Selasa, 22 November 2016

Taman Kerta Gosa Klungkung – Wisata Sejarah Bali Yang Asyik & Seru


Objek wisata di Pulau Bali sangat beragam, seperti Taman Kerta Gosa yang ada di Klungkung adalah bagian dari komplek bangunan kerajaan Klungkung. Komplek bangunan di kerajaan Klungkung dibangun pada tahun 1686 oleh Ida I Dewa Agung Jambe ( pemegang kekuasaan pertama ). Pada tahun 1908, hampir keseluruhan bagian bangunannya hancur karena invasi kolonial Belanda.

Komplek bangunan kerajaan Klungkung yang masih tersisa hanya ada tiga bangunan diantaranya yaitu pintu gerbang utama ( Bangunan Medal Agung ), bangunan yang dikelilingi kolam ( Bale Kambang / Taman Gili ) dan Bale Kertha Gosa.

Banguanan Bale Kertha Gosa ini dibangun pada akhir abad ke 18, yang lokasinya tepat berada di ujung timur laut kawasan kerajaan Klungkung. Bangunan tersebut pada jaman dulunya di gunakan sebagai tempat diskusi membahas keamanan, keadilan, kemakmuran wilayah kerajaan Bali, serta sebagai tempat pengadilan di Bali.

Dengan arsitektur banguanan khas Bali di abad ke-17, menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk menyambangi Taman Kerta Gosa. Keindahannya terlihat pada bangunan Bale Kambang, yang dikelilingi kolam serta ada jembatan dari batu-bata untuk menyeberanginya. Selain itu, keunikan yang dimiliki Bale Kambang dan Bale Kertha Gosa, ada pada langit-langit atap bangunan yang terdapat lukisan wayang yang menceritakan suatu hal tertentu.

Lukisan-lukisan wayang adalah hasil karya klasik gaya seni wayang Kamasan dan hingga detik ini desa Kamasan masih melestarikan gaya seni lukis tradisionalnya. Desa Kamasan terletak 4 km di sebelah Selatan kota Smarapura. Perkembangan seni lukis didesa ini diakui serta digandrungi oleh raja Waturenggong yang memerintah kerajaan Klungkung ( kerajaan Gelgel ) pada waktu itu.

Suasana kerajaan masih terasa di tempat wisata ini, semua bangunan dan prabotan didalamnya tertata rapih dan bersih. Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliknya, menjadikan beberapa wisatawan yang berkunjung melakukan sesi foto prewedding.

Harga Tiket Masuk ke Taman Kerta Gosa

Rp 12.000 / orang ( wisatawan WNI / WNA )

Lokasi Taman Kerta Gosa Klungkung tepat berada di depan kantor Bupati Kabupaten Klungkung, jika Anda dari pusat kota Denpasar berjarak sekitar 42 km, untuk menuju ke lokasi silahkan ke arah timur dengan melintasi by pass Prof Dr Ida Bagus Mantra.

Area parkir Taman Kerta Gosa Klungkung berada di sebelah timur dan tak jauh dari tempat tersebut terdapat pertokoan dan pasar seni yang banyak menjual barang kerajinan khas Bali seperti kain tenun, perhiasan emas, perhiasan perak, lukisan wayang, serta kerajinan anyaman.

Baca juga :

Pulau Menjangan, Bali Yang Eksotis - Spot Snokerling

Pulau Penyu Tanjung Benoa – Wisata Bali & Informasi

Desa Wisata Kertalangu – Rekreasi Keluarga Yang Menyenangkan

Monumen Gong Perdamaian Bali – Tempat Wisata

Patung Titi Banda - Patung Megah di Kota Denpasar














Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Taman Kerta Gosa Klungkung – Wisata Sejarah Bali Yang Asyik & Seru

0 komentar:

Posting Komentar