Minggu, 20 November 2016

Istana Air Taman Ujung Karangasem – Informasi Bagunan Termegah Di Bali


Anada berencana foto prewedding di Pulau Bali dan mencari spot yang menajubkan ? Datang saja ke Istana Air Taman Ujung Karangasem atau Taman Sukasada Ujung Karangasem. Taman ini merupakan salah satu dari banyaknya tempat-tempat favorit calon pengantin domestik maupun mancanegara untuk melakukan sesi foto pre wedding.

Saking terkenalnya Istana Air Taman Ujung Karangasem, tak seikit wisatawan yang mengira sebagai tempat foto prewedding dibandingkan dengan objek wisata di Pulau Bali. 

Sejarah Istana Air Taman Ujung Karangasem :

Pembangun Istana Air Taman Ujung Karangasem nan megah ini ialah I Gusti Bagus Jelantik ( Raja daerah Karangasem ) dengan nama gelarnya  Agung Anglurah Ketut Karangasem. Tepatnya pada tahun 1901 bangunan ini dibangun yang mana dulunya dengan nama kolam Dirah ( kolam tempat pembuangan ilmu hitam ).

Pada tahun 1909, I Gusti Bagus Jelantik memerintahkan Van Den Hentz ( arsitektur asal Belanda ) dan Loto Ang ( arsitektur asal Tiongkok ) guna mengembangkan kolam tempat pembuangan ilmu hitam, untuk dimenjadikan tempat peristirahatannya. Oh iya Guys, dalam proses pembangunannya juga di bantu oleh arsitektur asal Bali yang tak lain darii Kerajaan Karangasem sendiri dan selesai di tahun 1921.

Selain digunakan sebagi tempat peristirahatan I Gusti Bagus Jelantik, dibangun tersebut juga digunakan sebagai tempat besemedi dan tempat menjamu para tamu kerajaan Karangasem. Pembangunan dari Istana Air Taman Ujung Karangasem, yang Anda lihat pada saat ini sebenarnya bukanlah aslinya.

Karena ada bermacam-macam peristiwa sejarah yang membuat arsitektur keaslian dari Istana Air Taman Ujung Karangasem mengalami kerusakan, seperti salah satu contoh kerusakan pada saat terjadinya peristiwa penjajahan Jepang di Bali. Pagar besi bangunan tersebut digunakan oleh warga sekitar untuk dijadikan sejata berperang.

Tercatat kerusakan terbesar terjadi pada tahun 1963, yang mana Gunung Agung ( gunung tertinggi di Pulau Bali ) meletus dan semenjak peristiwa tersebut, Istana Air Taman Ujung Karangasem tak sedikitpun dirawat. Dan di tahun 2000 silam, pemerintah kabupaten Karangasem beserta puri Karangsem melakukan perbaikan global yang mana tidak merubah bentuk keasliannya.

Istana Air Taman Ujung Karangasem merupakan bangunan yang memiliki 3 kolam besar yang mana  letaknya dipisah-pisah, 2 kolam berada di sisi utara dan 1 kolam lainnya berada di sisi selatan.
Kolam yang ada disisi selatan, ada sebuah bangunan yang letaknya tepat di tengah kolam yang dinamakan Bale Bengong ( bangunan yang tidak memakai dinding ).

Luas dari kolam disisi Utara lebih besar dari kolam di bagian selatan yang tepat di tengahnya terdapat sebuah jembatan untuk melintasi kolam. Selain itu, ada bangunan yang dulunya digunakan oleh I Gusti Bagus Jelantik sebagai tempat peristirahatan. Model dari bagunan tersebut terlihat menggantung, maka di namakan Istana Gantung oleh warga setempat.

Dari atas Istana Gantung inilah, pemandangan ekpetakuler dapat dinikmati seperti lautan biru, keunikan arsitektur Istana Air Taman Ujung Karangasem dan juga  eksotisnya Bukit Bisbis.

Alamat :

banjar Ujung, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, Indonesia.

Harga Tiket Masuk Istana Air Taman Ujung Karangasem :

Rp 10.000 / kepala
Rp 5.000 / parkir mobil
Rp 600.000 (  Tiket masuk untuk melakukan kegiatan photo maupun shooting / semua anggota )

Obyek wisata terdekat :


Baca juga :

Taman Kerta Gosa Klungkung – Wisata Sejarah Bali Yang Asyik & Seru

Elephant Safari Park - Wisata Naik Gajah Di Bali

Water Blow Nusa Dua – Uniknya Wisata Ini

Pantai Saba, Gianyar – Wisata Naik Kuda

Museum Bali – Informasi Lengkap









Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Istana Air Taman Ujung Karangasem – Informasi Bagunan Termegah Di Bali

0 komentar:

Posting Komentar