. Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Bengkulu Bengkulu. Waktu kunjungan di Musium Negeri Bengkulu setiap hari Selasa-Minggu mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Setiap hari Senin dan libur nasional, libur. Tiket masuk Musium Negeri Bengkulu untuk dewasa Rp.2.500 dan anak-anak Rp. 1.500.

Baca juga; 15 Tempat Wisata di Bangka Belitung Yang Menyenangkan

5. Pantai Tapak Paderi


Pantai Tapak Paderi memiliki pesona alam yang luar bisa, terutama pada saat matahari terbenam. Anda dapat menikmati suasana sunset yang romantis sambil menikmati jajanan jagung bakar. Selain itu Kalian juga dapat menikmati pemandangan di sekitar pantai dari tengah danau buatan yang terletak di pinggir pantai dengan menggunakan perahu yang memang disediakan di tempat ini.
Ketika di lihat dari bagian atas dari Pantai  Tapak Paderi ini, Anda juga dapat menyaksikan langsung keindahan lautan Bengkulu yang  sangat memukau. Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini bisa berjalan-jalan kaki menyusuri pantai, atau pun hanya duduk santai di sekitar tepian pantai. Dan kegiatan menarik lagi seperti berenang atau pun snorkeling juga bisa dilakukan di pantai ini.
selain hal tersebut di Pantai Tapak Paderi ini ternyata juga mempunyai garis pantainya yang sangat panjang dan terlihat sangat menawan, jadi tidaklah heran jika Pantai Tapak Paderi ini cukup ramai dengan para pengunjungnya untuk setiap harinya.
Pantai Tapak Paderi  juga sering digunakan sebagai tempat pusat Festival Tabot Bengkulu. Dalam festival ini pengunjung akan disuguhi kemeriahan pertunjukan seni, pasar, aneka lomba, pameran, rebana, ttari tabot, dan beraneka acara lainnya.



6. Benteng Fort Marborough
Benteng Fort Marlborough ialah benteng peninggalan Inggris berada di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) tahun 1713-1719 di bawah kepemimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan ( merupakan benteng terkuat Inggris di wilayah Timur ). Benteng ini dibangun di atas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu dan membelakangi samudera Hindia
Daya tarik benteng ini berarsitek tipikal abad 18 yang berbentuk kura-kura. Lokasi benteng dipusat kota berbatasan dengan Perkampungan China. Dikawasan benteng dapat melihat beberapa jembatan yang menghubungkan bagian ujung dan pusat. Adapula sebuah jembatan di atas parit yang membentuk ekor serta jembatan yang menghubungkan jalan masuk tempat wisata.
Di dalam bangunan ini pengjunung akan melihat ruang tahanan, gudang persenjataan, kantor, beberapa meriam, ruang perlindungan,serta terowongan sepanjang kurang lebih 6 m dan lebar 2 m. Dibagian belakang terlihat tiga makam yaitu makam Thomas Parr, Charles Muray dan satu makam yang tidak dikenal. Selain itu ada prasasti nisan yang bertuliskan nama, tanggal dan tahun kematian para tentara Inggris.
Terletak di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Bengkulu. Tiket masuk Benteng ini sebesar Rp 2.500 / orang.


7. Pantai Panjang

Dinamakan sedemikian rupa karena pantai ini memiliki garis pantai mencapai 7 km dan lebar pantai sekitar 500 meter. Fenomena ini terjadi karena di sekitar pantai tidak terdapat karang sehingga saat air laut pasang membuat hamparannya menjangkau sangat jauh ke dalam pantai.

Keistimewaannya terletak pada pasir nya yang putih dan berbulir sangat halus serta luas dan landai.
Keunikan lainnya yang ditawarkan adalah pantai ini tidak dikelilingi pohon kelapa seperti pada pantai umumnya, melainkan pantai ini dikelilingi oleh pohon pinus dan cemara menjadikan kesejukan suasana di sekitar pantai. Kebanyakan para pelancong yang berkunjung ke pantai ini suka menghabiskan waktu dengan berjemur di bibir pantai dan saat yang paling ditunggu adalah menikmati sunset di sore hari.
Objek wisata Pantai Panjang yang ada di Bengkulu ini ternyata mempunyai banyak fasilitas mulai dari restoran, penginapan, cafe, area bermain untuk anak-anak, pusatnya perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa objek wisata Pantai Panjang ini menjadi tempat wisata populer yang cukup banyak penggemarnya.
Salain itu Pantai Panjang ini juga menjadi satu-satunya pusat objek wisata terapi dengan berjogging di saat pagi atau pun sore hari di lintasannya. Sampai saat ini belum ada pungutan biaya apapun ketika memasuki Pantai Panjang. Terletak 1,5 km dari barat Bengkulu.

Baca juga; 17 Obyek Wisata di Kalimantan Barat Yang Indah


8. Danau Mas Harun Bastari
Kawasan Wisata Danau Mas Harun Bastari terletak di perbatasan antara kota Curup dan kota Lubuk Linggau, tepatnya berada di Kecamatan selupung Rejang, kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Sebuah tempat rekreasi dengan bukit-bukit kecil yang di tanami sayur-sayuran ( pusat perkebunan sayur ), pengunjung bisa melihat sayuran-sayuran yang biasa dikonsumsi tiap harinya.
Suatu ciri khas tepat wisata Danau Mas Harun Bastari ialah adanya sebuah pulau kecil membentuk huruf C di tengah-tengah danau. Fasilitas wisata sudah tersedia di Objek Wisata Danau Mas Harun Bastari, Pemerintah kota setempat telah membangun beberapa sarana dan prasarana bagi wisatawan yang ingin berkunjung, seperti pos penjagaan keamanan, WC Umum, dan tempat parkir yang cukup luas.
Dilokasi tersebut juga terdapat kantin, musholla, dan juga tempat bermain anak-anak, jadi anda tidak peru khawatir jika mengajak anak-anak karena sudah ada alternatif hiburannya.  Harga tiket masuknyapun terbilang murah Rp 10.000 / orang.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

9. Bukit Kaba

Bukit Kaba merupakan obyek wisata yang paling populer karena pendaki pemula biasanya banyak ditemui di daerah ini, dengan tingginya sekitar 1.952 dari permukaan laut. Selain itu, Pada bukit ini terdapat kawah besar dengan ketinggian 1.700 m dari permukaan laut yang menyuguhkan pemandangan menarik. Hanya ada dua rute yang sudah terarah yaitu jalur tanah untuk para trekking dan jalur aspal yang bisa dilalui kendaraan roda dua.
Fasilitas tangga di lereng luar Kawah Lama memudahkan para wisatawan untuk mencapai bibir kawah-kawah lainnya di kawasan puncak. Kondisi alam yang masih perawan menjadikan kawasan ini menyimpan berbagai macam satwa liar, dan dengan mudah di temui sepanjang perjalanan menuju puncak. Memasuki kawasan puncak, terlihat jajaran barisan bukit yang indah akan membuat siapapun takjub dengan cahaya matahari yang menusuk disela-sela pegunungan.
Pada waktu malam gemerlap lampu Kota Curup menambah keindahan tempat ini dan  malam akan terasa sangat singkat karena panoramanya yang menawan. Pemerintah desa juga menyiapkan jasa penunjuk jalan bagi mereka yang baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Propinsi Bengkulu.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik
10. Sungai Air Berau
Obyek wisata Sungai Air Berau berpotensi menjadi kegiatan berburu ikan dan sangat cocok untuk lokasi arung jeram, karena mempunyai debit air deras dan banyak rintangan yang berada di bantaran jalan lintas Barat (Jalinbar ) Bengkulu. Sungai Air Berau berjarak -+30 km dari Kota Mukomuko, memiliki air yang jernih sehingga banyak terdapat spesies ikan.
Selain bermain arung jeram, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan menangkap ikan. Dikawasan hulu sungai terdapat air terjun bersuasana alami, sehingga ditempat ini masih sejuk dan hijau. Daya tarik tempat ini adalah penosa alamnya yang indah dan mempesona sehingga banyak mengundang wisatawan.
Tidak jarang tempat ini diadakan lomba dayung sampan, dengan harapan bisa dijadikan konsep pembangunan Air Berau dengan kultur budaya yang ada. Teerdapat juga acara adat “ Anak daro mandi ke air” yang berarti bayi yang baru lahir di mandikan ke sungai. Lokasi Sungai Air Berau berada di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

11. Kebun Teh Bukit Daun
Kawasan Kebun Teh Bukit Daun merupakan  satu-satunya kawasan perkebunan teh yang ada dibumi Pat Petulai Rejang Lebong yang berlokasi di Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu. Perkebunan teh yang mulai dirintis pada tahun 2004, kini luasnya mencapai 264 hentar yang hijau membentang di kaki bukit daun. Kebun Teh Bukit Daun merupakan salah satu objek wisata andalan Kabupaten Rejang Lebong.

Sesampainya dikawasan Kebun Teh Bukit Daun, pengunjung akan langung merasakan segarnya udara yang bebas dari polisi, sejuknya seuasana, serta dapat memanjakan mata dengan pemandangan kebun teh yang membentang hijau nan indah. Bagi pengunjung yang datang kelokasi, dapat  juga melihat proses pengolahan daun teh dari pabrik pengolahannya.

Jika beruntung pengunjung dapat menikmati secangkir teh yang merupakan hasil produksi teh bukit daun yakni Teh Cap Dandang. Suasa disini tidak jauh berbeda dengan suasana puncak dibogor, bahkan lebih menarik, lebih sejuk, indah, dan bisa menikmati indahnya sunset.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

12. Pantai Lais

Ada satu pantai yang harus anda kunjungi, yaitu Pantai Lais yang terletak di Desa Lais, Kabupaten Bengkulu Utara. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah karena pantai tersebut berada ditepi jalan rayat lintas Barat Sumatra. Objek wisata tersebut banyak dikungjungi wisatawan selain memang indah juga mudah dijangkau.


Pantai lais ini mirip dengan dengan pantai lot yang ada di pulau dewata. Dengan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pusat kota anda bisa menikmati keindahan Pantai lais di provinsi bengkulu ini. Tempat ini juga sangat cocok bagi keluarga yang ingin menikmati wisata piknik yang relatif nyaman karena daerahnya yang masih bersih, harmonis dengan disekitar pantai dikelilingi pohon cemara.



13. Air Terjun Curug Sembilan


Air Terjun Curug Sembilan atau Air Terjun sembilan tingkat terletak di Desa Tanah Hitam Kecamatan Padang Jaya. Air Terjun Curug sembilan ini menyajikan pemandangan yang menakjubkan yaitu sembilan tingkat air terjun yang mengalir deras bersamaan dengan sungai di bawahnya

Deburan Air yang dingin dan udara segar, menjadikan tempat ini salah satu lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan alam Bengkulu. Air terjun bertingkat-tingkat i ini diklaim sebagai satu-satunya yang ada di Provinsi Bengkulu. Keunikan Air Terjun yang ada di Tanah Hitam ini adalah sangat berjajar layaknya bertingkat-tingkat dengan jarak berdekatan.

Dilokasi Air terjun tersaji suasana hutan yang masih sangat alami dengan flora dan fauna di sekitarnya. Di sekeliling lokasi Curug sembilan sering dijumpai binatang-binatang liar, suasananya benar-benar cocok untuk menenangkan pikiran.



14. Pantai Jakat



Pantai Jakat merupakan pantai yang cukup aman bagi pengunjung yang ingin mandi atau berenang di pantai. Disisni wisatawan dapat menikmati keindahan pantai yang masih terjaga dan tidak tercemar. Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah saat Sunset menghampiri Kota Bengkulu.

Pengunjung juga di manjakan dengan fasilitas yang dapat menghibur pengunjung seperti adanya penyewaan Jet Ski, Permainan Banana Boat, Penyewaan Ban Pelampung dan Outbond. Sehabis asik bermain tidak usah kawatir kelaparan karena di sepanjang jalan di Pantai Jakat, banyak pedagang penjual jagung, pisang bakar, sate bakar, es kelapa serta berbagai aneka masakan hasil laut khas Bengkulu yang akan menggugah selera kuliner Anda.
Travelers ingin melihat refleksi cakraala emas sang surya ?, maka datanglah diwaktu fajar / senja, spektrum cahaya keemasan disini adalah nuansa alam yang spektakuler. Alamat: Bajak, Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu.

15. Kampung Tua Cina
Menurut data-data informasi sejarah yang terkumpul, kawasan ini merupakan pemukiman Cina semenjak jaman masa Kolonial Inggris. Informasi tersebut mendukung, karena adanya bukti tinggalan-tinggalan arkeologi yang berupa rumah berarsitektur Cina. Jumlahnya tidak banyak, terhitung ada 20 buah rumah yang berarsitektur Cina di kawasan ini.
Bentuk rumah-rumah tersebut memanjang ke arah belakang, bertingkat 2, dan beratap lengkung. Adapula yang diberi hiasan terawangan yang terdapat di atas jendela yang berfungsi sebagai ventilasi. Kini kawasan Kampung Tua Cina hampir berubah bentuk, walaupun sebagian masih dipertahankan keasliannya.
Guna untuk mempertahankan keidentikan dan kekhasan daerah Kampung Tua Cina, pemerintah setempat membangun sebuah gerbang bercorak cina di depan benteng Marlborough yang keberadaannya tak jauh dari pemukiman tersebut.

Baca juga;
29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi
50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan
22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona


15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik
22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan
24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau
26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan
39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan
Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi
35 Tempat Waisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan
50 Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui
50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menararik 



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 15 tempat wisata di Bengkulu yang eksotik

0 komentar:

Posting Komentar