Jumat, 12 Agustus 2016

22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

Provinsi Riau beribukota Pekanbaru, di daerah Kota Pekanbaru merupakan pusat kota perdagangan dan jasa, kota pertumbuhan, urbanisasi dan migrasi yang tinggi. Riau sendiri merupakan sebuah provinsi yang memiliki segudang tempat wisata yang patut dikunjungi yang diantaranya adalah wisata alam, wisata religi, wisata keluarga, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda ingin berlibur cobalah datang ke provinsi ini, pastinya tak akan kecewa apalagi disaat berkunjung bersama sanak saudara, pacar ataupun keluarga dijamin liburan anda sangat berkesan indah dan sulit untuk dilupakan. Selain itu budaya Melayu masih sangat kental disini, jangan heran disepanjang jalan jika melihat banyak perempuan memakai baju kurung khas Melayu.

Nah, kali ini kami akan mengajak anda berkeliling di Provinsi Riau dan sekitarnya menuju ke tempat-tempat wisata yang menarik dan juga sangat menyenangkan. Berikut beberapa tempat wisatanya;

1. Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur berada di Kota Pekanbaru yang dibangun pada tahun 1963-1968, hingga saat ini adalah masjid termegah di Indonesia. Masjid Agung An Nur disebut-sebut sebagai Taj Mahalnya Provinsi Riau yang disebabkan ada beberapa kesamaan dengan masjid tersebut. Bangunan masjid ini banyak ditemukan bentuk-bentuk bergaya melayu, Turki, India dan Arab.

Masjid Agung An Nur di arsitekturi oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50x50 m yang berdiri di tanah seluas 400x200 m, dan mampu menampung sekitar 4.500 orang jamaah. Didalamnya terdiri dari tiga tingkat yakni tingkat atas berfungsi untuk sholat, sedangkan tingkat bawah digunakan untuk kantor serta ruang pertemuan.

Tak terlewatkan Masjid Agung An Nur juga dilengkapi oleh bermacam fasilitas pendidikan seperti playgrup, TK, SD, SMP dan juga SMA. Oh iya, juga ada perpustakaan yang lengkap dan fasilitas lain seperti aula, ruang pertemuan, ruangkelas, ruang kantor, dan Radio Penyiaran Komunitas  yang bernama LPK An-Nur FM yang berfrekuensi 107,7 MHz.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Masjid Senapelan

Inilah masjid tertua dan salah satu cagar budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi di Riau. Masjid Senapelan atau yang dikenal dengan Masjid Raya Pekanbaru sudah terkenal hingga ke mancanegara seperti Malaysia dan Singapura. Adapun sejarahnya yakni dibangun pada abad 18 / tahun 1762 M, di masa pemeintahan Sultan Abdul jalil Alamuddin Syah ( Sultan Ke-IV ) dan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah ( Sultan ke-V ) dari kerajaan Siak.

Pembangunan masjid ini merupakan sejarah perkembangan Kerajaan Siak bersistem “tali berpilin tiga”, yakni ada tiga unsur penting di dalam kerajaan yang harus dijaga ( raja, adat, agama ). Maka dari itu di setiap kerajaan akan selalu didapati tiga bangunan yang merupakan symbol keberadaan unsur tiga tersebut, yakni istana, balai kerapatan, serta masjid.

Dengan didukung area yang cukup luas serta dilengkapi bermacam fasilitas pendukung, masjid ini sangat berpotensi menjadi tempat wisata religius dan kawasan pendidikan islam. Nah, perlu diketahui bahwa di sekitar masjid terdapat sumur tua, air sumur ini dipercayai bisa obat berbagai penyakit dan memiliki nilai magis.

Selain itu, wisatawan bisa berziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru yakni Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah ( bergelar Marhum Bukit ) dan juga makam sultan ke-4 Siak, Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah ( bergelar Marhum Pekan ).

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali YangWajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Istana Siak Sri Indrapura

Dulunya Istana Siak Sri Indrapura atau Istana Matahari Timur adalah sebuah Kerajaan Melayu Islam terbesar di Riau yang didiami oleh Sultan Siak Sri Inderapura. Usut punya usut istana ini mulai dibangun pada tahun 1889-1893 di tanah seluas 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana ( Istana Siak, Istana Padjang, Istana Lima, dan Istana Baroe).

Istana nan megah ini memiliki arsitektur bergaya Melayu, Arab dan Eropa yang terdiri dari dua lantai. Sesuatu yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi istana tersebut adalah adanya peninggalan sejarah bernama Komet, sejenis alat music classic yang hanya ada 2 buah di dunia yakni di Istana Siak Sri Indrapura itu sendiri dan di Jerman.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta YangSangat Menyenangkan

4. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim ( Tahura SSH )

Dimana adalah kawasan pelestarian alam yang telah ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan pelestarian alam dan Perkebunan pada 26 Mei 1999 dengan luasnya 6.172 Ha. Kawasan Tahura SSH mencakup 3 wilayah ( Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru ). Pada akhir pekan taman ini selalu ramai di kunjungi wisatawan.

Didukung oleh suasana sejuk dan udara yang bersih sangatlah cocok untuk anda yang ingin mendapatkan suasana segar. Ada banyak sekali wahana permainan yang bisa kita mainkan, jadi jangan ragu mampir dan menikmati semua keindahan yang telah tersaji didalam obyek wisata yang satu ini.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata TerbagusDi Jambi

5. Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan Soeman H.S terletak di riau dan perpustakaan yang berdesain paling unik di Indonesia, berbentuk menyerupai buku. Perpustakan ini di bangun oleh pemerintah Provinsi Riau yang dianggarkan dalam gerakan pendidikan Riau membaca. Bangunan tersebut terdiri dari enam lantai dan mempunyai berbagai fasilitas pendukung mulai dari mushola, café, kantin, ruang pertemuan hingga auditorium.

Serta ada pula ruangan khusus untuk literature budaya Melayu terlengkap di Indonesia. Pengunjung tak hannya orang dewasa saja, anak-anakpun boleh ke tempat wisata enduksi ini. Ditempat ini ada children Library & Kids Corner yang pastinya akan memanjakan mereka. Untuk bisa masuk dan membaca koleksi buku disini tak perlu memiliki kartu keanggotaan.

Semua pengunjung dibebaskan membaca buku di berbagai lokasi seperti di sofa maupun lesehan, sangat nyaman sekali hloo karena ruang bacanya terlengkapi dengan AC dan WIFI gratis.

Baca juga; 39 Tempat Wisata Di Banten YangMenjadi Incaran Wisatawan

6. Taman Nasional Bukit TigaPuluh ( TNBT )

TNBT berada di perbatasan antara Provinsi Riau dan Provinsi Jambi dengan luas keseluruhan 144.223 Ha. Taman tersebut termasuk dalam kawasan hutan tropis dataran rendah dengan ekosistem asli yang masih tersisa di pulau Sumatera. Didalamnya menyimpan kekayaan flora dan fauna yang terbilang masih lengkap.

Tercatat terdapat sekitar 600 spesies tumbuhan yang 246 diantaranya dinobatkan sebagai tumbuhan obat-obatan dan 550 adalah spesies langka. Sementara itu dilihat dari kekayaan faunanya TNBT mempunyai 59 spesies mamlia, 8 diantaranya merupakan jenis primata. Lebatnya pepohonan juga sangat berpotensi sebagai rumah berbagai jenis burung.

Di TNBT sudah tersedia fasilitas dan sarana akomodasi seperti pusat informasi, WC umum, wisma tamu, shelter, mushola, warung makan, dsb. Selain itu ada pemandu yang akan membatu para pengunjung untuk mengeksplor keindahan dan keunikan yang tersembunyi di taman nasional ini.

Baca juga; 26 Tempat Wisata Di Maluku UtaraYang Menyenangkan

7. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang berlokas di Jl. Imam Munandar ( harapan Raya ) km. 8, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru. Tempat wisata ini berkonsep rekreasi di alam terbuka dengan suasana sejuk dan menyegarkan. Luas Taman Rekreasi Alam Mayang sekitar 24 Ha dimana didalamnya terdapat berbagai fasilitas wisata air yang pastinya memberikan keceriaan lebih.

Kegiatan menyenangkan yang bisa di lakukan antaranya sepeda air, karpet ajaib, banana boat, bebek air, bogel, caper boat, becak, kereta naga, mandi bola, dan juga balon loncak. Dibuka dari pukul 08:00 sampai 18:00 WIB dengan tiket masuk seharga Rp 13.000 / orang dewasa dan Rp 7.000 / anak-anak, serta Rp 3.000 biaya parkir motor sementara Rp 5.000 untuk mobil.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

8. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun Binatang Sang Kulim atau Taman margasatwa Kasang Kulim adalah satu-satunya kebun binatang yang ada di provinsi Riau. Kebun binatang ini dibuka untuk umum sejak tahun 1991, yang berlokasi di Jalan Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Dengan memiliki luas 10 hektar, disini selain dapat mengenal berbagai binatang langka juga dapat menikmati berbagai fasilitas permainan.

