Jumat, 11 November 2016

Garuda Wisnu Kencana - Hal Menarik & Informasi


GWK, mungkin dari pembaca pernah mendengar atau malah sudah pernah berkunjung ke objek wisata di Bali yang sangat pupuler ini. Objek wisata Garuda Wisnu Kencana atau banyak di singkat menjadi GWK Bali adalah salah satu tempat wisata di Pulau Bali. Hampir setiap hari tempat wisata ini tak pernah sepi baik dari wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ( bahasa Inggris ), adalah sebuah taman wisata di yang berada bagian selatan Pulau Bali. Banyak para wisatawan yang berkunjung mengatakan, bahwa objek wisata Garuda Wisnu Kencana merupakan salah satu objek wisata di Bali yang wajib dikunjungi.

Di areal taman budaya ini, rencananya akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, berupa patung berukuran jumbo Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda setinggi 120 meter. Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tersebut berlokasi di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Daya Tarik

Daya pikat utama wisatawan yang berlibur ke Bali GWK culture park adalah untuk melihat patung Garuda Wisnu dan tak jarang yang berselfie ria. Patung raksasa ini di ukir oleh pengukir dan pematung terkenal bernama I Nyoman Nuarta. Awal rencana Patung Garuda Wisnu di bangun dengan tinggi 126 meter dan lebar 60 meter.

Hingga saat ini tinggi patung hanya 20 meter saja, pembangunan patung Garuda Wisnu belum selesai. Dengan rencana awal pembangunan patung Garuda Wisnu, dengan tujuan menjadikan GWK Bali sebagai sebuah tempat wisata terkenal di Pulau Bali. Yang mana menawarkan salah satu karya seni patung terbesar dan karya yang paling menakjubkan dengan mencerminkan nilai budaya lokal Bali.

Selain melihat patung Garuda Wisnu, di tempat wisata terkenal ini para pengunjung juga dapat menikmati pemandangan sunset yang mempesona mata. Tidak Cuma itu saja yang ditawarkan di kawasan wisata GWK, tempat wisata ini juga menawarkan beraneka ragam acara hiburan dari pagi hari hingga malam hari hlo Guys.

Sejarah

Pembangunan tempat wisata ini di prakarsai oleh Yayasan Garuda Wisnu Kencana di tahun 1992. Pembangunannya dilakukan dengan tujuan menjadikan tempat wisata GWK Bali menjadi Landmark dari tempat wisata budaya yang terkenal hingga ke mancanegara. Salah satu pendiri dari Yayasan Garuda Wisnu Kencana adalah I Nyoman Nuarta yang juga arsitek dan konseptor dari patung Garuda Wisnu Kencana itu sendiri.

Yayasan Garuda Wisnu Kencana setelah menyelesaikan konsep dari proyek, memerlukan waktu dua tahun untuk mendapatkan lokasi untuk patung Garuda Wisnu Kencana yang diinginkan. Sebelum dilakukan pembangunan GKW Bali, lokasi yang berada di bukit Ungasan ini dulunya ialah lokasi penambangan batu kapur.

Sudah tahukah Anda bahwa I Nyoman Nuarta adalah pematung utama dalam proyek GWK Bali, dan merupakan salah satu pematung modern terbaik Indonesia. Tepatnya pada tahun 2013, manajemen kepemilikan dari Garuda Wisnu Kencana Bali di ambil alih oleh PT Alam Sutera Realty Indonesia, yakni salah satu perusahaan pengembang property di Indonesia.

Dengan berjalannya waktu, obyek wisata ini berkembang menjadi sebuah tempat pameran budaya, acara, atraksi hiburan, dan menjadi forum informasi serta komunikasi untuk budaya lokal, budaya nasional, budaya regional bahkan hingga budaya internasional.

GWK Cultural Park atau sebutan untuk GWK Bali, kini menyediakan bermacam-macam fasilitas yang ideal dan memadai, untuk berbagai jenis acara publik, acara swasta baik dalam skala kecil atau skala besar. Selain itu fasilitas infrastruktur pendukung agar para pengunjung nyaman serta kerasan dibangun seperti: Wisnu Plaza, Street Theatre, Lotus Pond, Amphitheatre, Exhibition Hall, Indraloka Garden, Kura-Kura Plaza, Restoran Jendela Bali, Restoran The New Beranda, Boutique dan Toko Souvenir.

Jam Operasional

GWK di buka dari jam 08:00 – 22:00, dan Salah satu tempat di Pulau Bali yang menyelenggarakan pertunjukan tari kecak setiap harinya. Jadwal pertunjukan tari Kecak di GWK Bali ini dimulai dari jam 18:30 – 19:15. Untuk menonton tari Kecak di GWK anda tidak dikenakan biaya atau gratis, hanya perlu membayar tiket masuk Garuda Wisnu Kencana.

Alamat  

Alamat atau lokasi dari GWK Bali berada di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Tempat wisata di Bali GWK adalah sebuah taman budaya yang memiliki luas 240 hektar.

Akses Termudah & Cara Terbaik

Jika anda datang dari Bandara Internasional Ngurah Rai dibutuhkan waktu sekitar 15 – 20 menit., dalam catatan keadaan lalu lintas lancar. Mungkin dengan cara naik taksi dan meminta supir taksi untuk mengantar sapai ke lokasi mungkin sedikit bijak hari ini atau bisa menggunakan kendaraan pribadi.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Garuda Wisnu Kencana - Hal Menarik & Informasi

1 komentar: