Jumat, 14 Oktober 2016

21 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Cocok Anda Cicipi Dan Di Bawa Pulang

Membahas Oleh-oleh Khas Semarang, tulisan kali ini Saya harapkan bisa mempermudah Anda yang ingin mengeksplor Wisata Kuliner di Semarang. Memang rasanya belum afdhol ketika pergi ke suatu daerah jika belum mencicipi atau mencoba masakan khasnya. Wisata Kuliner di Daerah Semarang menawarkan sajian masakan yang unik dan beragam membuat siapa saja akan mengaguminya.

Tidak terlalu mengherankan kalau Kota Semarang merupakan salah satu daerah dengan kemajuan yang bisa dibilang sangat pesat, kerena kota ini merupakan Ibukota Provinsi jawa Tengah. Selain tersohor dengan tempat wisatanya, di Semarang juga banyak sekali kuliner khas yang enak dan tentunya dengan harga yang cukup bersahabat.

Jika sudah puas berkeliling di tempat-tempat wisata di Semarang, jangan terburu-buru pulang dulu ya sob. Di bawah ini ada beberapa masakan atau oleh-oleh yang bisa untuk Anda pulang guna menyenangkan sanak saudara, teman, bahkan pacar tercinta. Oke langsung saja kita bahas ulasannya satu persatu;

1. Lumpia Semarang

Ini  nih Guys, makanan yang selalu hits berumur cukup lama dan menjadi incaran para wisatawan. Lumpia semarang ialah semacam makanan rollade berisikan rebung ( bambu muda ), telur, daging ayam maupun udang yang mana dalam cita rasanya perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia. Sejarahnya, makanan ini dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia yang menetap di semarang, Jawa tengah.

Lumpia mulai dikenal dan dijajakan ketika adanya pesta olahraga GANEFO di Semarang yang mana pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Terdata ada bermacam Lumpia di semarang dengan cita rasa yang berfariasi yakni berada di Gang Lombok ( Siem Swie Kiem ), Jalan Mataram ( Siem Hwa Nio ), Jalan manggamus, Jalan Pemuda, dan buatan orang-orang penghobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia dari berbagai tempat.

Selamat berwisata kuliner kawanku ... !!! Semonga pengalaman wisata kalian menyenangkan. Oh iya, untuk Anda yang menginginkan lumpia untuk di bawa pulang juga bisa kok.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Yogyakarta Yang Apik & Menarik

2. Tahu Bakso

Ketika berada di Ungaran, banyak sekali di sepanjang jalannya mendapati toko oleh-oleh yang menyediakan jajanan khas ala Ungaran yakni Tahu Bakso. Dengan memiliki keistimewaan tersendiri, Tahu Bakso ini sangat terkenal dan tak mengherankan jika di setiap lapak selalu ramai dikunjungi oleh para pembelinya.

Dari banyaknya merk maupun produsen yang membuat Tahu bakso, kesemuanya mempunyai cita rasa tersendiri dalam rasa tahunya yang empuk dan baksonya yang terasa serta menggugah selera. Tahu Bakso ini mulai dikenal sejak awal tahun 2000-an yang mana perlahan terus naik daun, kini menjadi salah satu oleh-oleh Semaranag yang paling laris di buru wisatawan.

Salah satu bakso Ungaran yang sudah terkenal ialah tahu bakso Bu Pudji yang beralamatkan di Jl. Jend. Sudirman No. 156 Lagensari, Ungaran. Tahu bakso tersebut dijual dalam kemasan kotak berisi 10 biji, yang mana menawarkan dua jenis tahu bakso versi rebus dan goreng.

Baca juga; 42 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Kamu Eksplor &Ketahui

3. Tahu Pong

Tahu Pong memang begitulah nama dari masakan khas Semarang ini, di ceritakan bahwa tahu Pong sudah dikenal sejak awal tahun 1930-an. Tahu goreng ini sudah mengalami modifikasi yang menjadi rekomendasi para penikmat kuliner, seperti tahu koplit berisikan pong, emplek, gimal, serta telur. Dalam penyajiannya cukup sederhana sekali, kesemua racikan di goreng kemudian dipotong-potong dan dihidangkan di dalam sebuah piring degan pelengkapnya berupa petis yang sudah di bumbui.

Tak usah penasaran, langsung saja menuju lapak kuliner Tahu Pong yang sudah populer di Jalan Gajah Mada 63B Semarang, berseberangan dengan Gereja Bethel. Atau bisa mengaksesnya dari Stasiun Kereta Api Tawang perjalanan menuju ke lokasi hanya membutuhkan waktu kurang lebih seperempat jam saja. Bisa juga dari simpanglima ambil ke arah Jalan Gajah Mada dengan jarak tempuh selama 10 menit.

Baca juga; 35 Tempat Wisata Di Jakarta Yang Sangat Menyenangkan

4. Tahu Gimbal

Ingin merasakan dasyatnya Tahu Gimbal ? di lihat dari racikannya terdiri dari potongan tahu goreng, toge, lontong, telur dadar, cincangan kubis mentah serta gimbal dan kemudian disiram dengan saus kacang petis udang. Nah bagi kalian yang belum mengetahui apa itu gimbal, gimbal sendiri berwujud bakwan udang.

Oke lanjut lagi, dari sekian banyaknya penjual kuliner khas Semarang berupa Tahu Gimbal setidaknya ada 2 tempat yang menjadi favorit para pecinta kuliner. Yaitu : warung Pak H. Edy di Taman Supeno ( Taman KB ) dan warung Tahu Gimbal Semarang Pak Man / Tahu Gimbal Plampitan ( berada di Jalan Plamitan Semarang ).

Baca juga; Inilah 25 Obyek Wisata Terbagus Di Jambi

5. Tahu Petis

Dilihat dari fisiknya, Tahu Petis adalah tahu goreng yang di bumbui dengan semacam saus berwarna hitam nan kental ( petis ). Pada umumnya saus yang dipakai ialah berbahan udang dan dioleskan maupun disisipkan di tengah tahu goreng tersebut. Seperti halnya tahu pong, tahu yang digunakan berupa tahu putih yang di goreng sampai berwarna kecoklatan yang di bumbui garam.

Dengan tambahan racikan petis yang khas menjadikan Tahu Petis Semarang memiliki cita rasa yang khas dan spesial. Keunikan dan kelezatan makanan khas Semarang ini akan lebih terasa jika sudah pernah mencicipinya. Penasaran, jadi lapar ? jangan sampai lupa membeli oleh-oleh khas Semarang ya Kawan ... !!!

Alamat ; Jl. Yudistira No.21, Pendrikan Kidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50131, Indonesia.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Maluku Yang Memukau

6. Roti Briliant Super Cake

Keunikan serta memiliki rasa khas dan tahan lama tanpa bahan pengawet membuat Roti Brilian Super cake mendapat penghargaan Rekor muri. Cake ini dibuat berlapis guna terlindung dari udara, kue tersebut mampu bertahan hingga 60 hari dengan rasa kue tak berubah sedikitpun. Maka dari itu tak aneh jika Kue yang satu ini menjadi pusat perhatian untuk oleh-oleh.

Dengan rasa khas, tak menempel, dan juga tak eneg meskipun makan berulang-ulang membuatnya semakin digemari para pembelinya. Roti Briliant sangat terkenal di Semarang, ada empat rasa yang ditawarkan Istana Briliant yang terletak di daerah Simpang Semarang yakni rasa Coklat, Keju, Kismis, dan almon.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Lampung Yang Menyenangkan

7. Roti Ganjel Rel

Bisa di sebut juga Roti Gambang  yang mana adalah salah satu peninggalan Belanda dan hingga saat ini resep yang digunakan masih asli. Roti Ganjel Rel berbentuk kotak berwarna coklat bertabur wijen mirip dengan rel kereta api. Teksturnya lumayan ulet padat berpadu dengan aroma coklat dan kayu manis yang menggoda selera.

Roti Ganjel rel selalu menjadi priimadona masyarakat Kota Semarang saat diadakannya perayaan Dugderan, acara pembagian roti di tengah tradisi menjelang bulan Ramadhan. Sebab teksturnya yang ulet, makan 2 potong roti saja sudah bisa mngenyangkan perutmu lo sob. Roti ini sangat pas untuk oleh-oleh anggota keluarga di rumah.

Baca juga; 15 Tempat Wisata Di Kepulauan Riau Yang Menarik

8. Kue Mochi

Berbentuk bulat, putih, mungil, lembut di luar, gurih serta legit didalam seperti itulah gambaran dari Kue Mochi khas Semarang yang begitu wah. Oh iya, ketika masuk ke mulut teksturnya sangat empuk beserta sensasi kenyal dan lengket ketika digigit. Hal tersebut dikarenakan sebab lapisan kue terbuat terbuat dari tepung ketan yang diisi kacang dan gula karamel yang kemudian di balut bubuk tepung.

Seiring berjalannya waktu, kini Kue Mochi sudah banyak variasi warna yang semakin memikat para pembelinya. Selain itu dari segi rasa juga semakin banyak pilihan, mulai dari rasa original kacang gula, coklat, stroberi, pandan dengan taburan wijen. Daya tahan terbilang singkat hanya sekitar satu minggu, karen tidak memakai bahan pengawet sedikit pun.

Jajanan khas semarang satu ini banyak di jual di pertokoan dan pusat oleh-oleh yang berada di Jalan Pangandaran.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Riau Yang Mempesona

9. Wedang Tahu

Apa yang ada di bayangan Anda tentang Wedang Tahu ? jangan salah jangan mengira ya. Lebih jelasnya Wedang Tahu ialah minuman yang beraromakan jahe dimana berisi kembang tahu hasil dari sari kedelai. Minuman yang satu ini sangat selaras sebagai penghangat tubuh dan lebih tepatnya sangat yahut dinikmati saat musim hujan dan tak terkecuali setiap saat.

Pada umumnya para penjual wedang tahu menjajakan dagangannya dengan menggunakan pikulan yang banyak di jumpai di pinggir jalan. Nah, untuk menarik perhatian si pembeli, mereka membunyikan piranti musik teng-teng yang khas dengan pemukul dari kayu. Bagi pembaca yang ingin membuatnya, cukup gampang kok dan bacalah ulasan ini sampai habis.

Pertama-tama air kedelai dididihkan yang di campur agar-agar, garam, serta tak ketinggalan gula. Setelah mendidih kembali, campuran yang tersebut di atas kemudian di angkat dan dibiarkan sampai dingin ( membeku ). Untuk membuat kuahnya campurkan jahe, gula merah, gula pasir, daun panda, daun jeruk, kayu manis, cengkeh dan garam, rebus sampai mendidih kemudian di saring.

Dalam penyajianannya cukup sederhana, kembang tahu disendok tipis-tipis kemudian di masukkan ke dalam mangkok lalu siram dengan kuah racikan tersebut. Hidangkan minuman nan melegenda ini dalam keadaan masih hangat. Oke semoga berhasil ... !!!

Baca juga; 20 Tempat Wisata Di Papua Yang Sangat Cantik

10. Babat Gongso

Nyam nyam enaknya Babat Gongso Khas Semarang, yang merupakan masakan tradisional yang menggunakan bahan utama daging jeroan dengan cara pemasakan trik tumis. Sangat sedap dan nempel dilidah, sebab resep masaknya menggunakan rempah yang bisa di bilang lengkap dengan menonjolkan cita rasa pedas menambah sensasi yang begitu eksotis.

Makanan ini sangat cocok dinikmati si saat siang maupun malam hari hloo, jadi Kalian yang datang di semarang pada waktu malam hari tidak usah cemas. Pada umumnya satu porsi dipatok harga Rp 25.000, harga yang cukup bersahabat tentunya. Nah untuk mencicipinya anda bisa menemukannya di warung Pak Karmin yang berada di Jalan Pemuda ( samping jembatan Mberok ), Semarang, Indonesia.

Baca juga; 16 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Timur ( NTT ) Yang Mengasyikkan

11. Bandeng Presto

Mendngar Bandeng Presto pasti sudah identik dengan Kota Semarang, namun jangan salah dulu dengan kuliner satu ini. Usut punya usut Bandeng Presto pertama kali ditemukan oleh seseorang dari Kabupaten Juwana, Kota Pati, Jawa Tengah yang bernama Hanna Budimulya. Semarang yang menjadi Ibukota Jawa Tengah tentunya tak luput untuk dijadikan sentra distribusi kuliner ciptaannya.

Meskipun menjadi kuliner khas semarang, Bandeng Presto ini tetap di bumbuhi nama Juwana di belakangnya untuk membedakan produksinya. Makan bandeng Pesto ibaratnya memakan ikan tanpa ada tulangnya, padahal ikan tersebut tetaplah utuh. Dengan cara pemasakan yang berbeda menjadikan tulang ikan bandeng menjadi lunak dan mudah untuk mengosumsinya.

Karena alasan itulah, banyak yang menggemari dan bahkan ada yang memesan karena lupa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang, hmmm amazing ya !!!.

Baca juga; 24 Tempat Wisata Di Nusa Tenggara Barat ( NTB ) Yang Eksotik

12. Nasi Gandul

Ininih sejarahnya kuliner khas Kota Pati yang sudah populer di Semarang hingga ke berbagai daerah di nusantara. Pada awal menjajakan Nasi Gandul, pada pedagang memikul keliling kampung ( nasi serta kuah di kaitkan pada ujung pikulan jadilah menggantung / gandul saat di angkat ). Dalam penjyajiannya Nasi Gandul berwujud nasi putih hangat yang di siram dengan kuah di sertai irisan daging atau bagian lainnya dari sapi.

Untuk pelengkap ditambahkan jeruk nipis, kecap manis, tempe goreng garing dan sambal nan nikmat. Selain itu tersedia bermacam lauk yang bisa dipilih menurut selera Anda, mulai dari telur pindang, telur dadar, daging, jeroan, dsb. Sangat nikmat sekali hlo sob disantap saat malam hari, lebih-lebih saat udara sudah dingin.

Baca juga; 32 Tempat Wisata Di Sumatera Utara Yang Seru

13. Mie Kopyok

Banyak sekali versi mie di nusantara ini, semisal Mie Kopyok Semarang ialah mie dengan ciri khas irisan tetelan daging, tahu serta kerupuk gentar di atasnya. Asalkan pembaca tahu bahwa Mie Kopyok ini cukup sulit di temui selain di Semarang yang mana kebanyakan dari pendagangnya menjajakan dengan gerobak berekeliling dari kampung ke lampung.

Lebih jelsnya Mie Kopyok adalah campuran dari mie, taoge, lontong, irisan tahu, kerupuk gentar dan tak terkecuali siraman bumbu bawang garam yang gurih meriah. Penamaan kopyok karena dalam larutan bumbu bawang garam tersebut di masukkan botol kemudian di taruh dalam piring dengan cara di kopyok. Unik sekali ya, yuk jangan sampai lewatkan wisata kuliner yang satu ini.

Baca juga; 29 Tempat Wisata Di Sumatera Selatan Yang Wajib AndaKunjungi

14. Lekker Paimo

Hmmm mendengar namanya sudah ngiler akan kue lekker yang sudah booming di Semarang ini. Betapa tidak di tangan Pak Paimo, kue lekker ini di modif dengan penambahan bahan lain seperti telur, keju, abon, sosis, cincanagn daging, jagung manis dan masih banyak lagi yang belum di ciptakan Pak Paimo hehehe.

Yang lebih fantastiknya lagi bro, setiap pembeli bisa langsung melihat proses pembuatan kue lekker tersebut hlo. Oh iya, rasanya begitu mengoda selera dan jika Kalian ingin mencicipinya langsung datang saja ke lapak Pak Paimo yang berada di dekat Hotel Murah samping simpang lima Semarang atau Jalan Karanganyar dekat SMA Kalose Loyola buka dari pukul 11:00 - !7: 00 WIB.

Baca juga; 50 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Menyenangkan

15. Wingko Babat

Sudah tak asing lagi dengan makanan kali ini, kue yang terbuat dari paduan tepung ketan, kelapa, gula dan bahan racikan lainnya. Kue Wingko Babat adalah salah satu dari sekian banyaknya oleh-oleh khas Semarang  yang di buru wisatawan. Padahal Wingko Babat berasal dari daerah babat yakni di kawasan Bojonegoro, Lamongan, Jawa Timur.

Oelh-oleh kue Wingko Babat sangat amat mudah Anda temukan di sepanjang Jalan Pangandaran, Semarang. Ada banyak sekali penjual yang menjajakan Wingko Babat dengan bermacam-macam merk yang pastinya kesemuanya memiliki cita rasa yang hampir sama. Gurrih guys dan ingin makan terus ... !!!.

Baca juga; 22 Tempat Wisata Di Sulawesi Utara Yang Mempesona

16. Bakmi Jawa

Eittt jangan sampai lewatkan mencicipi Bakmi Jawa miliki Pak Gareng yang sudah melegenda di Kota Semarang. Menurut ceritanaya Bakmi Jawa Pak Gareng sudah ada sejak tahun 1970 silam di area Jalan Wot Gandul No. 173, Semarang. Yang membuat Bakmi Jawa ak Gareng sangat di gemari ialah dari resepnya menggunakan mie buatan sendiri dengan paduan suwiran daging ayam kampung.

Telur yang di pergunakan untuk campuran resepnya juga dari telur itik dan kuah kaldu yang digunakan asli dari ayam kampung jantan. Hmmmm sebelum digoreng maupun digoreng, bakmi di remdam terlebih dahulu di kuah kaldu tersebut sehingga cita rasanya meresap nan sedap. Lebih asyiknya, tempat memasaknya berada di luar sehingga pembeli bisa melihat proses-proses memasak yang mengunakan bara api arang.

Baca juga; 15 Tempat Rekreasi di Sulawesi Tenggara Yang Wajib DiKunjungi

17. Soto Bangkong

Kuliner yang sudah terkenal sejak tahun 1950 ini dulunya hanya dijajakan dengan cara dipikul berkeliling dan akhirnya mendiami di Jalan Brigjen Katamso ( dulunya bernama Jalan Bangkong ). Penjyajian Soto bangkong memang seperti soto yang biasa kita temui, seperti perpaduan kuah, suwir ayam, irisan bawang dan juga bihun.

Dengan adanya bumbu yang di racik oleh orang yang sudah berpengalan, Soto Bangkong yang beraa di Jalan Brigjen Katamso atau di Jalan Setia Budi No. 229 srondol Semarang ini mempunyai cita rasa yang berbeda dengan soto pada umumnya.

Baca juga; 19 Tempat Wisata di Provinsi Sulawesi Tengah Yang Menawan

18. Waroeng Semawis

Salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang menyediakan berbagai menu makanan khas Nusantara, oriental dan makanan Eropa. Waroeng Semawis ialah pasar malam yang berlokasi di daerah Gang Warung, Pecinan, Semarang yang buka setiap hari Jum’at, Sabtu, Minggu. Di tempat ini khususnya mereka yang beragama Islam, alangkah baiknya lebih selektif dalam mmemilih kuliner yang ditawarkan.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa lapak yang menyajikan kulinernya dengan berbahan danging babi. Selain sebagai tempat tujuan mencari makanan, kawasan tersebut juga menjadi lokasi strategis bagai para penjual mainan anak-anak ataupun pedagang pakaian juga aksesoris.

Baca juga; 26 Obyek Wisata Di Sulawesi Selatan Yang Sangat Menarik

19. Kampoeng Semarang

Selain belanja di kawasan Kampoeng Semarang pengunjung juga bisa menikmati suasana yang homy dalam sentuhan modern. Kampoeng Semarang merupakan pusatnya belanja oleh-oleh telengkap yang mengangkut produk para pengrajin di Kota Semarang. Dengan mengusung konsep One Stop Leisure, para pengunjung bisa berbelanja aneka oleh-leh, kuliner khas semarang serta Handycraft.

Konsep tersebut dibuat karena kebanayak dari para wisatawan yang datang di semarang merasa kesulitan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Semarang yang diinginkannya. Sebab, selain kurangnya publikasi dari masing-masing pedagang juga lokasinya yang saling berjauhan. Koampoeng semarang yang menyediakan oleh-oleh dan souvenir berada di Jalan Raya Kaligawe Km. 1 No.96, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Baca juga; Indahnya 11 Tempat Wisata di Sulawesi Barat yang layakdi kunjungi

20. Batik Semarang

Kota Semarang juga mempunyai batik hlo dan juga patut dijadikan sebgai oleh-oleh khas Semarang selain kulinernya. Motif Batik Semarang sagat berbeda dengan batik lainnya seperti Batik Jogja dan Solo, motif dari Batik Semarang merupakan gambaran dari landmark kota itu sendiri, mulai dari Gereja Bleduk, Tugu Muda dan lawang Sewu.

Untuk wisatawan yang ingin membelinya, bisa datang ke Jalan Batik, Kampoeng Batik, Semarang, jawa Tengah. Di tempat tersebut para pembeli tak cuma sekedar membeli batik, namun juga melihat proses pembuatan serta diperkenankan belajar membatik.

Baca juga; 11 Tempat Wisata Di Kalimantan Utara Yang Terbaik

21. Kaos Costa Brava Van Java

Oeleh-oleh dari Semarang yang awet nih sob, Kaos Costa Brava Van Java adalah kaos, tote bag, magnet, gantungan kunci, mug dan lain-lain yang di desain bertemakan Kota semarang. Berbagai souvenir terlebihnya kaos khas semarang ini di desain unk dan fres buatan anak muda Semarang. Beberapa desain yang dibuata diantaranya ialah gambar Simpang Lima, Lawang sewu dan lain sebagainya yang identik dengan Kota semarang.

Oleh-oleh kaos ini telah ngehits yang pastinya akan puas jika memilikinya tentunya kan kawan. Tertarik ? bisa langsung membelinya ke kantornya yang terletak di Jalan Tlogosari III No. 32A, Tembalang, Semarang atau bisa juga memesannya secara onlie.
WA / Line / SMS ke 085727641014

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 21 Oleh-Oleh Khas Semarang Yang Cocok Anda Cicipi Dan Di Bawa Pulang

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. sekarang di semarang juga ada loh oleh-oleh khas semarang yang kekinian yang terbuat dari olahan wiongko, dan pastinya itu bakalan enak banget, yuk yang belum nyoba segera nyoba biar gk penasaran bisa langusng ke outlet atau kunjungi web kami untuk informasi lebih lengkap Semarang Wingkorolls

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. artikel yang bagus
    jangan lupa kunjungi website kami yang di tidak kalah menarik juga ya dibawah ini:

    bandarq terpercaya

    BalasHapus