Bagi Anda yang ingin menikmati fasilitas tersebut akan dikenai biaya tambahan dari Rp 10.000- Rp 15.000. Adapun tiket masuk kedalam Kebun Binatang Sang Kulim bertarif Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak.  Rp 5.000 parkir serta bagi rombongan yang berjumlah lebih dari 30 orang akan diberi potogan harga.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung YangMenyenangkan

9. Museum Sang Nila Utama

Museum yang belokasi di jalan Jenderal Sudirman No. 194 Pekanbaru ini menyimpan kurang lebihnya 4.000 koleksi. Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang mana memiliki fasilitas lain seperti taman untuk bermain, gedung auditorium ( dapat digunakan untuk acara seminar ), penyuluhan dan perpustakaan yang dimanfaatkan masyarakat untuk mencari informasi.

Sebelum mengunjungi museum, wisatawan diminta untuk menitipkan barangnya di tempat yang sudah disediakan, kemudian pengunjung bisa mengelilingi sendiri ruang museum. Koleksi-koleksinya ada yang di pajang di dalam lemari kaca maupun tanpa lemari kaca. Tidak semua koleksi yang di pajang di museum asli, beberapa diantaranya merupakan replica.

Dari banyaknya koleksi yang dimiliki, ada satu yang paling menonjol dan wajib Anda lihat yakni sejarah Provinsi Riau yang ditampilkan beberapa tempat bersejarah beserta tokoh-tokoh yang berperan dalam pembangunan Provinsi Riau.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

10. Riau Fantasi

Riau Fantasi atau Laber Theme Park & Labersa Water Park merupakan pusat rekreasi dan hiburan yang menjadi kebanggaan masyarakat Pekanbaru. Tempat wisata ini adalah taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Pulau Sumatera, berada diatas tanah seluas 6,5 hektar berlokasi di Kecamatan Siak, Kabupaten Kapar.

Meskipun baru dirilis pada tahun 2009, berbagai fasilitas serta paket-paket wisata sudah bisa dinikmati pengunjung. Dikawasannya terbagi menjadi 2 wahana yakni wahana air dan wahana darat, kedua wahana tersebut menyajikan bermacam permainan  menarik dan patut untuk dicoba. Riau Fantasi sudah dilengkapi system pembayaran yang canggih ( smart tag ) untuk semua transaksi pembayaran di seluruh kawasannya.

Hebatnya, seluruh pengunjung dilindungi dengan asuransi kecelakaan dan juga dilengkapi CCTV diseluruh wahana Riau Fantasi.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

11. Dekranasda Pekanbaru

Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) adalah organisasi nirlaba yang berkiprah sebagai pusat informasi dan pengembangan kerajinan maupun pengrajin kesenian di Indonesia. Di Dekranasda Riau ini para pengunjungnya bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh berupa kerajinan dan cinderamata khas Provinsi Riau seperti busana melayu, batik Riau, kain tenun dan kain songket.

Kamu bisa mengunjunginya di ujung jalan Sisingamangaraja dan jalan Durian. Kurang afdhol rasanya jika berada di Kota Pekanbaru tidak mampir ke wisata yang sangat mengasyikkan ini. Tunggu apalagi sobat … ! selamat berlibur … !

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

12. Pasar Bawah

Wisata ke Pasar Bawah Pekanbaru yang berlokasi tepi Sungai Siak dan Pelabuhan kamu akan mendapatkan pengalaman baru. Pasar ini merupakan pasar tertua dan masih ngehits di Kota Pekanbaru, serta pusat perbelanjaan yang banyak menyediakan barang-barang antic, pernak-pernik, aksesoris rumah tangga baik dari dalam maupun luar negeri.

Pasar Bawah juga popular sebagai salah satu pusat perdagangan elektronik bekas yang berasal dari luar negeri. Barang-barang tersebut berkualitas impor yang dijual dengan harga miring contohnya keramik dari Cina, karpet dari Timur Tengah, tas wanita dari Italia, serta aneka guci dan patung. Adapula berbagai makanan kecil yang hampir semuanya berproduk luar negeri.

Nah, yang menjadi uatamanya adalah tersedianya jenis makanan khas Riau seperti lempuk Durian, Dodol kedondong, Ikan salai, dan ikan asin. Oh iya, adapun kerajinan khas Riau yakni batik Riau, Kain songket Riau, baju melayu Khas Riau dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di ( NTT ) Yang Mengasyikkan

13. Gedung Seni Ajungan Idrus Tintin

Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di Kota Pekanbaru adalah Gedung Ajungan Seni Idrus Tintin. Gedung ini merupakan sebuah bangunan yang berlokasi di Arena Purna MTQ, sekarang namanya berubah menjadi Bandar Serai. Tetapi sebagian besar warga Kota Pekanbaru mengenal daerah tersebut dengan sebutan MTQ saja.

Banguna nan megah ini terletak di Jalan Sudirman yang tidak jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Untuk mengaksesnya dari bandara naik Bus Trans Metro kemudian minta turun di Halte seberang MTQ. Suatu yang sangat menarik dikawasan ini tentu saja arsitekturnya yang sangat kental dengan budaya Melayu Riau.

Dilihat dari luar saja bangunan nan kokoh ini tergolong cukup megah untuk ukuran tempat pertunjukan seni. Bangunan ini adalah tempat dari FESTIVAL FILM INDONESIA di tahun 2007, dan perlu Anda ketahui bahwa Gedung Ajungan Seni Idrus Tintin merupakan gedung teater kesenian termegah di Indonesia.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

14. Pulau Rupat

Pantai di Pulau Rupat bisa jadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Provinsi Riau. Dengan keindahan pasir putih dan paronama asri membuat pantai yang berada di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis ini tak sepi oleh pengunjung. Suatu hal yang sangat menarik dari pantai ini adalah letaknya yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka Negara Malaysia.

Sehingga dari bibir pantai yang landai tersebut para pengunjung bisa melihat kawasan Tanjung Rusa di Port Dickson. Pemandangan akan bertambah indah pada malam hari dengan paduan kerlap-kerlip lampu dari Negara Malaysia menciptakan suasana romantis. Selain itu pantai ini juga mempunyai air jernih serta ombak yang landai sehingga sangat memungkinkan untuk bermain di tepi pantai.

Asiknya di pantai ini sering diadakan berbagai kegiatan untuk menarik minat wisatawan, salah satunya adalah mandi syafar yang rutin dilaksanakan setiap minggu ke-4 bulan syafar.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

15. Taman Putri Kaca Mayang

Taman Putri Kaca Mayang merupakan taman hiburan satu-satunya di Kota Pekanbaru, sehingga pada hari libur di Bundaran Air Mancur agak macet yang disebabkan banyaknya kendaraan pengunjung yang parkir dan ditambah kios dadakan pedagang kaki lima. Obyek wisata tersebut berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman Pekanbaru atau depan kantor walikota Pekanbaru.

Taman Putri Kaca Mayang sangat dominan dijadikan tempat rekreasi keluarga, karena didalamnya banyak sekali fasilitas hiburan yang seru. Disini Anda beserta anggota keluargamu bisa menggunakan fasilitas hiburan seperti kolam renang, komedi putar, bombom car, dan masih banyak lagi wahana permainan lainnya. Penasaran ? cobalah berkunjung dan nikmati semua keseruannya.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

16. Balai Adat Riau

Fisik dari bangunan Balai Adat Riau berhiaskan dengan aneka ragam ukiran, warna serta motif tenunan khas masyarakat Melayu Riau. Bangunan ini dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan adat dan kebudayaan Resam Melayu Riau, serta Pertemuan-pertemuan lainnya. Arsitekturnya yang khas melambangkan budaya melayu Riau yang sangat kental.

Bangunan Balai Adat Riau terdiri dari dua lantai, lantai bagian atas terpampang jelas beberapa ungkapan adat serta pasal-pasal Gurindam Dua Belas Karya Raja Ali Haji. Lokasi tempat wisata ini berada di Jalan Senapelan sekat masjid Raya Nur Alam.

Baca juga; 50 Tempat Wisata DiSumatera Barat Yang Menyenangkan

17. Wisata Desa Okura

Sebenarnya Okura adalah sebuah kelurahan, tetapi demi menarik dan mudah diingat obyek wisata tersebut di namai dengan sebutan Wisata Desa Okura oleh pemerintah Kota Pekanbaru. Kelurahan ini berada di perbatasan Kabupaten Siak dan Kabupaten Palalawan, Riau yang mempunyai agrowisata aneka tumbuhan produktif.

Disini terdapat aliran Sungai Siak yang berpotensi sebagai tempat memancing bagi wisatawan yang berkunjung. Pemandangan yang asri dan hijau adalah ciri khas dari Wisata Desa Okura yang bisa menciptakan suasana sejuk. Desa Okura juga terkenal dengan kawasan pertanian yang memiliki tanah subur sehingga dijadikan andalan penduduk setempat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

18. Danau Buatan Lembah Sari

Danau buatan begitulan nama popular danau wista yang terletak di Desa Limbungan, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau. Akhir-akhir ini pemerintah Kota Pekanbaru mengganti namanya menjadi Danau Bandar Kayangan Lembah Sari tetapi lebih dikenal dengan Danau Kayangan. Dulunya danau ini adalah sebuah bendungan irigasi yang kemudian diubah menjadi obyek wisata yang indah.

Kini Danau Buatan Lembah Sari menjadi salah satu tujuan wisatawan lokal dari berbagai daerah maupun mancanegara. Dengan memiliki luas 14 hektar, pemandangan disekelilingnya sangat mempesona dan sangat cocok untuk merefresh diri dari kesibukan sehari-hari. Selain pemandangannya yang indah, keunikan lain yang bisa kita lihat ialah menyaksikan festival yang sering diselenggarakan.

Danau Buatan Lembah Sari juga pernah menjadi tempat penyelenggaraan PON ke XVIII di Provinsi Riau untuk cabang olahraga ski air.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib Di Kunjungi

19. Sungai Kampar

Berwisata di Sungai Kampar atau Sungai Batang Kampar adalah melakukan selancar. Heran, mendengar berselancar di sungai ? memang begitu kenyataannya. Inilah fenomena alam unik di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan yakni ombak di Sungai Kampar yang melintasi lima kabupaten di Riau ( kabupaten Pelalawan, Kampar, Kuantan Singingi, Lima Puluh Kota, dan Sijunjung ).

Gelombang ( ombak ) tersebut dinamai gelombang Bono oleh masyarakat setempat. Gelombang Bono terjadi pada saat volume air sungai meningkat drastis di musim penghujan.  Meski menurut warga setempat ombak Bono memililiki nama yang mengerikan ( 7 hantu ), tetapi gelombang inilah yang mengundang pecinta selancar dari luar negeri untuk menguji liarnya ombak Bono.

Memang ombak Bono sangat berbahaya, namun ombak sungai terbesar dan terpanjang di dunia ini telah dinobatkan sebagai wahana selancar sungai terbaik yang pernah ada di muka bumi. Jika Anda ingin mencoba kedasyatan ombak tersebut, sangat amat disarankan berhati-hati agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

20. Air Terjun Batu Dinding

Air Terjun Batu Dinding yang berada dikawasan Kampar Kiri, Provinsi Riau memiliki keindahan keunikan dan juga keistimewaan tersendiri. Dilokasinya terdapat tempat untuk sekedar melepas lelah, kondisi air sangat jernih serta bebatuan yang lumayan besar. Airnya yang dingin dan segar menggoda pengunjung untuk segera mandi didalam kolamnya.

Dikolam yang berada di bawah air terjun inilah para travelers bisa berenang dengan gaya yang diinginkan. Kolam tersebut berkedalaman sekitar 4 meter, saat terjun kedalam kolam disarankan berhati-hati disebabkan dasar kolam berkarakter landai, lebih amannya cobalah di tengah kolam yang agak dalam.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

21. Air Terjun Guruh Gemurai

Letaknya di daerah perbatasan Sumatera Barat dan Riau yakni masih didalam kawasan hutan lindung, tepatnya di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik / Lubuk Jambi, Kabupaten Kuantan Singingi / Kuansing, Riau. Fisik dari air terjun ini memiliki dua curahan yang di antara salah satunya berketinggian sekitar 20 meter-an. Di bawahnya terbentuk kolam alami yang biasa digunakan bersantai atau berenang oleh wisatawan.

Jika capek, tersedia beberapa balai yang dapat digunakan untuk istirahat. Sembari melepas lelah, selama mata memandang akan disuguhi pemandangan alam nan hijau serta aliran sungai Kuantan yang cantik dan berkelok-kelok.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layak di kunjungi

22. Air Terjun Aek Martua

Air Terjuan Aek Martua punya tiga tingkatan yang disetiap tingkatannya memiliki ukuran serta ketinggian yang berbeda-beda pula. Ketinggiannya sekitar 15 sampai 40 meter, sebab keunikan dan keistimewaan tersebut banyak wisatawan menamai tempat wisata itu sebagai Air Terjun Tangga Seribu. Airnya jernih dan mengalir deras, pemandangan hutan yang lebat yang membuat suasana disekitar air terjun sangat segar dan menyejukkan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

3 komentar: