Minggu, 13 November 2016

Museum Geopark Batur – Hal Menarik & Informasi


Museum Geopark Batur adalah tempat wisata yang bisa di bilang baru di Pulau Bali yang diresmikan pada hari Jumat ( 01 April 2016 ) oleh Menteri ESDM Sudirman Said. Di tempat wisata ini, selain para wisatawan bisa mengenal sejarah Gunung Batur juga bisa mengenal geopark Gunung Batur lebih dekat dan detail.

Berdirinya Museum Geopark Batur ternyata melibatkan berbagai instansi dari kementerian lain , mulai dari : Kementerian ESDM, Kementerian Pariwisata, Kemendikbud Dasmen, Arkeolog, Kebon Raya Bedugul, Pemkab Bangli, Pemprov Bali dan masih banyak lagi instansi lainnya serta tokoh agama, adat, dan tak terkecuali masyakarat setempat.

Disaat masuk ke dalam Museum Geopark Batur, pertama-tama akan melihat lanscape gunung dan juga disambut lebarnya 'miniatur' Gunung Batur. Selain itu, para pengunjung juga bisa mempelajari secara langsung tentang representasi sejarah alam dan kebudayaan di Batur. Museum Geopark Batur mengusung tiga pilar yaitu sebagai konservasi, pendidikan dan pengembangan ekonomi ( berbasis pariwisata ).

Kawasan Gunung Batur mempunyai keunikan khusus yang dikarenakan dua kali mengalami letusan yang besar. Letusan tersebut telah membuat dua warisan geologis yaitu Kaldera Batur dan Danau Vulkanik yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer. Selain itu, tercipta Kaldera yang ada di atas kaldera merupakan fenomena alam yang jarang dijumpai di gunung berapi lainnya.

Museum Geopark Batur dilengkapi ruang pertemuan, ruang pameran dengan didukung layar digital besar, miniatur landscap kawasan Gunung Batur, dan diorama sejarah letusan. Banyak potensi warisan geologi kelas dunia, karena negara Indonesia memiliki modal dasar geopark diantaranya Geopark Batur, Kaldera Toba, Gunung Sewu yang mana berlokasi di tiga provinsi ( DIY, Jateng dan Jatim ) serta geopark lainnya.

Bagi wisatawan yang sudah mengeksplor semua sajian pariwisata di dalam Museum Geopark Batur, bisa langsung menyaksikan keindahan alam geopark Batur yang dikelilingi bebatuan, pasir, serta danau dan tak ketinggalan akan disapa dengan sejuknya udara di kawasan Geopark Batur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Museum Geopark Batur – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar