Kamis, 11 Agustus 2016

20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

Papua adalah sebuah pulaui terluas di bagian paling timur Indonesia yang memiliki potensi wisata alam yang memukau. Di kawasan Pulau Papua menyimpan segudang tempat wisata yang patut dikunjungi seperti wisata pantai, wisata alam, wisata budaya, bahkan wisata pulau nan cantik pun ada disini. Jika Kalian berfikir bahwa Negara Indonesia tidak menarik dari luar negeri, cobalah tengok rangkuman di bawah ini.

Malah sudah banyak sekali wisata asing yang datang hanya untuk menikmati keindahan dan keeksotisan di Pulau Papua ini. Disinilah tempat berlibur  yang cocok dengan sanak saudara, keluarga atau pun pasangan, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan keindahan yang tersaji. Tahukah anda bahwa banyak sekali yang menjuluki Pulau Papua ini sebagai surga tersembunyi.

Oke lansung saja, berikut tempat-tempat wisata di Pulaui Papua yang menanti untuk Anda jelajahi;

1. Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Ingin liburan mendapatkan sensasi lain dari yang lain ? Tentu saja Taman Nasional Teluk Cendrawasih lah jawabannya. Salah satunya Kita bisa melihat hiu paus (Whale Shark) yang merupakan hiu terbesar di planet bumi. Selain itu kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah taman nasional perairan teluas dan  juga menjadi kawasan konservasi laut terbesar di Indonesia.

Asalkan kamu tahu, ternyata disini juga bisa berenang bareng hiu paus yang berada di Desa Kwantisore. Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di tepi Samudera Pasifik yang merupakan lempengan benua, sehingga memiliki kekayaan flora dan fauna. Adapun waktu terbaik untuk berlibur ialah di antara bulan Mei sampai Oktober.

Pengunjung yang datang tak akan bosan, karena banyak kegiatan liburan yang dapat dilakukan dan pastilah sangat seru dari wisata bahari, menyelam, snokerling, pengamatan satwa, wista budaya dll.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz membentang dari puncak Gunung Jayawijaya yang diselimuti salju hingga perairan pesisir pantai, membuat kawasan ini memiliki perwakilan ekosistem terlengkap berupa keanekaragaman hayati di Asia Tenggara dan Pasifik. Sebagian besar dari kawasan ini merupakan hutan perawan yang memiliki beragam rupa keindahan alam.

Di kawasannya banyak di tumbuhi pepohonan rindang  dan diselingi dengan sungai-sungai besar maupun kecil. Aliran sungai ini selain mampu menghiasi tepian gunung, juga membentuk air terjun di beberapa tempat. Sebagian dari sungai-sungai ini mengalir memasuki bumi Papua dan membentuk sungai bawah tanah nan cantik.

Keragaman flora di kawasan tersebut juga diikuti dengan floranya juga, tercatat terdapat sekitar 42 spesies mamalia yang sebagian besar dari mereka merupakan spesies langka serta dua diantaranya spesies baru. Selain itu dihuni oleh sekitar 1.000 spesies ikan dan 55 jenis burung yang diantaranya merupakan burung langka seperti burung Cendrawasih.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Kepulauan Raja Ampat

Ini dia tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan tempat berlibur, terutama bagi Anda yang suka wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut dari berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna alam bawah laut pada saat ini.

Ada sejumlah kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase yang fantastis yaitu berada di selat Dampier, kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayang. Jenis dari terumbu karang di Kepulauan Raja Ampat umumnya ialah terumbu karang berkontur landai hingga curam.

Namun ditemukan juga berjenis atol dan tipe gosong / laka di beberapa tempat, ketika pasang surut terendah dapat di lihat hamparan terumbu karang meskipun tanpa menyelam. Dengan adaptasinya sendiri, karang tersebut tetap masih bisa hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari secara langsung.

Spesies yang unik bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari manta. Serta ikan endemic Raja Ampat yakni Eviota Raja ( sejenis ikan gobbie ). Jika kamu beruntung, bisa melihat penyu berenang ataupun sedang diam memakan sponge. Secara administrasi gugusan Kepulauan Raja Ampat berada di kawasan Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Pulau wayang

Pulau Wayang masih satu Lokasi dengan Kepulauan Raja Ampat yakni berada di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.  Pulau wayang ini adalah ikon utama dalam wisata bahari Raja Ampat, kegiatan snokerling disini bagai surga. Sangatlah unik dan menarik, Wayang merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat dan untuk mencapainnya  memakan waktu selama 6-7 jam perjalanan menggunakan speedboat.

Sebaiknya berangkat pada malam atau subuh, jika tidak ingin ketinggalan banyak moment. Atau bisa menginap di sekitar area Pulau Wayang ada International Conservasion. Dari sini Anda dapat meminta bantuan mereka untuk mengantar berkeliling dan menaiki bukit karst. Pulau berjajar ini memiliki pasir putih dan dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya.

Untuk mendapatkan hasil foto yang indah, Anda harus naik puncak bukit dengan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam mendaki. Nah, dari puncak bukit ini seluruh pemandangan di Pulau Wayang bisa kalian nikmati. Perlu di perhatikan, saat heendak menuju ke puncak tebing mintalah batuan atau saran pada kru kapal demi keselamatan Anda.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

5. Pulau Misool

Keindahan Pulau Misool Raja Ampat memang tak diragukan lagi, pulau tersebut merupakan salah satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat. Dengan bermacam jenis taman laut yang memegang sekitar 75% dari semua spesies karang dan ikan hias di dunia, menjadikannya sebagai salah satu tujuan kegiatan snokerling yang paling popular di Provinsi Papua Barat.

Kejernihan perairan lautnya sangat memungkinkan, memandang langsung ke sub-permukaan yang berwarna-warni di atas perahu dengan jarak pandang ke dalam air mencapai 20 hingga 30 meter. Banyak sekali tempat penyelaman di Pulau Misool dengan menyajikan keindahan bawah laut yang wah. Oleh sebab itu menyelam, berjemur, berenang ataupun sekedar bersantai di tepi pantai adalah suatu kegiatan yang jarang terlewatkan bagi wisatawan.

Perlu diketahui, bahwasannya Misool Eco Resort di tutup mulai dari pertengahan bulan Juni sampai pertengahan bulan September dari segala kegiatan wisata. Sebab kondisi cuaca dan angin yang tak menentu, maka hal tersebut akan mempengaruhi pada pengalaman yang disajikan di Pulau Misool.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten Yang Menjadi Incaran Wisatawan

6. Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon berada di sebelah utara Kabupaten Teluk Wondama atau di selatan Kabupaten Manokwari. Pulau ini menawarkan suasana yang tenang baik daratan maupun lautannya dan serunya lagi terdapat beberapa obyek pengambilan gambar ( pemotretan ) seperti di Pantai Panjang, hutan mangrove yang semakin menambah cantiknya Pulau Rumberpon.

Banyak aktifitas pengunjung yang bisa di lakukan selain tersebut di atas antaranya bersantai menyusuri pantai, snokerling, menyelam, olahraga ski air, berselancar, maupun memancing. Masih banyak sekali di temui biota-biota laut seperti terumbu karang yang alami dan tersebar hampir di sekeliling pulau, jadi Anda bebas dan puas memilih spot untuk snokerling.

Ada satu lagi keunikan di Pulau Rumberpon yakni memiliki hewan langka burung rusa ( cervus timorensis ), kuskus, elang laut dan ikan duyung yang akan menambah keseruan selama Anda berlibur kesana. Agar sampai ke tempat wisata ini memerlukan waktu yang cukup lama, sekitar 6 jam menggunakan speedboat dari Manokwari.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku Utara Yang Menyenangkan

7. Pulau Salawati

Tidak hanya kecantikan yang menjadi daya utama Pulau Salawati, namun keanekaragaman hayatinya juga sudah di akui dunia. Di kawasan inilah ditemukannya sesies baru yakni ikan pelangi salawati ( Melanotaenia ) yang merupakan spesies ke-19 lewat eksplorasi biodiversitas kawasan ekoregion Kepala Burung Papua.

Ikan tersebut di temukan di Sungai Doktor, yang mana sungai ini sebagai ilusi meditasi masyarakat untuk mengobati bermacam penyakit. Pulau Salawati adalah salah satu dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat dengan luas sekitar 1.650 km persegi. Hampir 3/4 dari Pulau Salawati adalah hutan sagu yang lebat, pohon tersebut tumbuh liar tanpa ada yang menanam.

Keindahan yang dimiliki Pulau Salawati memang berkaitan dengan keragaman flora dan faunanya, kondisinya tergolong sunyi, tenang dan alami membuat banyak wisatawan yang tertarik untuk mendatanginya. Selain itu pulau ini juga menjadi jujugan peneliti mancanegara, serta terdapat bunker-bunker peninggalan Perang Dunia ke-2 buatan Belanda dab Jepang, tarian word an air terjun.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

8. Puncak Jayawijaya ( Carstensz Pyramid )

Gunung Carstensz Pyramid yang terletak di Papua adalah gunung tertinggi di Indonesia yang puncaknya di selimuti salju. Berada di punyaknya merupakan salah satu impian bagi para pendaki untuk bisa menginjakkan kakinya disana, karena hampir tak semua gunung di Indonesia memiliki salju di puncaknya.

Menurut informasi yang berhasil didata dari berbagai sumber, salju ini diperkirakan akan meleleh dan menghilang pada tahun 2024 nanti, akibat pemanasan global. Setiap tahunnya ada 200-300 pendaki luar negeri yang mengeksplor gunung ini dan hanya puluhan orang dari mereka berasal dari Indonesia. Bukan suatu keanekan tentunya, karena pendaki lokal terkendala dalam hal perizinan.

Puncak Gunung Carstensz Pyramid memiliki ketinggian 4.884 meter dpl yang dapat kamu akses melalui Freeport dan Ilaga.

baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

9. Lembah Baliem

Lembah Baliem adalah lembah pegunungan Jayawijaya yang berada di ketinggian 1.600 meter dpl dengan di kelilingi pegunungan nan indah dan masih alami. Lembah ini juga dikenal sebagai Grand Baliem Valley ( tempat tinggal suku Dani ) di Desa Wosilimo atau 27 km dari Wamena, Papua. Adapun suku Yali dan suku Lani yang hidup bertetangga di lembah.

Lembah Baliem menyimpan keindahan yang tiadaa tara, karena letaknya di tengah-perbukitan membuat iklim disini begitu dingin pada malam hari dan panas di siang hari. Bagi pengunjung yang suka dengan wisata budaya, festival Lembah Balem bisa menjadi pertunjukan sekaligus pengalamman wisata yang menajubkan.

Secara singkat festival ini menceritakan tentang perang segitiga antar suku tersebut, yang merupakan lambang kesuburan serta kesejahteraan yang dilukiskan melalui adu kekuatan antar suku. Festival Lembah baliem sudah menjadi tradisi turun temurun dan masih berlangsung hingga kini, yang diselengggarakan setiap tahun di bulan Agutus bertepatan dengan HUT RI.

Serta festival Lembah Baliem digelar selama 3 hari penuh dan pertama kali diselenggarakan pada tahun 1989. Serunya pada pembukaan festival selalu diawali dengan scenario perang. Dengan pemandangan alam yang eksotis yang berpadu dengan pagelaran budaya lokal yang unik, oleh sebab itu Lembah Baliem menjadi destinasi wisata paling diburu oleh turis asing.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

10. Danau Sentani

Danau sentani merupakan obyek wisata yang mudah di jangkau dari Jayapura sekitar 50 km dan dikawasannya tersedia perahu wisata untuk mengelilingi danau. Selain itu, di tiap tahunnya di adakan Festival Danau Sentani untuk menarik wisatawan yang digelar pada pertengahan bulan Juni. Festival tersebut di isi dengan acara tari-tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat, serta sajian berbagai kuliner khas Papua.

Asalkan kamu tahu di danau ini terdapat 30 spesies ikan air tawar yang unk dan 4 diantaranya merupakan endemic dari Danau sentai yaitu hiu gergaji ( Pristis microdon ), ikan pelangi merah ( Glossolepis incises ), ikan gabus Danau Sentani ( Chilatherina sentaniensis ), dan ikan pelangi sentani ( Chilatherina sentaniensis ).

Danau Sentani ternyata memiliki beragam biota laut dan sudah dimanfaatkan untuk budidaya ikan tawar loh. Di Danau Sentani Anda bisa berenang, bersampan, menyelam ( snokerling ), memancing ski air bahkan wisata kuliner. Wah pastinya pengalaman berlibur yang kamu dapat lebih menyenangkan, karena Danau Sentani punya pemandangan alam yang indah.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

11. Danau Paniai

Lokasi Danau Paniai berada di Kabupaten Paniai, Papua yang menyuguhkan paronama alam yang rancak, alami dan terawat dengan baik. Oh iya, Danau Paniai adalah danau terbaik dan terindah di dunia yang di nyatakan oleh 157 negara saat Konferensi Danau Se-Dunia yang dihelat di India pada 30 November 2007. Luas danau ini tercatat sekitar 14. 500 ha, sehingga memberi ruang yang memuaskan bagi wisatawan.

Selain menikati keeksitisannya di pnggir danau, para pengunjung bisa mencoba berkeliling danau dengan menyewa perahu atau memancing. Meskinpun Danau Paniai terletak di pegunungan dan perbukitan, didalamnya menyimpan aneka jenis ikan air tawar dan udang. Untuk udang selingkuh dan ikan pelangi menjadi sasaran utama para nelayan karena kedua jenis hewan ini memiliki nilai ekonomi tinggi.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

12. Taman Wisata Alam  ( TWA ) Gunung Meja


Nah, TWA Gunung Meja adalah kawasan pelestarian alam yang berada di Kota Manokwari. Serta memiliki fungsi utama sebagai pariwisata, rekreasi alam, perlindungan system penyangga kehidupan dan pengawetan keragaman jenis tumbuhan, satwa dan juga keunikan alam. Pesona wisata dibagian datarmerupakan pucuk-pucuk pohon yang memiliki kerapatan dan ketinggian sam sehingga terlihat layaknya sebuah meja.

TWA Gunung Meja sangat cocok menjadi pusat konservasi dan pusat penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan seperti  rumpun ilmu alam. Manfaat ekologis dari TWA Gunung Meja adalah lokasi infiltrasi air hujan untuk persediaan air bersih bagi masyarakat dan juga sebagai penghasil udara bersih. Jika Anda berlibur di TWA Gunung Meja, hiking merupakan cara terbaik untuk membongkar rahasia kecantikan “permata hijau” katulistiwa ini.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Tembok Berlin

Tembok Berlin, seperti itulah orang-orang menamainya. Jangan salah, ini bukan Tembok Berlin yang ada di Jerman, melainkan tembok yang menjadi tanggul untuk menahan air laut di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat. Di salah satu sisi tembok yang cukup panjang dijadikan tempat pusat berbagai jajanan kuliner, namun datanglah menjelang pukul 17:00 WIT karena suasananya mulai ramai.

Kebanyakan makanan yang di jual adalah olahan seafood, jajanan pisang epe dan minuman sarabba sejenis wedang jahe. Bagi Anda penggila makanan laut atau seafood lovers, berkunjung ke Tembok Berlin bisa menjadi salah satu destinasi kuliner pilihan yang bisa menggugah nafsu makan Anda. Ada beberapa menunya yakni kepiting asam manis, kangkung cah, ikan bakar dan masih banyak lagi yang belum saya sebutkan.

Dari sore hingga jam 02:00 WIT di saat akhir pekan banyak wisatawan yang berdatangan. Di saat sore hari juga tak jarang masyarakat setempat, wisatawan lokal hingga turis asing menjadikan tempat ini berkumpul menyaksikan keindahan matahari tenggelam ( sunset).

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Desa Wisata Sauwandarek

Disini pusat oleh-oleh cidera mata khas Papua berupa tas dan topi. Tidak Cuma itu saja, di Desa Wisata Sauwandarek terdapat rumah-rumah yang masih menggunakan atap dari daun jerami yang di huni kurang lebih 48 keluarga atau 183 penduduk. Di kawasan tersebut masih banyak tujuan wisata seperti Danau Yenawyau ( memiliki air asin ) yang berada di bagian belakang desa dan keindahan bawah lautnya.

Perlu di ketahui, bahwa pembuatan tas dan topi tersebut dari bahan alam yakni daun pandan laut. Dengan mengenal lebih dari ekosistem Desa Wisata Sauwandarek tersebut, pastinya kita akan penasaran dan ingin mengunjunginya. Desa Wisata Sauwandarek terletak di bagian barat Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

15. Taman Biak Papua

Taman Burung dan Taman Anggrek adalah salah satu tempat wisata di Biak yang sudah berdiri pada tahun 1984, di Jalan Raya Bosnik Km.12, Desa Rim, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Selain untuk sarana pariwisata, area ini juga menjadi tempat konservasi pendidikan dan penelitian.

Didalamnya memiliki 33 spesies burung dengan jumlah lebih dari 200 ekor termasuk burung Cendrawasih, kakatua Hitam, Kasuari, Mambuk serta Nuri. Untuk koleksi bunga Anggreknya tercatat sekitar 60 jenis anggrek yang jumlahnya kurang dari 2.000 tanaman anggrek yang meliputi anggrek asli Papua yakni Anggrek Kribo, Anggrek Raja dan Anggrek Hitam.

Selama di kawasan Taman Biak Papua kita bisa berkeliling taman sambil menikmati berbagai koleksi burung serta anggreknya. Dengan banyaknya pohon besar di sekelilingnya membuat suhu menjadi sejuk, apalagi disediakan bangku-bangku yang bisa dijumpai di sepanjang jalan membuat kesan liburan semakin terasa nyaman.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Desa Sawinggrai

Desa Sawinggrai, Kabupaten Raja Ampat adalah tempat dimana para wisatawan bisa melihat dari dekat burung Cendrawasih yang masih terjaga hingga saat ini. Terdapat 4 spesies burung Cendrawasih nan cantik yang dipelihara disini yakni Cendrawasih Merah, Cendrawasih Belah Rotan, Cendrawasih Kecil, dan Cendrawasih Besar.

Tak hannya itu, ada lagi kegiatan seru yang bisa kita lakukan di Desa Sawinggrai seperti snokerling dan memberi makan ikan liar di dekat dermaga. Ikan-ikan tersebut akan langsung menyambar makanan yang kita berikan. Sungguh pengalaman yang mengasyikkan memang, karena ikan di sini sudah akrap atau sudah terbiasa dengan pengunjung yang selalu melemparkan makanan

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Tapurarang ( Arkeolog Papua )

Berkunjung ke Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, laksana mengunjungi kota kuno. Obyek wisata Arkeolog Papua dikenal sebagai situs purbakala Kokas oleh masyarakat setempat biasa disebut dengan nama Tapurarang. Disini banyak ditemukan berbagai cap tangan berwarna merah yang terlukis pada dinding-dinding batu di tebing dan gua yang terletak di pinggir laut.

Keunikan lukisan tangan manusia dan binatang di dinding tebing tersebut masih saja terlihat jelas, meskipun sudah berabad-abad lamanya. Warna merah yang digunakan terbuat dari bahan-bahan alami dan sangat menyerupai warna darah manusia. Oleh karena itu masyarakat setempat sering menyebut lukisan tersebut sebagai lukisan cap tangan darah.

Perlu diketahui untuk pengunjung, bahwa lokasi lukisan ini merupakan tempat yang di sakralkan oleh masyarakat setempat. Mereka memperyai bahwa lukisan ini adalah wujud orang-orang yang dikutuk oleh arwah seorang nenek yang berubah menjadi setan kaborbor atau hantu penguasa lautan yang paling menakutkan.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

18. Teluk Triton

Teluk Triton adalah potensi wisata terbaru yang berada di Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, 40 km tenggara dari Kota Kai mana. Bagi penggemar daving dan snokerling, tempat ini merupakan kawasan wisata yang menarik. Teluk Triton bagaikan surga yang menyajikan keindahan bawah laut yang dihuni sekitar 878 jenis ikan karang dan 14 dari jenis tersebut adalah jens baru ( endemic ).

Selain itu karang-karang penghuni Teluk Triton berjenis karang lunak ( soft coral ), karang tersebut akan bercahaya ketika malam hari sehingga banyak penyelam yang beraksi di waktu itu. Seusai berenang kegiatan bisa dilanjut melihat lukisan-lukisan dari zaman mesolitikum yang ada di tebing-tebing di kampung Mai-Mai.

Jangan lewatkan pula melihat lincahnya lumba-lumba dan ikan paus yang ramai bermain di sekitar pulau-pulau yang menyebar di Teluk Triton serta menikmati kecantikan paronama sunsetnya.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

19. Air terjun Wafsarak

Air terjun Wafsarak atau Air Terjun Warsa memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan airnya berwarna hijau kebiruan ini berlokasi di Kampung Amoi, Distrik Warsa, Biak Utara. Berkunjung ke tempat wisata ini pastinya akan merasa senang, nyaman serta merasa milik pribadi karena keberadaannya masih terbilang sepi dari pengunjung.

Paronama disekeliling air terjun pun masih sangat alami, bahkan sampah sulit kalian temui karena penduduk setempat sanagat menjaga kebersihan dikawasan Air terjun Wafsarak. Setelah selesai berenang atau bermain air di kolam bawah air terjun, keindahan masih bisa dinikmati di atas tebing air terjun.

Jalur menuju lokasi terbilang cukup mudah yang di kareakan letaknya berada di pinggir jalan dan dilanjutkan berjalan kaki sejauh 200 meter.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

20.  Pulau Um

Pulau Um menawarkan ketenangan dan kenyamanan dengan ciri khas pantai yang masih alami seakan bersembunyi dari sentuhan manusia. Kita hanyaa butuh waktu sekitar 20 menit-an untuk mengelilingi pulau ini dengan berjalan kaki. Dikawasan Pantai Um banyak ditumbuhi pohon yang dijadikan rumah ribuan habitat kelelawar.

Selain itu kalian juga bisa snokerling di pantainya yang menyimpan paronama karang, ikan karang, penyu, lola, teripang, lobster yang bisa memanjakan mata. Indahnya pesona bawah laut yang ada di Pulau Um juga di ppengaruhi oleh warga Kampung Malaumkarta. Karena warga tersebut menerapkan system laranagan menangkap jenis fauna laut tertentu.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

4 komentar:

  1. papua mah masalah tempat wisata pasti paling terbaik.. Makasih Infonya Kak

    BalasHapus
  2. cantik banget pemandangannya..mau banget maen kesana k,
    kira2 berapa yah ongkos kesana yah k?
    Paket Wisata Jogja

    BalasHapus
  3. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus
  4. kelinci99
    Togel Online Terpercaya Dan Games Laiinnya Live Casino.
    HOT PROMO NEW MEMBER FREECHIPS 5ribu !!
    NEXT DEPOSIT 50ribu FREECHIPS 5RB !!
    Ada Bagi2 Freechips Untuk New Member + Bonus Depositnya Loh ,
    Yuk Daftarkan Sekarang Mumpung Ada Freechips Setiap Harinya
    segera daftar dan bermain ya selain Togel ad juga Games Online Betting lain nya ,
    yang bisa di mainkan dgn 1 userid saja .
    yukk daftar di www.kelinci99.casino

    BalasHapus