Senin, 14 November 2016

Air Terjun Kanto Lampo – Hal Menarik & Informasi


Jika membahas tempat wisata di PulauBali yang berhubungan dengan air terjun lebih didominasi pada kawasan Bali Utara atau Kabupaten Buleleng. Sejumlah air terjun populer ada di kawasannya seperti Air Terjun Sekumpul, Air Terjun Gitgit, Air Terjun Lemukih, Air Terjun Munduk, dan Air Terjun Les Buleleng.

Selain itu, Kabupaten Gianyar juga memiliki sejumlah air terjun yang cukup menjadi daya tarik warga bahkan sampai wisatawan untuk berkunjunginya. Salah satu yang cukup terkenal adalah Air Terjun Tegenungan dan Air Terjun Kanto Lampo, termasuk sejumlah air terjun yang bisa dilihat pada saat mengikuti Arung Jeramdi Sungai Ayung.

Namun lain dengan Air Terjun Kanto Lampo yang terletak di Kabupaten Gianyar, walaupun tingginya hanya 15 meter, namun memiliki tampilan yang cukup unik dan indah. Pemandangan indah Air Terjun Kanto Lampo memiliki daya tarik tersendiri. Air terjun ini tidak menampilkan tebing-tebing curam, melainkan bebatuan yang berhimpitan tersusun acak, beberapa bagian bebatuan datar, yang mana bisa digunakan duduk bersantai di bawah atau bagian tengah tebing sembari mandi menikmati segarnya dan jernihnya air yang mengalir.

Aliran air di obyek wisata ini menerpa bebatuan tebing, sehingga mengalir perlahan dan tidak menciptakan suara gemuruh. Aliran tersebut membentuk cipratan-cipratan air yang mana mengaliri dari undakan-undakan acak dari tebing. Air Terjun Kanto Lampo menyuguhkan pesona alam yang sanggup memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjungnya dengan suasana alam yang sejuk dikelilingi semak dan hutan tropis yang hijau.

Air yang dicurahkan Air Terjun Kanto Lampo sangat jernih, di sama Anda bisa mandi dan bercengkrama. Kawasan wisata ini selalu ramai didatangi pengunjung saat liburan hari raya dan  tempat ini juga menjadi tempat berselfie ria, bahkan tak jarang hasil foto tersebut banyak mendapatkan komentar positif di media sosial.

Cara Menuju ke Air Terjun Kanto Lampo

Pertama-tama pengunjung harus menuruni puluhan anak tangga yang sudah disediakan. Di sepanjang anak tangga ini ada beberapa tempat peristirahatan dan juga pedagang. Mungkin ada baiknya jika tida berkunjung saat musim hujan, karena jalan yang berupa anak tangga tersebut akan sedikit licin.

Sebelum menuruni puluhan anak tangga, jalan setapak untuk menuju air terjun Kanto Lampo sudah ada yang mana biasa digunakan warga setempat untuk mengambil air suci guna kepentingan upacara keagamaan. Setelah menjadi objek wisata, akses jalan setapak tersebut ditata lebih baik agar memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Akses Menuju Lokasi Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo beralamatkan di Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Kabupaten Gianyar, Bali, Indonesia. Jarak dari pusat Kota Denpasar sekitar 30 km, Sedangkan dari pusat Kota Gianyar hanya 3 km yang mana terletak di sebelah utaranya. Obyek wisata Air terjun Kanto Lampo dikelola oleh warga setempat dengan peran para pemuda.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Air Terjun Kanto Lampo – Hal Menarik & Informasi

0 komentar:

Posting Komentar