Sabtu, 15 Oktober 2016

24 Oleh-Oleh Kulier Dari Jakarta Yang Bagus Untuk Keluarga Tercinta

Kota Jakarta adalah kota metropolitan yang mana maraknya bisnis berkembang pesat, baik itu dari sektor industri, perbankkan, hingga pariwisata dll. Meskipun Jakarta ialah kota yang padat penduduk, terkenal kemacetan panjang, bising, berpolusi. Jakarta memiliki wisata yang bisa dikatakan magnet besar bagi penduduk Indonesia.

Saat berwisata di Kota metropolitan yang menjadi pusat pemerintahan ini jangan sampai lupa lo ya untuk membawa oleh-oleh. Terdata dari beberapa sumber informasi, di bawah ada sejumlah oleh-oleh khas Jakarta yang mungkin Anda beli untuk menyenagkan keluarga di rumah.

1. Kerak Telor

Makanan khas Betawi ini cukup langka, sebab jarang yang menjajakannya di hari-hari biasa. Kerak Telor mudah di dapati ketika diselenggarakannya even Pekan Raya Jakarta ( PRJ ) atau jika beruntung dapat menjumpai penjualnya di kawasan wisata Setu Babakan di Jangakarsa maupun di kawasan Kota Tua Jakarta.

Kerak Telor di buat dari beras ketan, telur ayam, udang kering, yang di bumbiu bawang merah goreng. Setelah itu di beri bumbu racikan yang berupa kelapa sangrai, kenncur, cabai merah, merica, jahe, garam serta gula pasir.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Bir Pletok

Walaupun di embel-embeli kata bir, minuman ini 100% bebas dari alkohol dan terbuat dari racikan bahan tradisional seperti halnya serai, jahe, daun pandan, dsb. Untuk memberi kesan yang enak, biasanya para pembuatnya menambahkan kayu secang yang memberi efek warna merah bila di sedu dengan air panas.

Asalkan pembaca tahu, bahwasannya minuman ini sangat berkhasiat untuk memperlancar edaran darah. Bir Pletok sangat serasi dimunum saat cuaca dingin seperti malam hari, guna menghangatkan tubuh. Nah, bagi wisatawan sangat cocok minum minuman ini karena akan menjaga kebugaran tubuh ketika melakukan kegiatan liburan.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor & Ketahui

3. Pepes Tulang Lunak Ikan Mas

Berkeinginan membawa oleh-oleh nan unik serta menarik dan siap saji dari Jakarta ? Inidia masakan Pepes Ikan Mas PeTuLu ( Pepes Tulang Lunak ), siap melayai Anda. Pas dengan namanya, PeTuLu ini benar-benar lunak sampai ke tulangnya. Hingga tulang tengah ikan pun empuk juga gurih, bumbunya meresap ajib dan nayris tak tersisa ketika memakannya.

Sajian ini dikemas dalam daun pisang yang dilapisi dengan alumunium foil, sebagai pelengkapnya di beri sambal merah dalam wadah plastik.pepes ikan tersebut sangat lezat dipadu dengan sambal merahnya, cita rasa pedas gurih cocok disantap bersama nasi hangat. Alamat PetuLu berada di Superindo Sektor 1 Bintaro Jaya ( Plaza Bintaro Satoe ), Giant Sektor 2 Bintaro Jaya / ( 08159944614 / 021-7362560 ).

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Dodol Betawi

Seperti pada umumnya dodol yang di jajakan di tempat lain, hanya saja Dodol Betawi memakai bahan campran dari ketan hitam, ketan putih, durian dll. Dalam pembuatannya sangat rumit, bayangkan semua bahan dimasak di atas tungku dengan kayu bakar selama 8 jam. Hmmm patinya makanan ini sulit di temukan pada hari-hari biasa.

Namun jangan khawatir ya sob, pada umumnya Dodol Betawi di buat sebagai panganan khusus pesta, Bulan Ramadhan Idul firti atau Idul adha. Jika ingin mencicipi rasanya, kalian bisa mencarinya di waktu tertentu, terlebih menjelang hari raya Dodol Betawi laris terjual.

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

5. Roti Buaya

Sebai acara pernikahan, Roti Buaya juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Jakarta yang wajib Anda bawa pulang. Roti berbentuk unik ini memiliki cita rasa yang bervariasi dengan diisi bermacam rasa di dalamnya. Jadi siapapun tak akan bosan memakannya, dan merupakan kepuasan tersendiri untuk bisa mencicipinya.

Didalam kepercayaan Suku Betawi, hewan buaya melambangkan kesetiaan hanya kawin sekali dengan pasangannya. Secara tradisional dianggap memiliki sifat sabar dalam menunggu mangsa. Namun dalam simblisme budaya modern, makna buaya berubah menjadi pengartian buruk, seperti buaya minum ( pemabuk ), buaya judi, dan buaya darat ( mata keranjang ).

Memang cukup sulit untuk menemukan Roti Buaya ini, mimin sarankan coba menuju ke beberapa pusat makanan dan oleh0oleh khas jakarta. Semoga sukses.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

6. Kue Geplak

Sama halnya dengan Kerak Telor, Kue Geprak ialah makanan tradisional Betawi yang lambat laun mulai langka ditemui. Kue yang memiliki tekstur lembut, rasanya manis ini kerap dijadikan sebagai seserahan dalam acara adat pernikahan masyarakat Betawi. Dinamakan geplak karena dalam proses pembuatannya menggunakan tanagan kosong dengan cara dipukul atau di tepuk-tepuk.

Bahan utama Kue Geplak adalah beras yang didominasi warna putih dan cokelat, jika berminat membelinya datang saja ke Bintaro. Daerah tersebut masih ada beberapa industri rumahan yang membuat Kue Geplak walaupun pembuatannya hanya skala kecil.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

7. Kue Semprong Glory

Selain tahan lama kue yang satu ini memiliki cita rasa gurih, crispy, dan tentunya berbeda sama kue semprong lainnya intinya tidak berminyak. Banyak varian rasa yang di tawarkan oleh GLORY atau Crispy Rools. Tidak usah jauh-jauh untuk menemukan Kue Seprong Glory yakni Home Industry milik Ks. Tuban III No.2 Slipi, Jakarta Barat ( 021 – 5348086, 08121914105 ).

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

8. Kue Akar Kelapa

Kue yang bentuknya mirip Akar Kelapa ini sangat legendaris dari dapur Betawi, memiliki rasa khas renyah, gurih dan crispy. Meskipun begitu, ada sebagian masyarakat Jakarta yang menyebut Kue Akar Kelapa sebagai Kue Procot. Pengambilan nama Procot karena proses pencetakan adonan di keluarkan perlahan menggunakan tabung yang sudah dilubangi di bagian ujungnya.

Kue Akar Kelapa termasuk kue kering, hmm cocok deh di buat oleh-oleh sebab kue ini tahan lama dan tentunya bagi wisatawan sangat mudah membawanya. Nikmati Kue Akar Kelapa dengan secangkir teh hangat. Komposisi : Tepung Beras, Tepung Ketan, Wijen, Gula, Telur.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

9. Kue Biji Ketapang

Ini bukan kue yang berbahan biji ketapang, melainkan kue yang di bentuk sedemikian rupa persis biji ketapang. Kue Biji Ketapang adalah kue khas Betawi yang sering atau mudah dijumpai dijajakan sebelum hari raya Idul Fitri. Bentuknya pipih, mnis, renyah, gurih, membuat kue ini memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta makanan khas Betawi.

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

10. Kembang Goyang

Memang tak dapat di pungkiri bahwa masyarakat Betawi sangat lihai membuat cemilan yang asik buat temen nongkrong. Kembang Goyang begitulah sebutan dari cemilan kali ini, berbetuk seperti kembang ( bunga ) renyah sehingga membuat siapapun yang melihatnya pasti menyukainya. Saat di goreng memang digoyang-goyang sehingga di sebut atau dinamai Kembang Goyang.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

11. Tape Uli

Siapa sih yang tidak tahu tape ? Tape merupakan makanan khas Indonesia yang biasanya terbuat dari ketan maupun singkongdengan proses fermentasi menggunakan ragi. Uli juga makanan khas Indonesia yang berbahan ketan putih yang di campur dengan kelapa yang kemudian di kukus dan di tumbuk agar bertekstur padat serta lembut.

Tape Uli Ketan milik Pak Harry sudah eksis semenjak dari tahun 1990-an hingga saat ini masih di gandrungi masyarakat Indonesia. Banyak manfaat mengonsumsi tape, makanan ini dapat meningkatkan kandungan Vitamin B1 3x lipat. Berikut variasi tape ketan milik Pak harry : Tape Ketan Hitam, Tape Ketan Hijau, Uli, Uli Bakar Serondeng, Air Sari Tape, Uli Bakar Sambal Oncom, Ketan Susu Original, Ketan Susu Meses, Ketan Susu Keju, Ketan Susu Durian dan Lemper bakar.

Alamat : Gading Food City lantai dasar, Mall Kelapa gading ( jakarta Utara ), Telp. 082299120120.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

12. Marquerite Nougat

Marquerite Nougat beralamatkan di Jalan Kelapa Puan Timur V NB5 No. 10 Kelapa Gading. Kuliner ini tidak akan membuat Anda haus dan juga tidak lengket di gigi, selain Nougat yang bikin ketagihan ada juga disediakannya Cookies dan selai beraneka rasa. Oh iya barang kali ada yang belum tahu spektifikasinya, Nougat adalah salah satu varian permen yang terbuat dari gula atau madu, toasted nuts dan putih telur.

Produk dari pada Marquerite Nougat merupakan jenis nougat putih dan memiliki banyak varian rasa, di buat secara homemade menggunakan bahan alami serta tanpa bahan pengawet.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

13. KSM Oleh-Oleh Betawi

Adalah tempat menjual berbagai barang khas Betawi, mulai dari Kaos Jakarta, Sandal jakarta, Gantungan kunci, Magnet, Pembuka Botol, miniatur ondel-ondel, becak, monas, kerak telor pokoknya kesemuanya khas Jakarta. Makanan dan minuman khas Betawi juga tersedia, yang boleh di katakan lengkap.

KSM Oleh-Oleh Betawi berlokasi di Jalan Rajawali Selatan No. 25A, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib Anda Kunjungi

14. Oleh-Oleh Sowan

Oleh-Oleh Sowan adalah pusat penjualan oleh-oleh ori Jakarta berupa kuliner atau aneka kerajinan yang terletak di daerah Sunter. Selain oleh-oleh asli Jakarta, di tempat ini juga menyediakan makanan dari berbagai kota di Nusantara. Petualanganmu akan terasa lebih lengkap jika mampir ke restoran Dapur Solo yang berada persis di sebelah Oleh-Oleh Sowan.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

15. Soto Beawi

Kuliner ini memang spesial, karena sudah terbukti rasanya yang tidak bisa di anggap remeh dan sudah terbukti kelezatannya. Soto Betawi ini berkuah santan berisikan daging sapi dengan racikan ala masyarakat Betawi yang ahli di bidangnya. Olahan khas Betawi tersebut sangat cocok di nikmati dengan nasi putih dan santaplah selagi hangat.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

16. Soto Tangkar

Kuliner yang memiliki sejarah tentang penjajahan Belanda, pada saat itu orang Betawi hanya mampu membeli iga sapi ( tangkar ). Terjadilah dan terciptalah masakan Soto Tangkar yang lezat, lambat laun berjalannya waktu kini Soto Tanggar ditambah dengan daging dan jeroan. Soto Tangkar sangat cocok disantap ketika makan siang atau makan malam atau juga dapat di sesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib DiKunjungi

17. Semur Jengkol

Semur Jengkol, mukin salah satu dari kalian enggan untuk memakan kuliner ini karena baunya yang khas. Tapi jangan salah, Semur Jengkol merupakan salah satu dari sekian banyaknya makanan khas orang Betawi yang sangat di gandrungi. Masyarakat Betawi mampu membuat Jengkol menjadi hidangan berjenis semur wah begitu wah nikmatnya.

Ada bebrapa cara yang dilakukan agar menghilangkan bau jengkol, yakni jengkol bisa di rendam di air kapur atau bisa di rendam di air dari rebusan tangkai padi.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

18. Ketoprak

Campuran antara ketupat maupun lontong, bihun, toge, tahu, mentimun, bawang goreng, kecap manis, potongan telur rebus, saus kacang dan kerupuk sebagai pelengkap Ketoprak. Ketoprak biasanya didagangkan ( dijajakan ) dengan menggunakan gerobak dorong di pinggiran jalan maupun kaki lima. Ketoprak dengan berbagai campuran diatas menjadikan cita rasa yang unik dan sangat patut Anda coba.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

19. Gado-Gado

Terdiri dari berbagai sayuran yang di rebus dan kemudian dicampur menjadi satu dengan bumbu kacang ( saus kacang ). Gado-Gado atau seladnya orang Indonesia di lengkapi dengan kerupuk dan bawang goreng untuk memeriahkan hidangan khas Betawi ini. Gado-Gado dapat di makan seperti salad dengn bumbu kacang, namun bisa juga kok dimakan beserta nasi putih maupun lontong.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layakdi kunjungi

20. Nasi Ulam

Ada dua jenis Nasi Ulam yakni nasi ulam kering dan nasi ulam basah. Nasi Ulam dapat di kategorikan pengaruh dari budaya kuliner Cina pada awal pembuatannya.  Sebagai gambarannya berupa nasi putih yang di siram semur kentang / tahu / telur, sedikit tambahan cumi asin goreng, bihun goreng, telur dadar cincang, bergel kentang, sedikit daun kemangi, sambal, bawang goreng, serta taburan kacang tanah bubuk.

Kuliner Nasi Ulam sudah banyak dikenal hingga ke penjuru nusantara, dengan cita rasa yang enak membuat makanan ini selalu bersahabat dengan lidah masyarakat Indonesia.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

21. Nasi Uduk

Ialah makanan yang selalu menjadi alternatif sarapan sehat warga Jakarta. Rasa Nasi uduk sangat lezat dan gurih, karena dalam pembuatannya banyak bumbu racikan yang membuat kuliner ini sangat di gandrungi banyak orang. Dengan di bekali rasa yang sudah gurih, Nasi Unduk bisa di nikmati dengan lauk pauk sesuai selera.

Baca juga; 14 Obyek Wisata Di Kalimantan Timur Yang Sangat Fantastik

22. Laksa Betawi

Laksa atau bisa disebut kari laksa terdiri dari mie, bergedel ikan, kerang, udang, telur, serta tauge cincang yng dipadukan dengan kuah santan pedas pada satu wadah. Kenikmatannya akan semakin lengkap saat di beri tambahan sambal cabai dan otak-otak ikan. Sebenarnya Laksa ialah maknan etnis Tionghoa.

Seperti kebanyakan resep-resep lainnya, laksa mendapat sentuhan berbeda yang menjadikan resepnya bervariasi. Bahkan kuliner ini diklaim sebagai laksa nama daerah penambah sentuhan atau tambahan bahan lainnya.

Baca juga; 12 Obyek Wisata di Kalimantan Tengah Yang Cantik

23. Pindang Bandeng betawi

Mirip dengan sayur Cuma ada sedikit penambahan bahan belimbing wuluh. Jika Anda seorang pecinta kuliner sejati, jangan sampai terlupakan sajian enak dan sehat Pindang Bandeng khas Betawi ya sob.

Baca juga; 13 Obyek Wisata di Kalimantan Selatan Yang Menawan

24. Ketupat sayur / Lontong Sayur

Pembaca pastinya sudah tahu akan kuliner yang satu ini, ya memang di Indonesia ini hampir di setiap sudut kota mudah di jumpai. Tak terkecuali di Ibu Kota Indonesia yakni DKI Jakarta, makanan ini bisa di jadikan sebagai menu sarapan.

Baca juga;

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 24 Oleh-Oleh Kulier Dari Jakarta Yang Bagus Untuk Keluarga Tercinta

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus